Nonton Yuuk…!!! Festival Wisata Gerobak Sapi 2016

salah satu gerobak di Lapangan Jodog.

salah satu gerobak di Lapangan Jodog.

Gerobak merupakan alat transportasi tradisional jaman dahulu. Saat ini keberadaannya berangsur menghilang seiring datangnya alat transportasi modern semisal truk. Dahulu geribak digunakan untuk mengangkut barang-barang berat, bahan bangunan, hasil pertanuan dan sebagainya. Gerobak digerakkan atsu ditarik oleh dua ekor sapi, dan yang mengendalikan stau supirnya di sebut “Bajingan”.

Dan kini keberadaan gerobak hanyalah sebagai pelepas rindu alat transpirtasi dimasa lalu, hanya sebagai pajangan di depan rumah. Namun begitu masyarakat Bantul dan sekitarnya, di beberapa (3-4) tahun terakhir ini, melestarikan keberadaan gerobak, mereka memesan gerobak baru yang konon harganya kisaran 40 juta. Dan untuk merekatkan silaturahmi antar pemilik gerobak di Bantul dibuatlah beberapa paguyuban pemilik gerobak.

Dan semakin hari semakin ramai(bertambah banyak) akan keberadaan gerobak sapi ini. Maka dibuatlah acara Festivalnya. Ini juga telah berlangsung setidaknya dua tahun terakhir. Dan untuk tahun 2016 ini kembali digelar Festival Wisata Gerobag Sapi 2016 dengan tajuk “ Semarak Keistimewaan “.

Festival ini akan dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 24-25 September 2016 di Stadion Sultan Agung Bantul.

Pada hari Sabtu acara akan dimulai jam 15.00 WIB, sedang hari Minggunya akan dimulai jam 07.00 – selesai.

Selain melestarikan keberadaan gerobag sapi, festival ini juga untuk mendukung dunia kepariwisataan di DIY. Festival ini akan dimeriahkan dengan  Karnaval Gerobag Sapi, Rembug Bajingan dengan Sri Sultan HB X, Aneka Lomba Gerobag Sapi dan Umum seperti foto dan selfie.

Bagaimana tertarik untuk melihat nya bukan?? Kunjungi saja di halaman Stadion Sultan Agung /Stadion Pacar akhir pekan ini yach….

 

Sumber: Disbudpar-Bantul

.

Advertisements

7 thoughts on “Nonton Yuuk…!!! Festival Wisata Gerobak Sapi 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s