Wisata Di Pantai, Waspadai Arus ‘RIP Current’

Penampakan arus rip current

Penampakan arus rip C muter

Saat nya liburan…
Saat ini waktunya musim liburan, libur sekolah, natal, dan tahun baru. Obyek wisata dimana saja sarat akan pengunjung. Tidak terkecuali wisata pantai.

Pantai memang selalu menarik untuk dikunjungi, melihat deburan ombak, melihat ujung garis laut, dan yang paling menarik adalah bermain air dan mandi.

Tapi perlu kewaspadaan untuk yang paling akhir, janganlah sekali-kali mandi di pantai Selatan wilayah Jogja/ Bantul, karena bahaya mengancam. Karena tanpa kita sadari ada saat-saat ombak balik yang bisa menyeret kita ke tengah laut. Jangankan mandi, bermain air di bibir pantai saja d kala ada arus seperti ini kita bisa terseret arus ini. Inilah yang lazim disebut Arus ‘RIP Current’ dan nantinya air memutar mengumpul di sebuah cekungan atau palung.

Silahkan simak keterangan berikut…

“ Rip current merupakan arus balik yang terkonsentrasi pada sebuah jalur yang memecah zona empasan gelombang hingga melewati zona gelombang pecah. Pantulan gelombang yang mengenai pantai memunculkan sejumlah arus susur pantai yang kemudian bertemu dan memusat di tengah cekungan pantai”.

Arus Rip Current

Arus Rip Current

APABILA TERKENA ARUS INI, JANGAN MELAWAN ARUS MENUJU PANTAI. BERENANGLAH SEJAJAR PANTAI.

 

Arus ini bergerak sangat kuat dengan kecepatan tinggi.

 

 

 

Apakah tdak dapat diketahui sebelumnya ?

 

Dengan menggunakan data batimetri atau kedalaman laut, tentu dapat dipredisksi dimana kemungkinan terjadinya rip current ini.

 

Prediksi arus Rip Current

Prediksi arus Rip Current

Contoh gambar di atas merupakan pemodelan arus pantai untuk melihat dimana kemungkinan terdapatnya rip current

 

Namun harus disadari juga, pasir pantai itu setiap hari terkena gelombang laut. Sehingga menyebabkan adanya dinamika sedimentasi pantai. Dengan demikian lokasi kemungkinan adanya rip current ini bisa berpindah-pindah.(dongeng geologi)

****

Kemarin ada korban akan arus RIP Current ini, di Pantai Baru Bantul. Senin 26 Des 2016, jam 13.00. Korban mulai hanyut di tengah ombak sejak pukul 13.00, 10 menit pertama korban masih tampak dan berusaha diselamatkan tetapi kemudian tidak tampak. beberapa menit kemudian korban baru berhasil dievakuasi oleh TIM SAR skitar jam 13.50. Ketika diselamatkan korban sudah dalam keadaan tidak sadarkan diri dan tidak diketahui status keadaannya. Selanjutnya dibawa ke dalam ambulan bersama anggota keluarganya, dan dilarikan ke RS terdekat.

Semoga dengan kejadian diatas, mengingatkan kewaspadaan kita saat berlibur di pantai.

 

Advertisements

5 thoughts on “Wisata Di Pantai, Waspadai Arus ‘RIP Current’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s