Tips aman bagi wanita yang sering pulang malam
Tips aman bagi wanita yang sering pulang malam

Kejahatan semakin marak saja akhir-akhir ini, dan bisa menimpa siapa saja, apalagi dimalam hari, dan terlebih lagi bagi kaum Wanita. Yang memang lebih lemah dan menjadi sasaran yang ’empuk’ bagi penjahat untuk bertindak aksi penjambretan, pencopetan atau perampokan dan pelecehan seksual.

Tapi jangan khawatir wahai kaum Hawa, berikut ada beberapa tips yang sekiranya bisa mencegah, menangkal dan setidaknya meminimalisir tindak kejahatan, dan penjahat pastinya akan takut dan berfikir ulang untuk mendekati anda.

Iya, sebagaimana diketahui, banyak dari kaum wanita yang pulang malam, entah karena bekerja atau kegiatan lain. Karena itu, para wanita harus dapat mengantisipasi tindakan kriminal yang bisa saja menimpanya.

 

Berikut adalah beberapa bentuk antisipasi yang dapat dilakukan kaum wanita agar aman saat pulang malam :

 

1.Jangan memakai headphone

Memang, di tengah macetnya kota, memakai headphone untuk mendengarkan lagu amat menyenangkan. Tetapi, cobalah untuk membiasakan diri tidak menggunakan headphone, apalagi saat melewati jalanan sepi. Hal ini untuk membuat diri wanita lebih awas terhadap sekelilingnya.

 

2. Bawa peluit

Apa guna membawa peluit untuk keselamatan wanita? Peluit dapat mengantisipasi jika ada seseorang yang mencurigakan, apalagi terbukti akan melakukan tindakan kriminal terhadap Anda. Caranya, bunyikan peluit tersebut sekencang-kencangnya agar mendapat perhatian dan pertolongan dari orang lain.

 

3. Pelajari bela diri

 Para wanita juga perlu untuk mempelajari bela diri, apapun itu. Kalau perlu, belajarlah bela diri yang khusus untuk mengantisipasi tindakan kriminal. Misalnya, bagaimana melumpuhkan orang dari belakang, atau melumpuhkan orang bersenjata tajam dan lain sebagainya.

 

4. Carilah teman yang rute pulangnya searah dengan anda sehingga bagi anda yang menggunakan kendaraan umum bisa pulang secara bersama.

 

5. Selektif dalam memilih angkutan umum

Bagi yang tidak memiliki teman searah sebaiknya benar-benar mencermati angkutan umum yang akan anda gunakan. Mulai dari penumpangnya sudah ada atau belum, keadaan kendaraannya yang sebisa mungkin jangan yang berkaca gelap, dan jika setiap hari di rute yang sama tentunya anda pasti akan mengenali kendaraan (hafal nomor polisi dan rute trayeknya) maupun pengemudinya. Jika anda merasa asing atau tidak anda kenali, sebaiknya urungkan dan menunggu lagi yang angkutannya sudah terisi penumpang dan agak penuh.

 

6. Tidak perlu menunjukkan barang yang berharga dan bernilai saat naik kendaraan umum agar tidak menarik perhatian penjahat.

 

7. Minta Dijemput

Jika terlalu larut sebaiknya anda urungkan niat anda untuk naik kendaraan umum. Lebih baik minta dijemput dan diantarkan oleh suami, saudara, atau teman yang sudah anda kenal dengan baik dan anda percaya tentunya. Jangan memaksakan diri jika tidak memungkinkan karena resikonya akan sangat besar sekali untuk anda.

 

8. Simpan dan ingat nomor Telepon Polisi atau teman/keluarga yang bisa sewaktu waktu anda hubungi.

 

9. Menolak Lemburan Malam

 Ketegasan menolak lemburan malam kadang diperlukan jika anda menilai dan mencermati hal itu membahayakan anda nantinya. Ingat yang namanya pekerjaan sampai kita tutup usia pun tidak akan pernah habis dan selesai. Jika anda merasa mungkin dan aman silakan anda lembur, namun jika merasa tidak mungkin dan tidak aman sebaiknya anda tolak dengan tegas dan bijak.

 

Tips di atas adalah untuk mengingatkan karena mungkin sudah banyak dari anda yang mengetahuinya dan bagi yang belum mengetahui mudah-mudahan petunjuk-petunjuk sederhana di atas dapat menjadi acuan yang memberikan manfaat bagi anda wanita yang sering pulang malam. Mencegah selalu lebih bijaksana. Resiko yang anda hadapi sebagai wanita sangat besar di malam hari. Waspadalah….!!!!

Semoga memberikan manfaat.

 

Sumber : tribratanewsbantul.com

 

Advertisements