Ingat..! Busi Juga Bisa Mati

Busi          (www.hondacengkareng.com)

Busi (www.hondacengkareng.com)

Hal yang sepele namun bisa dadi gawe (berabe/fatal). Seperti yang saya alami kemarin sewaktu akan berangkat kerja, motor dari rumah sampai berjarak sekitar 2-3 km menddak motor mati seperti kehabian bensin, padahal seingat saya bensin masih, bar fuel masih menunjukkan posisi jarum ditengah, tanda bensin masih banyak, setidaknya setengah tanki.

Duh ada apa nih si motor supra fit kesayangan tetiba ngambeg ditengah perjalanan. 

Sedikit kalut dan bingung, mencoba di slah pakai engkol dan di starter tetap tidak mau hidup…mencoba membuka tutup bensin , siapa tau angin tersumbat, tetap tidak mau menyala tu motor.

Semakin kalang kabut seiring berjalannya waktu, dimana sepagi itu (pukul 5:30 ) bengkel juga pasti belum ada yang buka, dan kebetulan terhenti bukan di zona tidak dekat dengan bengkel atau rumah penduduk. Motor mau dititipkan ke siapa juga tidak ada..yang nantinya bisa nebeng teman atau naik angkot.

Ya sudahlah menyerah, terputuskan untuk tidak berangkat kerja, dan menunggu bantuan dari keluarga dirumah, yang sedari tadi dihubungi tidak bisa.

Setelah pikiran agak tenang, bisa saya pastikan problem ‘ngambegnya’ si motor kesayangan pasti ‘busi’nya mati. Dah nunggu  bantuan datang saja, sambil merenungi yang ada.

Setelah beberapa saat tibalah bantuan datang, pengennya tadi tuh ditelpon dulu apa yang mesti di butuhkan, dan saya suruh beli busi sekalian. Eee datang dengan tangan hampa….Ya sudah, saya mencoba membeli busi dari beberapa bengkel ataupun toko sparepart motor, tapi belum ada buka, masih jam 7 pagi. Setelah beberapa saat mencari Alhamdulillah akhirnya ada juga bengkel kecil yang buka, setelah ditanya juga ada businya. Ada varian harga 10 ribu 13 ribu dan 15 ribu, saya mengambil yang terakhirlah yang paling mahal. Langsung deh kembali ketempat  motor mogok. Dan setelah siganti businya , jreng…jreng…jreng….si supra fit yang terlahir tahun 2005 ini kembali menyala.

Mmm…jadi teringat beberapa waktu lalu, ada suara motor meletup, ada seperti suara meledak yang sepertinya suara keluar dari knalpot. Dan Performa motor juga terasa menurun, hmmmm mungkin ini tanda-tandanya busi akan mati.

Well, itulah pengalaman pribadi saya, dan mengingatkan semuanya saja(pengguna motor) bahwa busi juga bisa mati, jadi jika motor anda mengalami seperti halnya diatas, yakni motor tiba-tiba mati mendadak seperti kehabisan bensin, kemungkinan besar businya mati. 

Saran saya sih untuk selalu menyediakan cadangan busi baru yang kita sematkan di bagasi motor,  jadi begitu busi mati, tinggal menggantinya saja. 

 

Advertisements

3 thoughts on “Ingat..! Busi Juga Bisa Mati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s