Hama Padi Saat Berbunga & Bulir Muda

Walang sangit menyerang bunga padi

Walang sangit menyerang bunga padi

Tumbuh kembang tanaman padi memang tak semulus dan selurus jalan tol…hehe…akan ada halangan dan rintangan seperti kejuaraan enduro. Namun begitu, dengan adanya pengalamanlah yang membuat petani bisa bertahan dan mengatasinya.

Saat awal tumbuh padi, akan ada hama keong dan belalang hijau hijau. Dan saat padi mulai berbunga dan bulir padi mulai berisi akan ada hama lagi yakni berupa wereng coklat atau walang(belalang) sangit dan juga burung pipit.

Kedua hama ini sangat merugikan petani, bahkan bisa menggagalkan panen.

Untuk hama wereng coklat/walang sangit cara mengatasinya dengan dilakukan penyemprotan pestisida, dengan 3 kali, itu juga harus dilakukan berbarengan dalam satu bulak/zona, para petani mesti kompak untuk melakukan penyemprotan. Entah apa yang dilakukan si wereng ini, yang mana bulir padi menjadi tidak berisi, atau gabug istilah dari kami. Serangga yang punya kemampuan pertahanan diri dengan menyemprotkan atau mengeluarkan bau yang tidak sedap/ bau yang menyengat ini hinggap di bunga-bunga padi, mungkin mereka meyerap sari pati dari pada bulir padi muda tersebut yang mengakibatkan bulirnya jadi kosong.

***

 

Selanjutnya adalah hama burung pipit yang memakan bulir-bulir padi muda. Boleh jadi, bagi mereka, bulir-bulir padi muda terasa empuk dan manis. Yaa sepertinya memang begitu sih, padi muda bila di rasa memanglah terasa manis dan empuk pastinya. Itulah mengapa gerombolan burung pipit gemar memakan bulir-bulir padi muda tersebut. Cara mengatasinya dengan mengusirnya. Petani memang harus rajin & telaten untuk mengusir sekawanan burung pipit tereebut, karena mereka datang tidak mengenal waktu, mereka daang di pagi, siang dan sore, atau sepanjang hari.

 

Advertisements

2 thoughts on “Hama Padi Saat Berbunga & Bulir Muda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s