O=alun-alun utara Yogyakarta
O=alun-alun utara Yogyakarta

Saya pernah mengalami hal pahit (terjebak macet parah) saat ingin pulang dari nonton sekaten pasar malam perayaan sekaten (PMPS), tepat di depan masjid Gedhe Kauman/barat alun-alun Utara, hingga hampir terpisah dengan keluarga.

Duh ngeri juga kalo mengingat hal itu, jadi terasa kapok. Hal itu bisa terjadi, menurut saya karena kurangnya pengaturan dari panitia maupun dinas perhubungan, dimana sebenarnya ada dua ruas jalan, dua arah di seputaran alun-alun, tapi karena yang satu digunakan untuk parkir, dan tanpa kontrol kendaraan yang masuk ke kawasan alun-alun Utara maka tak terelakkan lagi kebuntuan lalu-lintas kendaraan, dan macet total, dari dua arah kendaraaan tidak mau ngalah, sudah deh stacken.

Nah kali , dinas terkait/ dinas perhubungan DIY, tidak main-main untuk mengantisipasi kemacetan. Dishub DIY menggunakan metode jalan searah di seputaran jalan di alun-alun.

Berikut metodenya, pengunjung roda dua hanya di perbolehkan masuk kawasan alun-alun dari arah utara/jl. Pangurakan, dan selanjutnya bisa ke arah barat atau timur dan memarkir kendaraan di bagian dalam ruas jalan alun-alun (sisi utara atau barat). Untuk kendaraan roda 4 mobil  atau bus di minta parkir di kawasan parkir Ngabean atau Taman Parkir Senopati (utara BI).

Jadi jalan Kauman/dari arah barat dan jalan sebelah barat keraton ditutup dan hanya untuk akses keluar, begitu juga dari arah timur/jl Ibu Ruswo dari timur hingga pertigaan Wijilan masih dua arah dan tepat di pertigaan Wijilan, ditutup menjadi searah.  Jl Wijilan dibuat searah ke  selatan sebagai akses keluar dari alun-alun atau dari arah timur jl Ibu Ruswo.

Kebijakan jalan searah di kawasan tersebut berlaku selama pelaksanaan PMPS, mulai dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB. Ketika kebijakan itu dijalankan, terdapat petugas yang berjaga di simpang Gerjen, simpang tiga Mantrigawen, dan simpang tiga plengkung Wijilan.

Pemberlakuan jalur lalu lintas searah ini akan dievaluasi Dishub seminggu sekali. Jadi ada kemungkinan ada perubahan kebijakan.

Sumber : tribunjogja.com

Sreenshot alun-alun utara Yogyakarta
Sreenshot alun-alun utara Yogyakarta
Advertisements