Ilustrasi penipuan
Ilustrasi penipuan

Kembali terulang modus(modal dusta) penipuan yang hampir bahkan sama persis motif dengan yang saya alami beberapa waktu yang lalu, hanya beda item barangnya saja. [Dan masih ada 1 teman lagi yang mengalami hal yang sama, ini baru saya tunggu kirma tulisan nya]

Percobaan penipuan kali ini dialami oleh (teman blog) bpk. Herman selaku pemilik/ pengusaha kayu pemilik/Owner cv.artha dwibuana, yang berdomisili di Jambi- Sumatera

Berikut ini adalah kronologis penipuan yang mengatas-namakan pt.arutmin-kalsel.

DATA:
Penipu mengaku bernama Ir.Alief Amri
Mengaku memiliki Jabatan sebagai Kadiv purchasing pt.arutmin,Jl.A.Yani Km 123,asam-asam,jorong,tanah laut,kalsel.
emailnya :arutminindonesia6@gmail.com

Supaya lebih jelas, saya pakai inisial sebagai berikut:
P :Penipu (pria dari suaranya ,dapat di ketahui umurnya sekitar 50-60th an)

No.hp sekaligus whatsaap penipu: 082233452863
S: Saya ,hermansyah ,pebisnis kayu .beralamat di http://www.arthadwibuana.com

Berikut kronologisnya:

Pada hari selasa pkl.01.53 pagi ada whatsapp masuk ke hape saya.

P : “bisakah kami meminta gambar contoh papan”
Tidak ada balasan,saya masih tidur.

Pagi hari,Pkl.07.02 ,kembali ada pesan WA dari si P:

P:”Kami membangun komplek perumahan karyawan perusahaan kami.perkenalkan saya ir.Alief amri. Kadiv purchasing pt.arutmin,Jl.A.Yani Km 123,asam-asam,jorong,tanah laut,kalsel.email:arutminindonesia6@gmail.com.silahkan kirim foto-foto kayu anda ke saya”

Si P lalu mengirimkan foto-foto kantor arutmin,
Pada saat jam 7 pagi kebetulan saya sudah berada di samsat jambi,karena kebetulan ada sesuatu yang harus saya urus. Ketika melihat pesan WA tersebut sekilas saya senang tapi juga insting bisnis saya muncul.ada beberapa kejanggalan:

  1. menghubungi saya tengah malam jam 1 malam melaui whatsapp.
  2. seorang professional perusahaan menghubungi saya sebelum jam kerja di mulai
  3. menghubungi saya tidak menggunakan nomer telp kantor (fixed number),tetapi menggunakan seluler dan hanya melalui WA saja.

 

Dari sini saja saya udah mulai curiga,tapi saya tetap focus,teliti,dan waspada

Lalu saya balas WA tersebut dengan mengirimkan contoh-contoh kayu yang saya miliki.
Percakapan berlanjut.

S: perkenalkan saya pak hermansyah,Owner cv.artha dwibuana,berdomisili di jambi dan memiliki tim penjualan untuk area Jakarta.Jadi,apa yang bias saya bantu?”

P:”Perusahaan membutuhkan kayu untuk bahan pembuatan rumah sebanyak 70 ruma dengan tipe berbeda,dengan bahan kayu utama merbau,jati dan mahoni,karena rata-rata karyawan berasal dari jawa “

Saya belum membalas…

P:” pak herman ini kebetulan jam 7 saya sedang rapat masalah ini jadi tolong kirimkan daftar harganya ,supaya bias cepat di proses data-datanya”.

Saya mulai curiga,ketika sedang rapat ,sebagai kadiv dia malah sibuk wa an dengan saya,seorang kadiv arutmin perusahaan besar,tapi ketika rapat malah sambil main-main hape. Pesan kayu ke saya yang notabene jauh di jambi,dan dia tau itu.apakah Kalimantan gak punya kayu dan dia gak punya rekanan di Kalimantan.aneh banget.Sampai sini bertambah kecurigaan saya.

lalu saya pancing:
S:” baik pak,saya tidak bisa secepat itu memberikan informasi harga kayu sampai di arutmin,karena saya harus hitung cost dahulu,biaya transfor,dll.

P: “kasih gambaran kasar aja pak,kebetulan pas rapat ini biar deal kita”

Di sini saya hampir yakin kalau ini udah penipuan.lalu saya pancing lagi:

S:” gimana kalau rumah nya saya buat semuanya,biar saya yang borong,jadi bapak terima bersih,terima kunci aja.

P:” itu lebih bagus pak,tolong saya di informasikan berapa harga 1 rumah nya?

