The lost world castle Sleman - bakpiamutiarajogja.com
The lost world castle Sleman – bakpiamutiarajogja.com

Sebuah tempat wisata baru di daerah Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan Sleman yakni berupa sebuah bangunan buatan menyerupai bentuk tembok raksasa di negara Cina, disinyalir menyalahi peraturan yang mana dari sisi tata ruang, pembangunan di daerah KRB(Kawasan Rawan Bencana) III atau ring of fire, tidak diperbolehkan. Zona KRB III karena masih dalam radius berbahaya akan letusan gunung Merapi.

Bahkan dikabarkan bangunan mirip tembok pertahanan itu melanggar tiga aturan tentang tata ruang, yakni Undang-undang (UU) nomer 26 tahun 2007 tentang penataan ruang, Perpres 70 2014 tentang tata ruang taman nasional gunung merapi, dan Perda Sleman nomer 12 tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Sleman.

Perlu diketahui bahwa didalam area terdampak langsung Merapi, menjadi kawasan lindung yang tidak menjadi tempat hunian bagi masyarakat dan bangunan baru.

Entah seperti apa ya wujud dari castel itu, yang katanya ada semacam sisi geologi dimana dihadirkan sebuah zona penemuan keranggka dinosaurus.

Kita tunggu saja kabar selanjutnya yang saat ini dikabarkan dimasukkan dalam ke ranah hukum oleh Bupati Sleman.

 

Sumber : tribunjogja.com

Advertisements