Pit dhuwur
Pit dhuwur

Pit Dhuwur atau sepeda tinggi banyak berseliweran di seputaran Bantul dan Jogja, entahlah kalo kota-kota lainnya di nusantara Indonesia.

Pit dhuwur merupakan sebuah modifikasi dari sepeda kayuh biasa yang dijadikan lebih tinggi dari sepeda pada umumnya. Tinggi sadle yang lazimnya setinggi 1meter dari permukaan tanah, sedangkan di pit dhuwur bisa mencapai 2 kali lipatnya, atau setinggi 2 meter atau bahkan lebih tinggi lagi, sesuai selera yang di ingin kan.

Cara merubah atau memodifikasinya pun cukup mudah sepertinya, tinggal dua bodi sepeda ditumpuk dan dilas maka jadilah pit dhuwur.

Namun perlunya perubaan pada dudukan as tengah sebagai pengayuh di tempatkan di sisi atas, leher porok depan perlu diperpanjang, dan perlunya penambahan rantai. Karena pit dhuwur tidak serta merta rodanya ikut besar, roda tetap pada ukuran normal, hanya badan sepeda saja yang dibuat tinggi.

Karena sifatnya modifikasi bebas, maka akan dibuat apa dan bagaimana juga terserah selera, ada juga yangdibuat model tandem (untuk dua orang).

Untuk segi keamaman dan kenyamanan memang sepeda jenis ini sedikit banyak berkurang, terlebih kalau tanpa rem ini jelas tidak aman. Baiknya sih untuk sistem pengereman gunakan saja model boss terpedo, Lebih praktis dan tidak ribet. Dari pada menggunakan sistem rem  ABS olor dengan kawat baja itu, yang mesti menyambung sedemikian rupa.

Untuk kenyamanan juga agaknya lumayan ribet juga saat akan menaiki maupun turun dari sepeda jenis ini. Tapi sepertinya saat di atas pit dhuwur terasa nyaman yach….!!

Pit dhuwur
Pit dhuwur
Advertisements