Menikmati Puncak Merapi Dari Klangon

Gardu Pandang Klangon

Gardu Pandang Klangon

Keindahan panoraman puncak memang menawarkan sejuta pesona, segarnya udara…dan melihat dari dekat puncak gunung. Itulah yang kita dapatkan bila kita menyambangi Klangon, sebuah kawasan di kaki gunung Merapi dari sisi tenggara.

Boleh dibilang Klangon merupakan wilayah terluar dan tertinggi di Jogja yang di huni orang, selepasnya hanya hutan dan menuju puncak merapi. Klangon masuk distrik atau kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman dan berbatasan dengan Wilayah Klaten Jawa Tengah.

Lokasi Klangon memang  merupakan sebuah perbukitan dan paling ujung yang bisa dikendarai oleh kendaraan, selebihnya akan mulai naik ke gunung.

Istimewa nya Klangon dengan adanya Gardu Pandang, yang mana bilamana alam mengijinkan yakni cuaca cerah dan minus kabut maka kita bisa memandang puncak gunung Merapi dari dekat.

Sebuah gardu pandang menjulang sekitar 5 meter tersebut merupakan donasi dari Rotary Iternasional ini, menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Puncak merapi seakan berada didepan mata, juga kita bisa memandang sekeliling dari tempat atas. Disamping itu, kita juga bisa hiking, berjalan menyusuri hutan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

Saat ini Kawasan Klangon menjadi lokasi favorite bagi para biker penunggang sepeda gunung(Mountain Bike/MTB), iya disana telah lama di bangun lintasan track untuk downhill maupun enduro.

Seperti halnya tempat wisata, Klangon dilengkapi dengan fasilitas umum, semusal kamar kecil kamar mandi dan tempat ibadah sholat, sepertinya juga cocok untuk kita berkemah disini. Untuk tiket masuk sepertinya tidak ada , hanya bayar parkir saja.

 

Untuk lokasi anda bisa lihat di googlemap ,, mudahnya sih, dari jln raya Solo, yakni sebelah barat candi Prambanan kita ke utara, melalui jalan Propinsi, terus ikuti saja jalan itu, sekitar 15-20km.

Oke selamat berlibur yach…mungkin Klangon menjadi destinasi wisata and saat ini….

Advertisements

6 thoughts on “Menikmati Puncak Merapi Dari Klangon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s