Evakuasi korban tenggelam di Salakan Trukan Segoroyoso Pleret Bantul
Evakuasi korban tenggelam di Salakan Trukan Segoroyoso Pleret Bantul

Malang tak dapat ditolak-untung tak mampu diraih…. sungguh tragis nasib dari dua bocah remaja pelajar MTsN Wonokromo, Pleret, Bantul. Berniat menikmati hari libur bersama 8 rekan-rekannya, tapi maut menjemput mereka berdua.

Adalah Adiga Hermansyah (14 tahun) warga dusun Karanggayam Rt 04, Segoroyoso, Pleret, Bantul dan Galang Okta Prayoga (14 tahun) warga Gedongkuning, Banguntapan, Bantul.

Keduanya meninggal dunia tenggelam saat mandi di kolam bekas galian tambang batu yang berlokasi di dusun Salatan, Trukan, Segoroyoso, Pleret, Bantul, Minggu, 04 Desember 2016 sekitar pukul 12.00 Wib.

Berikut kronologinya, awalnya, kedua korban bersama 8 teman lainnya bermain di rumah korban Adiga. Usai bermain mereka kemudian pergi bermain menuju ke kolam bekas galian/tambang batu tersebut lalu mereka ‘nyebur’ ke kolam dengan melompat dari atas tanggul.

 

Pada saat itu Adiga sudah melompat sebanyak 4 kali dan Galang melompat yang terakhir dan tenggelam. Melihat hal tersebut Adiga langsung melompat ke kolam lagi bermaksud mau menolong Galang.

 

Dikolam itu, mereka saling berpegangan tangan, Adiga berusaha menarik Galang namun apadaya karena dalamnya air (5 meter) mereka berdua akhirnya kelelahan dan sama sama tenggelam walaupun teman temanya yang lain sudah berusaha membantu dengan kayu.

 

Melihat kedua temanya tenggelam, Kemudian teman lainya lari meminta tolong kepada warga sekitar. Tak lama kemudian Warga dan petugas Polsek Pleret datang ke TKP melakukan evakuasi korban dari kolam tersebut.

 

Setelah kedua korban berhasil dievakuasi oleh Suparmanto beserta warga lainya dibantu petugas, kemudian dilakukan pemeriksaan oleh petugas Puskesmas Pleret dr. Fauzan dan Tim Identifikasi Polres Bantul. Dari hasil periksaan disampaikan bahwa tidak ditemukan adanya tanda-tanda penganiayaan dan dinyatakan kedua korban meninggal dunia karena tenggelam. Kemudian oleh petugas Polsek Pleret kedua jenazah diserahkan kepada pihak keluarga masing-masing untuk dimakamkan.

Situasi kolam bekas galian batu tempat tenggelamnya dua remaja pelajar MTs Wonokromo Pleret
Situasi kolam bekas galian batu tempat tenggelamnya dua remaja pelajar MTs Wonokromo Pleret

Kepada keluarga saya ucapkan innalillahi wainna illahi rajiun. turut berduka-cita sedalam-dalamnya, saya doakan diampuni dosanya, di rahmati dan diberi nikmat kubur, dan untuk keluarga di beri ketabahan & keikhlasan menerima musibah ini.

Sumber : tribratanewsbantul.com

Advertisements