“Merti Desa” Dusun Sabrang Sumbermulyo Bambanglipuro

Aneka hasil bumi/tani yang dibuat gunungan

Aneka hasil bumi/tani yang dibuat gunungan

Saat kemarin lewat di jalan Joilayan-Patalan, tepat di suatu gang masuk dusun Sabrang, sepertinya terlihat lebih meriah, ada banyak umbul-umbul (bendera warna-warni), dan terlihat lebih bersih, cat-cat tembok pagar bumi dan gapura yang diperbarui.

Setelah dapat info, ternyata dusun yang masuk wilayah desa Sumbermulyo, kecamatan Bambanglipuro ini akan mengadakan ‘Merti’ dusun atau bisa diistilahkan ‘bersih desa’

Yang mana bisa diartikan Merti dusun atau ada yang menyebut merti desa/dekahan adalah sebuah ungkapan syukur atas anugerah rejeki, kesehatan, dan banyak hal  yang telah diterima masyarakat dan permohonan untuk masa depan.

Dan beberapa acara yang akan digelar di susun Sabrang, dimulai dengan bebersih makam dan nyekar leluhur pada Jumat 16 September 2016. Dilanjutkan esok harinya Sabtu, 17 September 2016 dengan Kirab Budaya mengelilingi dusun yang akan dimulai jam 13.00 WIB. Pada kirab ini akan diusung Jodhang hasil bumi. Pada hari yang sama, setelah kirab akan dilanjutkan dengan doa dan kembul bersama.

Dan pada hari Minggu, 18 September 2016 mulai jam 20.00 WIB,  sebagai penutupan merti dusun, akan dipentaskan wayang kulit semalam suntuk dengan Lakon “Dewa Kathong” dengan Dalang Ki Seno Nugroho. Sebagai bintang tamu adalah Marwoto dan Yu Beruk.

 

Nah bagi pecinta wayang ada kesempatan nih buat nonton wayang dengan dalang  yang sedang moncher/terkenal di Bantul dan sekitarnya.

 

Sumber : Disbudpar-Bantul

..

Advertisements

2 thoughts on ““Merti Desa” Dusun Sabrang Sumbermulyo Bambanglipuro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s