Ilustrasi Mall - www.sebandung.com
Ilustrasi Mall – http://www.sebandung.com

Mengabadikan suatu moment dengan kamera memanglah mengasyikkan…namun hal ini jangan anda lakukan di saat anda berada di dalam sebuah Mall/ pusat perbelanjaan. Terlebih sudah ada tandanya gambar kamera diberi tanda silang(X), sudah deh don’t do it…

Lha kenapa?

Karena ruangan/interior di dalam Mall mempunyai Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Seperti yang dituturkan oleh Djoko Tjatur selaku General Manager (GM) Galeria Mall , “Interior di dalam mall dirancang sedemikian rupa oleh perancangnya, sehingga memiliki hak cipta yang tidak boleh diambil orang lain. Sehingga dikhawatirkan saat pengunjung memotret dalam mall akan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik,”

Pak Djoko juga sempat ada cerita akan hal ini saat berkunjng ke Singapura, Awalnya ia pergi bersama rombongan, namun kemudian dirinya berpisah untuk mengambil dokumentasi interior mall di Singapura. Tidak berselang lama, Djoko dipanggil sekuriti untuk diminta keterangan dan menghapus foto-foto yang telah diambil tadi.

 

“Saya bilang saya adalah tamu manajer, setelah dikonfirmasi, foto tersebut tidak jadi dihapus,” tambahnya sembari terkekeh. Meskipun begitu, Djoko akan melihat situasinya jika ada pengunjung yang mengambil dokumentasi. Jika hanya selfie tidak masalah, begitu pula untuk keperluan penelitian dan hal-hal yang sudah memiliki izin.

Jadi perlu nih hati-hati jika kita di dalam Mall, tidak bisa seeanaknya ambil gambar cekrek…cekrek…ntar malah dipanggil Satpam bisa berabe & malu khan…

 

 

 

Sumber : krjogja

Advertisements