Gunungan bakpia - tribunjogja
Gunungan bakpia – 

Bakpia merupakan makanan/cemilan khas Yogyakarta, berupa kue semi basah isian yang awalnya berisi kacang hijau, namun seiring perkembangan zaman dan kreasi , kini bakpia diisi oleh beragam rasa, ada umbian, buahan dan lain sebagainya. Dan bakpia jadi ciri khas makanan ringan Yogyakarta yang layak dijadikan untuk oleh-oleh.

Untuk lebih memperkenalkan dan juga rasa syukur akan bakpia yang menjadi penghidupan bagi sebagian warga masyarakat Jogja, maka digelarlah acara “Merti Bakpia”. Yakni ribuan bakpia siap dibagikan ke masyarakat umum.

Untuk lebih menarik maka ribuan bakpia disusun menjadi bertingkat atau gunungan. Akan ada  5 gunungan sesuai penyelenggaraan acara ini yang telah berlangsung tahun ke 5.

Di setiap gunungan, terdapat setidaknya terdiri dari 3.750 bakpia. Selain bakpia pada gunungan, sekitar 200 pengusaha bakpia membagikan pula secara gratis produknya. Sehingga jumlah bakpia yang dibagikan mencapai ribuan.

Tak jauh dari konsep tahun lalu, nantinya 5 gunungan bakpia itu akan diarak pada pukul 15.00 WIB melalui Jalan KS Tubun-Jalan Letjend Suprapto, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Bhayangkara, dan kembali lagi ke Jalan KS Tubun. Lima gunungan itu dibagi 5, gunungan lanang, gunungan wedok, dan 3 gunungan anak.

Untuk menghindari bakpia yang tidak merata, dan mubadzir maka ada antisipasi dari panitia, dengan membungkus bakpia tersebut dengan plastik dan melemparkannya agar yang berada di belakang bisa kebagian.

Panitia Merti Bakpia, Indro Kriswantoro menyampaikan pada saat pengarakan, gunungan diiringi 13 RW dan penampilan reog. Sebelum pengarakan dilakukan, pihaknya juga melakukan bazaar potensi kuliner dan kerajinan, pada 17 September.

Terus Kapan dan dimana bakpia di perebutkan?

Bakpia akan diarak dan dibagikan pada Minggu (18/9/2016) mendatang, sekitar pukul 15.00 WIB dengan rute melalui Jalan KS Tubun-Jalan Letjend Suprapto, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Bhayangkara, dan kembali lagi ke Jalan KS Tubun. Nah di depan bekas pabrik tegel dan kunci yang terletak di Jalan KS Tubun inilah bakpia akan dibagikan.

 

Sumber : tribunjogja

Advertisements