Pompa Tabung Untuk Memompa Ban Sepedamotor

Pompa tabung

Pompa tabung

Pompa angin tangan boleh jadi kehadirannnya seiring dengan hadirnya sepeda maupun sepeda motor. Pompa tangan ada dua tipe, tanpa tabung dan dengan tabung.

Pompa tanpa tabung sepertinya diperuntukkan untuk memompa ban sepeda, sedangkan pompa bertabung untuk memompa ban sepedamotor.

Lalu apa perbedaannnya?

Untuk pompa tabung bentuknya sama dengan bentuk pompa tanpa tabung hanya saja ada tambahan berupa tabung dibagian bawahnya.

Kenapa dibedakan dalam penggunaannya?

Sebenarnya letak perbedaan pompa angin tangan hanya pada ujung selang (bagian untuk memasukkan angin) saja, dimana model penutup lubang angin ban dalam(dop) pada pada sepeda dan sepeda motor berbeda. (). Maka dari itu produsen pompa saat inj melengkapi ujung pompa buatannya dengan dua model, untuk dop jenis sepeda dan sepedamotor.

Hanya saja pompa angin tanpa tabung untuk menghasilkan massa angin akan lebih cepat dan banyak, sedangkan untuk pompa bertabung hasil pompaan lebih sedikit karena tertahan di tabung. Juga massa angin pada ban sepeda hanya sedikit, jika dicermati hanya beberapa pompaan saja (kurang dari 50 kali pompaan, ban sepeda sudah cukup penuh. Maka dari itu pompa angin tanpa tabung dirasa cocok untuk memompa ban sepeda.

Beda dengan ban dalam sepedamotor yang ukuran lebih besar berlipat dari ban sepeda, yang pastinya dibutuhkan massa angin yang lebih banyak dan tekanan baliknya juga kuat, maka perlulah pompa angin bertabung. Hasil massa pompaan angin bertabung meskipun sedikit namun mempunyai kekuatan yang besar, dengan dibantu tekanan angin pada tabung, maka daya dorong angin jauh lebih kuat dan lebih besar daripada pompa tanpa tabung. Jadi untuk memompa ban motor akan bisa optimal sesuai yang di butuhkan.

Dalam pemakaiannya, dikarenakan ada tampungan angin dalam tabung maka pompa tabung dikala memompanya akan terasa jauh lebih ringan dan enteng.

 

Demikianlah sedikit mengenai pompa angin tabung semoga bermanfaat…!!!

Oiya harga pompa angin seperti foto diatas saat ini sebesar Rp 50.000 untuk wilayah Bantul Yogyakarta

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s