Dibalik Dunia Maya Yang Tanpa Ruang, Ternyata…

Ilustrasi kinerja pusat data - www.netsindo.com

Ilustrasi kinerja pusat data – http://www.netsindo.com

Taukah anda jika di balik dunia maya(internet) yang seakan tanpa(tidak butuh) ruang,  ternyata membutuhkan ruang didunia nyata yang sangat luas dan ragam teknologi canggih untuk implementasinya.

Diera modern saat ini, jika kita membutuhkan sebuah informasi yang cepat maka lewat dunia mayalah solusinya. Informasi maupun ilmu apa saja yang kita butuhkan tersedia gratis di dunia maya/internet lewat sebuah mesin pencari.

Dan sebuah mesin pencari tersebut ternyata jika diartikan ke dunia nyata bisa kita sebut dengan sebuah perpustakaan. Aneka informasi/berita-berita beragam ilmu yang bisa berwujud tulisan, gambar, foto dan video, seperti di dunia nyata, juga butuh ruang nyata untuk menyimpannya. Dan ruang penyimpanan tersebut disebut dengan pusat data(data center).

Semua platfrom/ mesin pencari, media sosial, butuh akan pusat data sebagai implementalasi-nya. Terus apa sih pusat data itu? Pusat data mudahnya adalah sebuah perpustakaan bagi para platform atau mesin pencari. Keberadaannya memanglah di rahasiakan  dan tertutup untuk umum. Wujud nyatanya  seperti sebuah bangunan besar seperti sebuah bangunan pabrik, yang didalamnya ada banyak jaringan atau kisi-kisi penyimpan data yang hidup’ atau selalu terhubung dengan internet. Atau lebih jelas nya bisa anda baca klik disini.

 

Sebut saja ‘google’ sebuah mesin pencari internet yang paling terkenal & familiar, google setidaknya memiliki 8 pusat data (data center) yang berada di beberapa negara. Yang mana 1 pusat data tersebut besarnya sama dengan sebuah pabrik tekstil yang mempekerjakan 2000 karyawan.

Dan media sosial paling terkenal dan paling familiar yakni facebook mempunyai pusat data sebanyak 4 -6 pusat data yang juga berada di beberapa negara.

 

Hmmmm…..Tidak terbayangkan dibutuhkan biaya sebesar apa bagi google maupun facebook untuk operasional dari semua pusat data nya. Padahal kita-kita sebagai pengguna digratiskan untuk membuka google maupun facebook, gratis selama nya katanya.

Ruang di dalam pusat data google - www.dankerizer.com

Ruang di dalam pusat data google – http://www.dankerizer.com

Advertisements

7 thoughts on “Dibalik Dunia Maya Yang Tanpa Ruang, Ternyata…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s