Trending Topic Medsos Jogja : Tarif Odong-Odong(Mobil Kayuh) Alkid Yang ‘Ngenthel’

Mobil kayuh di alun-alun kidul Yogyakarta

Mobil kayuh di alun-alun kidul Yogyakarta


Yogyakarta terkenal dengan keunikannya, salah satunya dengdan adanya wahana sewa odong-odong atau mobil kayuh yang penuh lampu yang berada di kawasan Alun-Alun Kidul(Alkid) keraton Yogyakarta.

Mobil kayuh memang memberi warna tersendiri dikala senja hingga malam hari, bahkan dini hari di Alkid. Penuh gemerlap lampu menghiasi mobil kayuh yang bisa dinaiki sekeluarga. Musik pun disediakan oleh di pemilik.

Namun saat ini, disaat libur panjang di penghujung 2016 ini, sedang ada ‘gejolak’ masalah tarif yang. Tarif bagi penyewa yang di rasa keluar dari kewajaran yang tarif biasa banyak yang mengatakan sekali putar Rp 25.000,- tapi kini sekali putar Rp 150.000,- …lha dalah 6 x lipat.

Sebuah postingan akan gejolak tarif odong-odong (mobil kayuh) Alun-alun Kidul Jogja

Sebuah postingan akan gejolak tarif odong-odong (mobil kayuh) Alun-alun Kidul Jogja

Hingga ‘gejolak’ ini menjadi booming dan trending topic di media sosial. Yang mana kebanyakan orang 90% lebih kontra dengan tarif 150 ribu, hingga mendapat banyak sorotan. Dalam sebuah penyangkalan dari pihak penyewa mendapat perhatian(like) 3.513, dan ditanggapi sebanyak 5.226 komentar. 

Hal ini yakni ketidak wajaran dari sebuah tarif memang begitu msnyakitkan bagi pengguns jssa tersebut. Dan sebagai warga jugs bsnysk yang menentang dan sekaligus membela, agar pengelola atau pemilik sewa tidak begitu memasang tarif yang teramat tinggi(mahal). Hingga terkesan ‘nuthuk’ bahkan ‘ngenthel’, yang seakan wisatawan yang yang notabene mengenal Jogja dengan keramahan, kearifan, lalu tanpa tanya tarif terlebih dahulu, dan akhir nya kaget bukan kepayang saat akan membayar sewa yang mahal.

Menurut yang bisa disebut pembelaan dari pihak penyewa, karena kawasan Alkid disaat liburan terjadi kemacetan, yang mana durasi untuk putaran menjadi 3 kali lipat lamanya, maka mereka menaikkan atau memasang tarif hingga 150 ribu/sekali putar. Namun sekali lagi hal itu dibantah oleh banyak warga/netizen Jogja, bahwa tidak harus segitu mahalnya tarifnya, yang bisa bikin kapok wisatawan.

Well perlu diketahui bahwa lintasan mobil kayuh itu melintasi alun-alun yang sebesar lapangan sepak bola, atau sekitar 500meter.

 

 

Advertisements

4 thoughts on “Trending Topic Medsos Jogja : Tarif Odong-Odong(Mobil Kayuh) Alkid Yang ‘Ngenthel’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s