Ini Nih Klarifikasi Pihak Pengelola Odong-Odong Alkid Yogyakarta

Mobil kayuh di alun-alun kidul Yogyakarta

Mobil kayuh/odong-odong di alun-alun kidul Yogyakarta

Beberapa hari ini netizen warga masyarakat Jogja di hebohkan perang opini dengan tarif naik Odong-odong di Alun-Alun Kidul(Alkid) yang selangit. Di sebuah grup icj media sosial facebook.

Dan menjadi trending topik, dan menjadi perhatian khusus netizen. Setiap postingan yang menyangkut odong-odong, selalu mendapat tangapan dari netizen. Kebanyakan mereka menyayangkan dengan mahalnya tarik naik odong-odong, bahkan memgatakan termahal di dunia. Ada yang mengatakan mending  sewa mobil sekalian, ga bakalan naik odong-odong, dan sebagai nya.

Nah kali ini ada sebuah postingan atas nama Deddy Novie yang mengatas namakan pengelola Odong-odong Alkid, namun begitu tetap saja mendapat tanggapan ‘miring‘ dari netizen yang sepertinya pengelola masih tetap kekeh akan tarif 150ribu sekali putar. Monggo silahkan disimak klarifikasinya…….

 

Bismillahirrohmannirohim.
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Selamat siang seluruh masyarakat yogyakarta dan pengunjung Kawasan Wisata Alkid Yogyakarta khususnya serta seluruh anggota dan sedulur semua yang ada group media sosial “Info Cegatan Jogja” (ICJ)..Mohon maaf mengganggu waktu istirahatnya dan liburannya serta mohon ijin kami akan menanggapi hal terkait harga sewa odong” / sepeda hias untuk satu kali putar, yg menjadi trending topic di media sosial ini (pernah ditanyakan oleh salah satu member) kemudian dijawab oleh seseorang dengan akun FB yg berinisal “J” dengan cara memposting pernyataannya di akun FB-nya sehingga menjadi heboh karena ada kalimat yang tidak baik dan tidak pantas untuk diposting serta dibagikan di media sosial.
Pertama-tama, kami mewakili seluruh angggota paguyuban pelaku wisata alkid yogyakarta memohon ma’af yg sebesar-besarnya kepada pengunjung wisata malam Kawasan Wisata Alkid Yogyakarta dan yang terhormat pecinta facebook serta anggota ICJ atas kekhilafan postingan anggota kami yg mungkin tidak pantas utk diposting.
Terkait harga sewa odong” tersebut, kami mencoba mengklarifikasi bahwa STANDARISASI HARGA sewa odong”/sepeda hias/sepeda wisata memang belum bisa kami implementasikan karena kami kesulitan utk menentukan parameter sebagai pedoman penentuan harga sewa odong” tersebut. Harga sewa 150rb satu kali putar disaat liburan memang terjadi demikian. Namun, harga tersebut bukan harga mati artinya pengunjung boleh menawar sampai kesepakatan harga terjadi/bargaining position. Jikalau tdk terjadi kesepakatan, maka pengunjung bisa mencari alternatif lainnya. Ada lebih kurang 70 odong” yg beroperasi dan juga bervariasi harganya sesuai dengan bentuk dan kondisi armadanya. Kami yakin dibawah harga itu pastinya ada, tergantung jenis dan bentuk odong” nya atau jumlah penumpangnya.
Harga sewa 150rb sekali putar, bisa dimungkinkan armadanya baru, kemasannya menarik dan bisa muat lebih dari 7 org. Mereka pun menawarkan harganya sesuai dengan besaran modal usaha awal yg mereka keluarkan (bisa mencapai puluhan juta) dan berapa lama BEP yg akan diperoleh. Jadi, penawaran harga disinilah akan terjadi. Disamping itu, pembeli jasa sewa dalam hal ini pengunjung wisata diberi kebebasan utk menawar. Jika proses tawar menawar harga terjadi dan kesepakatan harga sudah disetujui itu berarti antara pemilik jasa sewa odong” dan pengunjung wisata sudah sepakat untuk menggunakan odong” tersebut berputar mengelilingi lapangan alkid sambil menikmati syahdunya cuaca malam di alkid, diiringi alunan musik serta melihat pengunjung lainnya sedang bersantap malam di pinggir lapangan.
Demikian sekiranya kami bisa mengklarifikasi terkait trending topic harga sewa odong” di alkid. Sekali lagi kami mohon maaf apabila ada salah kata dalam hal penyampaian staetment yg mungkin terlampau hiperbolik.
Dengan kerendahan hati, kami siap menerima kritik dan sarannya demi kemajuan paguyuban yg telah lama kami rintis dan perkembangan wisata malam di alkid yogyakarta. Kami berusaha dan berusaha utk memperbaiki diri.
CP. Pengurus Paguyuban Pelaku Wisata Alkid Yogyakarta (PAPARASI ALKID) : 0816678340/085229088838
SELURUH JAJARAN PENGURUS PAGUYUBAN PELAKU WISATA ALKID YOGYAKARTA MENGUCAPKAN SELAMAT TAHUN BARU 2017 SEMOGA DENGAN BERGANTINYA TAHUN AKAN MENJADIKAN MOTIVASI KITA UNTUK MELANGKAH YANG LEBIH BAIK DAN SUKSES
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
— di Alun Alun Kidul (Alkid) Jogjakarta.

 

Yach semoga ada solusi untuk hal ni, btw ada yang berkomentar  yang menyarangkan sowan ke Sultan untuk minta petunjuk.

9 thoughts on “Ini Nih Klarifikasi Pihak Pengelola Odong-Odong Alkid Yogyakarta

Tinggalkan komentar