S:”Saya mesti tau dulu sketsa bangunan,komposisi kayu,system pembayaran,dll,jika semua sudah tau nanti biar orang saya yang itung,supaya bias tentukan harga 1 rumahnya berapa.jadi bapak mesti kirimkan sketsa dulu.

P:”Baik pak,tunggu sebentar

Lalu tidak lama masuk gambar sketsa dan contoh rumah yang di pesan. Cepet banget penipu ini.lalu saya copy gambar sketsa dan foto ,gak taunya dia ambil foto dan sketsa itu dari google.untuk memastikan dia bohong lalu saya Tanya

S: “pak ini sketsa nya apa udah betul ya,soalnya mau di hitung rincian biayanya oleh tukang saya.apa tim bapak membuat sketsa ini atau baru gambaran umum aja,soalnya saya harus hitung detail dan rinci?
P:” ya pak ini lagi rapat dan tim saya langsung yang buat.

Wah di sini udah ketahuan bohong.lalu dia banyak sekali mengirim pesan ke saya,tujuannya membuat saya terpengaruh dan terburu-buru ngambil keputusan. Padahal saya sedang sibuk browsing di google nyari info penipuan atas nama arutmin,dan ternyata banyak sekali info di google.

Dia masih banyak kirim foto-foto pesan dan lain-lain karena kebetulan jam 9 samsat udah buka dan petugas udah pada hadir. Lalu saya balas wa nya.dengan bahasa yang membuat dia senang

S:” pak saya sangat tertarik untuk proyek ini.setelah di itung tukang saya ,harga perunit kena Rp.150juta.mudah-mudahan harga masuk dan bapak bias atur proses selanjutnya untuk proyek ini.

P:”baik kalau gitu langsung saya dealkan kebetulan sebentar lagi ambil keputusan rapat,jadi akan saya putuskan sesuai dengan apa yang telah kita bicarakan.
*saya ketawa dalam hati aja.

Lalu seharian sampai sore ,sampai malam dia terus kirim-kirim pesan wa,yang intinya semua akomodasi saya dan tukang saya untuk pengambilan uang muka pembayaran dan survey lokasi perumahan di kalimantan di tanggung oleh pt.arutmin.
hanya saja saya harus transfer lebih dahulu,dan setelah sampai sana nanti akan di ganti semuanya.
Setiap permintaan dia saya iyakan saja,sehingga permintaan dia menjadi-jadi.
saya bilang saya sama tukang yang akan survey ke sana pak,sekitar 5 orang. Berapa totalnya biar saya transfer dan tolong kirim rekeningnya. Lalu dia menyebut angka 20juta termasuk biaya admin,biaya penjemputan dll

Singkat cerita,Sekitar pkl.21.00 pesan kembali masuk
P:” malam pak,jadi gimana kapan mau transfer? Oh ya kalau sudah mau transfer nanti saya kirimin nomer rekeningnya

Berhubung saya udah bosan dan sudah senang juga karena seharian dia nelpon-nelpon juga ke hape saya,dan semakin saya buat penasaran terus seharian..akhirnya saya balas.

S:”sudah ya pak,berhenti main-main nya. Saya dekat dengan mabes. Sampai jumpa di mabes dalam beberapa waktu kedepan.

P:” terus kalau dekat denga mabes mau nangkap saya?”’

Lalu banyak sekali pesan-pesan masuk intinya kata-kata provokatif,sok paling alim,dan teknik aneh2 lainnya .yang tidak saya tanggapi. Saya tinggal tidur aja.

Oh ya masalah ini sudah saya sampaikan juga ke komunitas pengusaha kayu dan teman di mabes,skarang dalam proses .kalau udah tertangkap.kita posting foto nya di kolom komen ini.

oh a pas siangnya saya sempat cek kebenaran denga telpon kek akntor artumin di jakarta,dan di jawab pihak arutmin tidak benar yang demikian itu.emailnya saja salah ,masak perusahaan besar pakai gratisan gmail.

kalau ada penawaran yang mengatasnamakan arutmin langsung aja telpon kantor resmi
PT. Arutmin Indonesia
Alamat
Wisma Bakrie II Lt. 10 Jl. H. R. Rasuna Said Kav. B 2 Jakarta Selatan 10220
Telepon
+62-21-57946789, +62-21-57945678
Fax
+62-21-57945686, +62-21-57945688
Website
http://www.arutmin.com
Email

Sekian
Wassalamualaikum.

 

Demikianlah kisah nyata percobaan penipuan yang sepertinya sama persis yang pernah saya alami, semoga INI menjadi pengingat kita untuk selalu waspada….dan waspadalah…..?!!!

Advertisements