Ilustrasi
Ilustrasi

Jalan utama/protokol kota Bantul yakni Jalan Jenderal Sudirman akan diperbaiki (rehab) atau ditata ulang. Keadaan saat ini di bahu jalan boleh dibilang mengalami kerusakan yang cukup berarti. Kerusakan ini diakibatkan oleh pengangkatan aspal karena akar pohon perindang kanan-kiri jalan yang ditanam dan semakin tumbuh membesar.

Dengan keadaan seperti itu aspal menjadi bergelombang akan sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

Di waktu sebelumnya sudah dilakukan perbaikan namun belum seluruh nya.

Ditahun 2017 ini ,jalan sepanjang 1,5 km ini akan ditata dengan anggaran 2 milyar, yang mana merupakan anggaran terbesar yang dialokansikan dari sekian banyak paket pekerjaan yang dikelola Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul.

Dijelaskan oleh Kepala DPUPKP Kabupaten Bantul; Bobot Arrifi’Aidin. ST, MT., bahwa Jalan Jenderal Sudirman menjadi salah satu prioritas untuk diperbaiki tahun ini.

Lebih lanjut Bobot menjelaskan “Solusinya akan dilakukan dengan menghilangkan aspal yang terangkat akar pohon kemudian akar tersebut dipotong. Namun tidak seluruhnya bisa dilakukan dengan cara tersebut. Dan jika diperlukan pohon berjenis angsana yang sudah terlalu besar dipotong dan diganti dengan tanaman yang baru. Ditargetkan separoh dari proyek pekerjaan perbaikan Jalan Jenderal Sudirman selesai tahun ini. Sisanya akan dianggarkan tahun berikutnya. Selain penataan pohon perindang di sekitarnya juga akan dibuat median jalan di kawasan tersebut.”

Dan proses pengerjaan akan dilakukan pada bulan Maret 2017.

 

Sumber : website pemkab Bantul

Advertisements