Bakso kuah bikinan sendiri...kuahnya
Bakso kuah bikinan sendiri…kuahnya

Hari Raya Idul Adha atau hari Raya Haji atau juga Hari Raya Qurban, di hari tersebut ada prosesi penyembelihan hewan Qurban, baik berupa kambing, domba, sapi maupun onta. Tapi lazimnya di wilayah kita ya sapi ataupun kambing/& domba.

Nah di hari hari tersebut, baik yang ber-qurban maupun tidak pastinya kebagian daging qurban. Lambat-laun kian banyak yang ber-qurban maka pembagiannyapun semakin bertambah banyak, apalagi yang ikut berqurban, setidaknya ada bagian 5-6 kilo gram daging.

Dan karena ada metode berqurban dengan cara berkelompok/ rombongan, yakni Sapi 1 untuk 7 orang, maka semakin melimpahlah daging yang kita terima, terlebih daging sapi. Dikarenakan banyak yang berqurban dengan sistem berkelompok. Dan saat ini prosentasenya banyak sapi dari pada kambing untuk qurban.

Lalu diapakan nih daging yang melimpah, diolah apa? Ada yang suka bikin sate, dimasak dengan santan, rendang, digulai, tongseng. Namun jika dimasak begitu khan ternyata terasa eneg, sekali makan sueah deh terasa sudah bosan, mblenger, atau ke-bau-bau-an lah.

Nah ada alternatif nih bagi yang mempunyai daging sapi masih banyak dan melimpah, anda bisa membikinnya menjadi bakso.

Tapi disini saya tidak memberi tip akan cara pengolahan menjadi bakso loh. Saya hanya menyarankan kita suruhkan saja dibikin bakso pada warung bakso yang ada di sekitar wilayah kita. Ya tidak semua warung bakso mau sih kita suruh atau nitip untuk dibikinkan bakso, tapi pasti ada lah yang mau.

Dengan bikin/dibuat  oleh ahlinya pasti ada jaminan rasa dan tekstur yang bener-bener bakso. Tidak seperti bikinan  kita sendiri, yang kurang pas campuran adonannya, dan yang parahnya malah jadi amburadul.

Untuk wilayah sekitar saya sih untuk 1 kilogram daging sapi jika ingin dibuatkan bakso, atau kami mengistilahkan ‘Ndandakke’, maka kita membayarnya 25 ribu rupiah. Dihari berikutnya jadi deh bakso kita, tinggal kita membuat kuahnya. Bakso siap disantap….hmmmmm lezat & nyummmy pastinya…..

Untuk 1 kilogram saging sapi maka akan jadi sekitar 50/bulatan bakso berdiameter 4 cm atau sebesar bola pingpong. Atau bisa jadi dua kali lipat perkilogramnya.

Gimana tertarik…???? Buruan geh di bikin bakso,  jangan lama-lama dagingnya disimpan di lemari es, katanya kurang taste nantinya.

 

Advertisements