The Lost World Castle Sleman tutup pada Senin(12/2/2017)
The Lost World Castle Sleman tutup pada Senin(12/2/2017) (member icj )

Dengan adanya SP 2 dari pemda setempat, akhirnya obyek wisata ‘The Lost World Castle’ yang mirip tembok Cina, tutup pada Senin (13/02) kemarin.

Berlatar belakang puncak gunung Merapi, memberi kesan eksotisme pada obyek wisata ini, namun sayang pembangunannya melanggar aturan dari pemerintah Sleman seperti yang diutarakan oleh Bupati Sleman bapak Sri Purnomo dalam akun facebook nya :

Selamat sore semua, semoga hari ini kita tetap dalam keadaan sehat wal afiat, Amin YRA. Pada sore kali ini saya ingin menyampaikan kabar untuk masyarakat DIY khususnya SLEMAN.

Terkait ramainya berita di media tentang pembangunan kastil di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan beberapa minggu lalu yang mana menimbulkan pro kontra. Saya memastikan akan segera membawa kasus pembangunan The Lost World Castle ke ranah hukum. Sebab bangunan tersebut berada di kawasan rawan bencana (KRB) III itu melanggar aturan.

Perlu diketahui bahwa pembangunan itu melanggar tiga aturan tentang tata ruang. Yakni Undang-undang (UU) nomer 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, Perpres 70 2014 tentang tata ruang taman nasional gunung merapi, dan Perda Sleman nomer 12 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sleman.

Berdasarkan peraturan di atas, Pemkab Sleman sudah melayangkan SP 2 tapi tidak ada itikad baik dari pemilik bangunan untuk mematuhi peraturan, jadi rencananya kita akan segera layangkan SP 3 ke pengelola bangunan tersebut.

Kita tidak boleh membangun seenaknya sendiri terlebih di daerah KRB 3, itu kawasan rawan bencana dan tidak diperuntukkan untuk permukiman masyarakat dan bangunan baru, keamanan dan keselamatan warga adalah nomer satu, tidak bisa ditolerir lagi.

Saya harap masyarakat bisa memahami dan mengerti situasi dan kondisi ini, jangan sampai hanya karena ingin berwisata tapi tidak memperhatikan keselamatan nyawa kita dan jangan sampai karena ingin mencari keuntungan tapi ternyata membahayakan nyawa orang lain, matur nuwun.

 

Dan pada Senin kemarin pintu gerbang masuk ke obyek wisata tersebut tertutup rapat dan ada tulisan “TUTUP”, sepertinya pihak pengelola ada etiked baik menanggapi SP 2 dari pemda Sleman, dengan menutup aktifitas wisatanya. Dan entah bagaimana nasib kedepannnya??

Pintu gerbang The Lost World Castle Sleman
Pintu gerbang The Lost World Castle Sleman (tribunjogja.com)
Pemandangan lain dari The Lost World Castle Sleman
Pemandangan lain dari The Lost World Castle Sleman

 

Advertisements