Mobil Suzuki APV Nunggak Pajak 2 Tahun, Ini Estimasi Biayanya

Ilustrasi Surat Keterangan Pajak Daerah PKB/BBN-KB  dan SW-JASA RAHARJA

Ilustrasi Surat Keterangan Pajak Daerah PKB/BBN-KB
dan SW-JASA RAHARJA

Kita dibuat bingung akan rumus perhitungan pajak yang telat dan besaran denda atau sanksi administrasi nya. Satu waktu saya pernah menanyakan ke pihak Samsat, namun tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Satu-satunya jalan ya mendapatkan info dari teman yang mempunyai pengalaman akan hal ini dan diutak-atik sendiri, maka ketemu lah rumusan formula-nya, ya walaupun mungkin bersifat estimasi, karena terkadang ada perbedaan beberapa bulan, tapi bisa disebut akuratlah.

Seperti halnya pada kendaraan roda empat/ mobil yang baru saja saya dapatkan dari teman , yang mana telat 2 tahun mobil Suzuki APV. 

Disebutkan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebesar 1.470.000, dan SW-JASA RAHARJA : 143.000, setelah melakukan pembayaran maka terhimpun sebuah rumusan sbb : 2 x PKB + 2 x SW-JR + 47%(2XPKB) + 2 X 100.000.  Jika ganti STNK & plat ada tambahan 75.000+50.000.

Nah begitulah hasil rumusan yang bisa saya dapatkan untuk pajak endaraan roda 4/ mobil telat 2 tahun, semoga hal ini bisa membantu anda dalam menghitung pajak kendaraaan bermotor anda jika mengalami hal yang sama yakni telat bayarnya.

Jika merasa kesulitan, silahkan bertanya di kolom komentar, InsyaALLAH akan saya bantu.

Advertisements

8 thoughts on “Mobil Suzuki APV Nunggak Pajak 2 Tahun, Ini Estimasi Biayanya

  1. Kalau kasus saya nmr kendaraan sdh mati 4th, ini mau diurus karena sekalian mutasi dan balik nama. Saat ini sedang ada pemutihan jd mau saya manfaatkan. Yang mau saya tanyakan adalah hitungan pajak yg harus saya bayarkan berapa besarannya. Nominal pajak kurleb 800rb

    Liked by 1 person

  2. Saya mempunyai kasus begini mas mohon penjelasan dan jalan keluarnya : mobil honda jazz stnk 2005 sedangkan pajak off 2010 dan BPKB ada pada perusahaan dan atas nama perusahaan tersebut namun perusahaannya sudah tidak ada lagi (TUTUP/Kolep) dan sekarang saya mengurus/membayar PKB tersebut? mohon petunjuk jalan keluarnya, Terima Kasih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s