Winglets Di MotoGP Akan Menjadi ‘Sejarah’

winglets di motor Ducati team

winglets di motor Ducati team


Winglets atau sayap-sayap patahku kecil yang menempel pada fairing kanan dan kiri di motor MotoGP sepertinya akan berakhir dan menjadi sejarah dan menjadi kenangan yang terindah..

Winglets mulai dipakai atau diperkenalkan pada tahun 1999, namun pada tahun depan/2017 sudah tidak diperkenankan lagi untuk disematkan pada motor motoGP. Bahkan di seri terakhir musim 2016 akhir pekan ini yakni seri 18 di sirkuit Valencia-Spanyol sudah ada peraturan untuk tidak lagi memakai winglets.

Lalu apa sih benda kecil yang bagi tim pabrikan Ducati ini sangat berarti dan sangat berpengaruh untuk pengembangan motor mereka? Sedangkan Komisi Regulasi Teknis motoGP tidak bisa mengamininya dengan alasan keamanan untuk para rider?

Para rider seperti Marc Marquez merasa banyak dirugikan dengan adanya winglets ini, dimana saat sedang balap dilintasan dimana posisi sedang berdekatan atau menempel, maka winglets akan mengoyak tubuh atau menimbulkan banyak gesekan hingga bisa mengakibatkan rider terjatuh.

Sedang menurut Valentino Rossi, keberadaan winglets mengganggu pemandangan, atau dengan akata lain Rossi menyebutkan mengurangi kegantengan dari motor.

Yuuk mari kita kupas apa dan bagaimana peran dari winglets, yang saya kutip dari situs Jagad Otomotif…

Meningkatkan downforce pada motor

Dengan menggunakan winglet akan memberikan efek gaya tekan kebawah atau istilah kerennya downforce. Kenapa harus ada diberi gaya tekan kebawah? Itu dikarenakan pada Motogp mesin yang digunakan memiliki tenaga yang luar biasa sehingga saat akselerasi bisa menyebabkan ban depan terangkat (wheelie), walaupun hanya sedikit hal tersebut menyebabkan akselerasi kurang maksimal.

Masalah tersebut biasanya terjadi saat para pembalap keluar dari tikungan, pada saat tersebut membutuhkan power mesin yang besar agar dapat lebih cepat melaju, dengan adanya winglet tersebut mengurangi efek ban depan yang terangkat atau istilah teknisnya anti-wheelie dan motor lebih cepat berakselerasi tanpa mengurangi tenaga motor.

Sebenarnya pada motor Motogp sudah ada sistem elektronik yang fungsinya untuk mengurangi wheelie atau ban depan yang terangkat saat akselerasi tinggi, namun sistem tersebut kurang efisien.

Agar lebih paham tentang downforce coba lihat gambar dibawah, pada sayap pesawat lihat bagian atasnya lebih cembung daripada bagian bawah hal ini menyebabkan udara yang melewati bagian atas lebih cepat sehingga tekanan udara menurun, begitu juga sebaliknya pada bagian bawah sayap pesawat tekanan udara menurun, perbedaan tekanan udara tersebut menyebabkan gaya angkat ke atas (lift-force) dikarenakan udara mengalir dari tekanan tinggi ke tekanan rendah.

perbandingan sayap pada pesawat terbang dan motogp

perbandingan sayap pada pesawat terbang dan motogp

Sekarang coba perhatikan pada sayap winglet, bentuknya terbalik dari sayap pesawat, maka dari itu gaya yang dihasilkan arahnya kebawah (downforce).

Tim yang memiliki power mesin yang besar adalah Ducati, maka dari itu tim tersebut pada musim 2015 lalu menggunakan winglet untuk motornya untuk memberikan downforce dan mengatasi ban depan yang terangkat.

Membantu mendinginkan mesin

Sebenarnya fungsi yang ini tidak begitu berarti dikarenakan sistem pendingin pada motor Motogp sudah bisa dibilang cukup baik, namun walaupun bisa sedikit membantu mendinginkan mesin dalam ajang balap Motogp yang bisa dibilang cukup ketat, hal sekecil apapun sangat berarti.

Masalah mesin yang panas kebetulan juga dialami oleh Ducati, pernah lihat ketika Rossi di tim Ducati pada musim 2011-2012, ketika hujan Rossi mampu melaju dan finish lebih baik dari pada saat kondisi kering, sebenarnya tidak hanya Rossi tapi pembalap Ducati lain juga demikian. Mungkin karena alasan tersebut juga kali ini Ducati lebih baik saat menggunakan winglet. (sumber : Jagad Otomotif)

Well, demikianlah seputar arti dn fungsi dari winglets pada motogp, semoga bermanfaat.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s