Telat Bayar 2 Bulan Pajak Honda Beat, Ini Besaran Dendanya

Kini di Samsat Bantul hanya ada 2(dua) loket

Kini di Samsat Bantul hanya ada 2(dua) loket

Sepertinya ada pemangkasan loket di kantor Samsat Bantul, kalo dulu ada 6 loket, tapi saat ini hanya ada 2 (dua) saja. Ini pastinya sangat mempermudah masyarakat dalam membayar pajak kendaraan bermotornya.

Oiya, sebelum melangkah masuk ke dalam kantor samsat untuk perpanjangan/ pengesahan STNK tahunan, baiknya persiapkan dulu, berkasnya yakni : BPKB, STNK & KTP asli, semuanya di foto copy. Dan semua harus ada, jika tidak menyertakan 1 saja, maka tidak bisa.

Setelah semua berkas siap, boleh lah masuk ke kantor Samsat, menuju ke Loket 1 Pendaftaran,  ada beberapa tempat menumpuk berkas disitu, pilih yang sesuai tujuan kita, tumpuk dan tunggu beberapa saat, dan nanti akan dipanggil untuk menerima BPKB (ini menandakan berkas beres), lalu tunggulah beberapa saat menunggu panggilan dari loket 1B sekitar 30 menit.

Setelah ada panggilan dari Loket 1B, untuk membayar pajak, perhatikan untuk kasir 1 atau 2 (lihat lembar nya),di loket B kita juga akan menerima plastik bungkus STNK gratis, juga menerima kertas jasa raharja. Lalu bayarlah sesuai antrian dan sesuai kasirnya, setelahnya tunggu lagi sekitar 30 menit juga.

Menunggu panggilan dari loket 2(dua) untuk mengambil STNK dan SKPD nya.

Cukup mudah dan cepat bukan….!!!

Oiya, berhubung motor honda beat keluaran 2014 ini mangkir/nunggak/telat selama 1 bulan; 5 hari , yaa dibulatkan 2 bulan maka kena total sanksi administrasi sebesar 76.900, dengan rincian; sanksi administrasi PKB sebesar 44.900,  sesuai artikel saya yakni 25%+2 % =29% dari PKB (sanksi PKB 25%, plus perbulannya 2%). Dan sanksi administrasi SW-Jasa raharja sebesar 32.000.

Sanksi administrasi denda Pajak telat dua bulan.

Sanksi administrasi denda Pajak telat dua bulan.

Well demikian , semoga bermanfaat.

Advertisements

12 thoughts on “Telat Bayar 2 Bulan Pajak Honda Beat, Ini Besaran Dendanya

    • Jika begitu maka terhitung nunggak selama 5 tahun, maka rumusannya sbb : 5x(PKB+SW-JR) + 5xPKB)x47% + (5×32.000) + 185.000, silahkan dihitung sendiri ya pakai kalkulator!

      Like

  1. Maf pak saya punya montor mio keluaran 2011 sudah ganti plat tapi platnya belum jadi sampek 1 tahun ini dah mau perpanjang stnk lagi itu gimana ya pak rincianya?!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s