Mengenal Sedikit Sejarah & Masa Kejayaan Nokia

Nokia 3310 - vintagemobile.fr

Nokia 3310 – vintagemobile.fr

Siapa sih yang enggak kenal dengan Nokia? Kalo tau hp(handphone)/telepon seluler(ponsel)/telepon genggam ya pasti tau nokia. Hp ya Nokia, itulah saking familiarnya Nokia, walaupun ada beberapa vendor seangkatan semisal Siemens, Sonyerricson dan yang lainnya. Tapi karena begitu banyaknya pengguna nokia, maka Nokia dinobatkan menjadi pionernya hp.

Saya kutip dari tribunjogja.com berikut 8 fakta menarik tentang Nokia yang sayang kalau anda lewatkan dan menarik untuk anda ketahui, monggo cekibrot…

1. Terlaku sepanjang sejarah

Memang benar, telepon ciptaan Nokia menduduki peringkat satu dalam jumlah penjualannya. Modelnya adalah Nokia 1110 yang diluncurkan pada tahun 2005 dan berhasil menjual 250 juta unit di seluruh dunia.

Hal yang tidak kalah mengejutkan adalah bahwa lima telepon genggam dengan penjualan tertinggi sepanjang masa merupakan produk Nokia juga. Apabila Nokia 1110 di peringkat satu, Nokia3210 menyusul dengan penjualan mencapai 160 juta.

Kemudian Nokia 1200 (150 juta unit terjual) seri dengan Noklia 5230 (150 juta unit) dan Nokia 3310 di peringkat kelima yang berhasil menjual 136 juta unit.

2. Dahulu merupakan perusahaan kertas

Ya, perusahaan yang dikenal menjual telepon genggam ini dahulu memproduksi kertas. Ditemukan pada tahun 1865 oleh seorang insinyur tambang bernama Fredrik Idestam, nama “Nokia Oyj” baru ditemukan di tahun 1871 bersama rekannya yang bernama Leo Mechelin.

3. Berasal dari nama sungai

Nokianvirta adalah sungai di Finlandia yang dipenggal untuk menjadi nama dari Nokia. Kota Nokia juga hadir di Finlandia dan perusahaan ini pernah memiliki pabrik bubur kertas di daerah itu. Jadi nama perusahaan ini bisa berasal dari dua nama itu. Noki sendiri memiliki arti jelaga, sebuah butiran-butiran arang halus.

4. Produsen karet untuk kabel & sepatu

Setelah memproduksi kertas, Nokia tidak langsung berkecimpung di dunia telepon genggam. Mereka terlibat dalam berbagai bisnis seperti karet yang menghasilkan kabel dan sepatu. Baru pada tahun 1960 perusahaan ini terjun ke dalam dunia eletronik.

5. Nada dering khas

Apabila kita memiliki telepon Nokia, maka salah satu nada dering yang dapat kita pilih bernama “lagu Nokia” yang cukup khas. Lagu aslinya berasal dari lagu Gran Vals yang dibawakan oleh musisi asal Spanyol bernama Francisco Tarrega.

Pada tahun 1998 nada dering Gran Vals resmi diganti namanya menjadi “lagu Nokia” pada seluruh teleponnya dikarenakan para pengguna sulit mengingat nama aslinya. Berikut adalah nada deringnya dari tahun ke tahun.

6. Tidak ada telepon seri 4 yang dijual di Asia

Nokia menjual teleponnya dengan cukup hati-hati. Untuk menghargai beberapa kebudayaan di Asia seperti Tiongkok dan Jepang, model telepon Nokia tidak ada yang memiliki nomor seri awalan “4” karena dianggap sial.

7. Pionir Telepon Genggam

Telepon GSM komersial pertama dilakukan pada tahun 1991 di Helsinki oleh Harri Holkeri selaku Perdana Menteri Finlandia dengan telepon Nokia. Sedangkan telepon satelit pertama kali dilakukan pada tahun 1994, tentunya dengan Nokia juga.

8. Manufaktur “kamera” terbesar di dunia

Nokia di model-model terbarunya selalu menyediakan kamera digital. Kamera di telepon genggam telah digunakan oleh 4 bilyun orang sehingga kamera yang paling banyak digunakan berasal dari gawai ini. Sejak tahun 2008 Nokia berhasil menjadi manufaktur kamera digital paling besar di dunia.

(Intisari-online.com/Bramantyo Indirawan)

Advertisements

4 thoughts on “Mengenal Sedikit Sejarah & Masa Kejayaan Nokia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s