Fungsi Dari Helm Saat Berkendara Sepeda Motor

15253640_1520715371290647_6428234989241730166_n.jpg

Sepertinya ada beberapa orang yang mengesampingkan pemakaian helm saat berkendara sepeda motor, dengan dalih hanya dekatlah, tidak ada Polisi lah..duh alasan yang klise dan kekanakan sepertinya itu.

Helm mempunyai peran yang sangat penting bagi pengendara sepeda motor, yang pertama fan utama adalah melindungi kepala dikala terjatuh atau saat terjadi kecelakaan. Ya memang hal ini pastinya tidak kita inginkan, namun tidak ada salahnya kita mengantisipasinya dengan memakai helm, yang sesuai atau standar SNI. Membeli helm juga baiknya jangan asal-asalan, asal murah apalagi. Mudahnya yang standar, InsyaALLAH pasti aman dan nyaman. Sesuaikan juga dengan ukuran kepala, agar terasa pas, tidak kedodoran maupun kekecilan.

Kembali ke fungsi dari helm, setidaknya ada 3 fungsi utama yakni:

1.Membuat perlindungan kepala waktu kecelakaan

Kita tak pernah tau semenit kedepan apa yang berlangsung pada diri kita. Waktu mengendarai sepeda motor kita lebih memiliki resiko mengalami kecelakaan, serta daerah paling fatal dan banyak nyawa melayang lantaran terjadinya benturan di kepala. Helm yang berstandart SNI telah penuhi prasyarat dalam membuat perlindungan kepala dari benturan yang cukup keras. Tetapi tak berarti kepala Anda bakal sepenuhnya terlidungi, jadi jagalah diri anda dengan baik dengan mengendarai sepeda motor dengan hati-hati serta manfaatkanlah helm dengan benar.

 

2. Terhindar dari debu dan polusi

Waktu berkendara dijalan raya terlebih di daerah yang tanahnya berdebu bakal sangatlah menggangu konsentrasi berkendara. Hidung kita bakal menghirup karbon serta debu yang sangatlah beresiko untuk badan kita. Terlebih sisi organ paru-paru yang bakal alami masalah seperti pengecilan rongga hidung serta sesak nafas. Oleh karenanya helm berkaca bakal sangatlah menolong dari ancaman polusi dan debu.

 

3. Melindungi Pandangan Mata Supaya Tetap Nyaman

Pernahkah Anda pernah alami iritasi mata saat berkendara? dalam berkendara kita di terpa angin dari depan, waktu angin menyerang badan kita termasuk juga mata, mata bakal merespon angin yang datang dengan memperkecil kelopak mata supaya mata tak terbentur dengan angin, debu serta hewan-hewan kecil yang ada dijalan. Apakah Anda pernah alami iritasi mata waktu berkendara karna debu, angin serta hewan kecil masuk kepermukaan mata serta terasa sangatlah tak nyaman, berkendara jadi terganggu dan beresiko bila hingga kita tak dapat lihat kendaraan yang ada di depan kita. Apalagi jika kita berkendara saat hujan. Maka perlu sekali memakai helm yang berkaca.

Nah itulah setidaknya tiga fungsi utama dari memakai helm, disamping juga menjaga tatanan rambut kita juga sih.

Maka dari itu mulailah jadikan helm bagian dari berkendara sepedamotor kita,taati aturan lalulintas selama diperjalanan dan jangan lupa awali dengan berdo’a sehingga perjalanan anda aman dan nyaman. Semoga bermanfaat.

 

Sumber : tribratanewsbantul.com

Advertisements

2 thoughts on “Fungsi Dari Helm Saat Berkendara Sepeda Motor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s