Salah satu sungai di sebelah barat dusun Bondalem yang sedang direvitalisasi
Salah satu sungai di sebelah barat dusun Bondalem yang sedang di normalisasi

Saat ini (setidaknya kurun waktu 5 tahun terakhir) menurut pengamatan saya pemerintah Kabupaten Bantul dalam hal ini Dinas Sumber Daya Air (SDA) Bantul banyak memperbaiki saluran air, dengan membangun talut atau tanggung saluran air kelas menengah untuk kebutuhan irigasi pertanian di Bantul bagianTengah-Selatan..

Seperti misal saluran air sebelah Barat dusun Bondalem Sumbermulyo Bambang Lipuro, yang mana saat ini sedang dalam masa pengerjaan. Sebelumnya saluran air ini begitu dangkal. Jadi bila mana musim penghujan datang dan hujan turun semalaman, maka daerah sekitar akan banjir. Dengan begitu akan menghambat pertanian, bahkan terkadang menggagalkan panen. Pembangunan saluran air ini dari Pemerintah DIY, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi Dan Sumber Daya Mineral.

Awalnya sungai/aliran sir inindangkal dan sempit
Awalnya sungai/aliran sir ini dangkal dan sempit

Air sangat vital bagi pertanian, jika bisa_air mengalir setiap saat. Tidak kekurangan air / kekeringan disaat musim kemarau, dan kelebihan air/ kebanjiran dimusim penghujan.

Maka perlu normalisasi saluran air yang ada, dan ini telah terbukti nyata akan revitalisasi atau pembangunan ulang saluran air seperti di Barat dusun Bondalem tersebut. Dengan panjang saluran sekitar 1000 meter menggunakan biaya dari dana 2,4 milyar.

Berikut rincian dari dana yang tertera;

Jumlah biaya revitalisasi saluran air
Jumlah biaya revitalisasi saluran air

…..

Disamping itu, juga sungai-sungai yang adapun, demisal sungai winongo kecil, besar di perbaiki bila ada dindingnya yang rusak.

 

Dan untuk  menunjang kegiatan normalisasi saluran irigasi dan kegiatan perawatan saluran irigasi, Dinas SDA Bantul membeli 1 (satu) unit mini hydraulic excavator (back hoe) merk Caterpilar type 304E CR. Dengan hadirnya alat berat ini diharapkan semakin memperlancar saluran-saluran irigasi yang menjadi kewenangan Kabupaten Bantul. Sesuai motto Dinas SDA Bantul “Air mengalir sampai jauh, petani tidak mengeluh”. (Dinas Sumber Daya Air Bantul)

Exavator milik Dinas SDA Bantul
Exavator milik Dinas SDA Bantul

Yach, semoga dengan itu semua, pertanian di Bantul tambah meningkat hasilnya, dan menambah makmur petani Bantul.

Advertisements