Apa Sih Arti Tulisan DOT Pada Helm?

Helm KYT dengan sertifikat DOT (www.apparelbikers.com)

Helm KYT dengan sertifikat DOT (www.apparelbikers.com)

Habis beli helm, tapi sayang kurang memuaskan, terasa sempit dirahang jadi ngilu gitu…hadeww sampai kapan penderitaan ini berakhir…lebayy🙀😿

By the way, bus way on the way…berhubung lagi makai helm baru, eee di jalan bawaannya ngeliatin plus ngelirikiin helm melulu…..membandingkan, menyamakan, dan membayangkan helm yang bermerk…hadew mupeng deh punya helm bagus…

Nah seringlah ngelihat helm yang ber merk KYT eee di bawahnya ada tulisan nya DOT, helm INK juga…apaan sih ya? Apa itu sama untuk DOT dedek bayi…????

Jadi penasaran deh, dan akhirnya ketemu juga apa tuh arti dari kata tiga huruf tersebut.

Ternyata DOT itu merupakan sebuah kependekan dari sebuah sertifikasi kualitas helm yakni Departement Of Transportation di Amerika dengan kode FMVSS 218. Helm yang memiliki stiker DOT adalah helm yang telah lulus uji produk yang dilakukan oleh NHTSA (National Highway Traffic Safety Association). Helm dengan stiker DOT banyak ditemukan di pasaran antara lain dengan merek KYT, MDS dll.

Disamping DOT ternyata ada juga serifikasi kualitas yang sepwrtinya lebih tinggi yakni SNELL, SNELL MEMORIAL FOUNDATION merupakan lembaga institusi standar independen yang tidak terikat pada regulasi Negara. Lembaga ini diakui memiliki standar tinggi dan didukung oleh banyak pabrikan helm kelas dunia. Bahkan SNELL melakukan pengujian lebih ketat dari standar pemerintah US. SNELL bahkan memiliki spesifikasi yang sangat spesifik meliputi tipe dan ukuran.

Bagi mereka yang telalh lulus uji standarisasi SNELL harus meregistrasi/melaporkan ke pihak SNELL. Mereka punya website dengan list tipe2 helm yg lulus SNELL. Dan mereka juga punya stiker hologram khusus yg ditempel di bagian dalam helm.

 

Ada beberapa produsen helm yang menempelkan stiker “SNELL homologated”… yg artinya “sudah sesuai atau disamakan dengan test SNELL”. Produsen yang menempel stiker ini biasanya yang malas untuk register di Snell Foundation, karena pada saat registrasi mereka dikenakan biaya yang lumayan malah, sehingga mereka memilih untuk melakukan tes sendiri di pabrik mereka yang telah disesuaikan dengan standar yang ditetapkan SNELL.

Helm yang berlogo SNELL antara lain AGV, Arai, Astral-X, Astro-TR, Chaser, Classic-LE2, Classic/c, Condor, Corsair, GP-5X, Omni-J, Quantum-2, Rapide-Ov, X-Eleven, dan XR-1000.

Sebetulnya helm dengan sertifikasi SNELL dan DOT merupakan sertifikasi yang diakui oleh International dan diadopsi oleh 50 negara besar di dunia diantaranya negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.

Oiya ga usah tanggung-tanggung nih sdkalian kupas SNI plus tips memilih helm yach

SNI , Standar Nasional Indonesia (disingkat SNI) adalah satu-satunya standar yang berlaku secara nasional di Indonesia. SNI dirumuskan oleh Panitia Teknis dan ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih helm antara lain :

  1. Memiliki ukuran proprosional – tidak terlalu besar atau sebaliknya
  2. Tidak kopong – Bila di ketuk bagian batoknya tidak berbunyi nyaring
  3. Tidak lentur – Helm di posisikan terbalik bila kedua sisinya ditekan tidak berubah bentuknya
  4. Memiliki ketebalan stirofom sekitar 1 cm dan terdapat lapisan busa setebal 1 cm pada bagian depan
  5. Jarak dari mulut pemakai dengan ujung helm sekitar 1-1.5 cm
  6. Kaca helm tidak terlalu tipis, ketebalannya sekitar 2-3 mm
  7. Terbuat dari bahan Plastik atau Karbon Kevlar

 

 

Helm yang baik tentunya berbeda dengan helm yang hanya menarik dari segi penampilanya. Kadang untuk mengetahui kualitas helm tersebut baru terlihat setelah dipakai :

  1. Helm dengan ukuran yang pas, tidak terasa “oblak/kendor” saat di pakai
  2. Suara kendaraan lain terdengar jelas meski kaca helm tertutup
  3. Kaca helm tidak mudah mengembun maupun kemasukan angin
  4. Ketika ventilasi helm dibuka hembusan angin masuk melalui lubang ventilasi tersebut

 

sumber: forum Kaskus

Sumber : yukimuarichi

Advertisements

9 thoughts on “Apa Sih Arti Tulisan DOT Pada Helm?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s