Renderan Atau Desain Grafis Sepedamotor

Salah satu hasil karya dari Julak Sendie Grafis dalam "Design custom Honda CB 150 SF"

Salah satu hasil karya dari Julak Sendie Grafis dalam “Design custom Honda CB 150 SF”

Ide kreatif desain memang sebenarnya memberi inspirasi bagi kita semua. Imaginasi mereka pastinya tidak jauh dari kita sebagai pembeli atau user(konsumen) atau hanya sekedar penikmat model, yang pastinya menginginkan sebuah model sepeda motor yang sempurna (proporsional) dan sesuai pada zamannya.

Saat ini ada beberapa renderer sepedamotor/roda dua di tanah air, sebutlah dua diantaranya Joko Hariyanto denga motoblast.org yang juga seorang blogger dan yang berlabel Julak Sendie Design, hasil kedua desain grafisnya memanglah kreatif, begitu detail dan rapi.

Sebagai user atau pembeli ataupun hanya sekedar pemerhati, sebuah hasil renderan atau imaginasi grafis akan menuntun sesorang untuk diimplementasikan ke sebuah kenyataan tentunya. Atau bahkan sebenarnya hal ini bisa membantu pihak produsen untuk melahirkan sebuah produk baru.

Dalam kurun satu dekade ini saya menilai, pihak produsen khusus nya produsen sepedamotor tidak sertamerta menutup mata akan desain motor yang akan di hadirkan/dijual. Sepertinya mereka tidak hanya mengacu pada desain global/kelas eropa, namun juga sepertinya mereka memahami serta menuruti kemauan konsumen di tanah air.

Beragam perubahan/facelift di hadirkan dari sebuah produk, hal ini tentunya menjadi sebuah hal yang menarik dimana produsen boleh dibilang menuruti keinginan konsumen, produsen mau untuk menuruti aspirasi dari konsumen. Sebagai contoh produk dari pabrikan Honda yakni Honda CBR 150R mengalami beberapa gubahan/facelift, setidaknya 3 kali perubahan. Ini pastinya menjadi sebuah paradigma baru bahwa konsumen juga diperhatikan untuk sebuah bentuk/ desain. Wah ini sebuah kemajuan, dimana sang konsumen akan merasa puas dengan sepedamotor tunggangannya, karena modelnya yang sempurna. Dan tentunya pigak pabrikan akan kelarisan dengan produknya.

Disamping mereka mengejawantahkan sebuah gambar motor, meskipun hanya dari sebuah seluet atau potongan-potongan foto dari sudut-sudut motor yang tidak/belum utuh, da akhir ya mereka mampu menampilkan sebuah gambar yang utuh, dari berbagai sisi.

Selain itu mereka juga mampu membuat striping/decal atau gambar dari motif gambar sebuah motor, jadi bagi yag ingin merubah tampilan gambar motif/striping motornya bisa memesan ke mereka. Dengan jaminan kualitas sama seperti aslinya, bawaan pabrik.

Untuk sang desainer/renderer saya acungi jempol deh, mereka adalah sosok seniman dan memanglah hebat berimaginasi, berimprovifasi, mengejawantahkan/ menuangkan imaginasinya ke dalam seni grafis modern, yag begit detail, rapi, bermain warna dengan apik…salut deh dengan intelektual mereka.

Sebuah sketsa decal untuk motor Yamaha R15 hasil dari motoblast.org

Sebuah sketsa decal untuk motor Yamaha R15 hasil dari motoblast.org

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s