Ilustrasi Surat Keterangan Pajak Daerah PKB/BBN-KB  dan SW-JASA RAHARJA
Ilustrasi Surat Keterangan Pajak Daerah PKB/BBN-KB
dan SW-JASA RAHARJA

Kita dibuat bingung akan rumus perhitungan pajak yang telat dan besaran denda atau sanksi administrasi nya. Satu waktu saya pernah menanyakan ke pihak Samsat, namun tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Satu-satunya jalan ya mendapatkan info dari teman yang mempunyai pengalaman akan hal ini dan diutak-atik sendiri, maka ketemu lah rumusan formula-nya, ya walaupun mungkin bersifat estimasi, karena terkadang ada perbedaan beberapa bulan, tapi bisa disebut akuratlah.

Seperti halnya pada kendaraan roda empat/ mobil yang baru saja saya dapatkan dari teman , yang mana telat 2 tahun mobil Suzuki APV. 

Disebutkan PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) sebesar 1.470.000, dan SW-JASA RAHARJA : 143.000, setelah melakukan pembayaran maka terhimpun sebuah rumusan sbb : 2 x PKB + 2 x SW-JR + 47%(2XPKB) + 2 X 100.000.  Jika ganti STNK & plat ada tambahan 75.000+50.000.

Nah begitulah hasil rumusan yang bisa saya dapatkan untuk pajak endaraan roda 4/ mobil telat 2 tahun, semoga hal ini bisa membantu anda dalam menghitung pajak kendaraaan bermotor anda jika mengalami hal yang sama yakni telat bayarnya.

Jika merasa kesulitan, silahkan bertanya di kolom komentar, InsyaALLAH akan saya bantu.

Advertisements