Ilustrasi BPKB+STNK
Ilustrasi BPKB+STNK

Bagi warga Bantul yang ingin perpanjangan STNK atau membayar pajak 5 Tahunan/ganti stnk/ganti plat, baiknya datang lebih pagi, agar tidak kehabisan nomor antrian untuk cek fisik kendaraannnya. Pasalnya pihak Samsat Bantul membatasi pelayanan di bagian cek fisik hanya sejumlah 100 pemohon, entah alasannya apa, mungkin untuk bisa tercakup dalam waktu kerja sehari. Jadi pemohon baiknya datang sekitar jam 7 pagi untuk ambil nomor antrian.

Disamping itu, saat cek fisik kendaraan, pemohon harus mengisi sendiri formulirnya, lalu kelengkapan kendaraan benar-benar diuji oleh petugas, semisal fungsi rem, kondidi gas buang, fungsi lampu-lampu, dan sebagainya sesuai yang ada di formulir cek fisik kendaraan. Baik motor maupun mobil. Jadi bagi anda yang ingin cek fisik kendaraan, diberesi dulu jika ada yang kondisinya tidak normal. Yang beda sekarang gratis, kalo dulu bayar suka rela dari pemohon antara 2000 rupiah hingga 5000 rupiah, sekarang gratis-tis, tuh ada tulisan di kaos petugas.

Petugas cek fisik sedang menguji kelayakan motor, lampu, gas buang dan lainnya.
Petugas cek fisik sedang menguji kelayakan motor, lampu, gas buang dan lainnya.

Lalu bagaimana proses perpanjangan STNK 5 tahunan selengkapnya? Silahkan simak baik-baik ya…

Setelah cek fisik kendaraan selesai lalu kita menuju ke loket cek fisik ada di luar gedung utama Samsat Bantul, setelah di sahkan lalu ke loket sebelah utaranya, membeli formulir untuk pengesahan STNK 5 tahunan/ penerbitan STNK; untuk motor: 50ribu, mobil: 75ribu, plus bayar biaya penerbitan TNK Tanda Nomor Kendaraan/Pkat nomor; untuk motor : 30ribu, untuk mobil: 50ribu.

Lalu mengisi formulir, setelah selesai  lalu dibawa masuk ke gedung samsat menuju ke loket 1/ loket  Pendaftaran, jika beres, maka ada panggilan untuk menerima BPKB asli.

Selanjutnya menunggu panggilan dari loket 1B, untuk menerima resi pembayaran, lalu membayat ke kasir 1 atau 2, jika sudah membayar, menunngu lagi diloket paling barat atau loket 2/Pengambilan/Pengesahan. Setelah srkitar setengsh jam, baru ada panggilan untuk menetima STNK baru, dan Plat nomor pun bisa langsung diambil di gedung bagian barat/sebelah mushola.

Nah alasan inilah mengapa tadi dibatasi hanya 100 pembayar pajak di bagian cek fisik.

Jadi Samsat Bantul hebat sekarang, dulunya /beberapa bulan yang lalu, plat nomor bisa jadi dalam 6 bulan hingga 1 tahun, tapi kini bisa jadi dalam satu hari.

Advertisements