Maverick Vinales di atas Suzuki GSX-RR saat pengujian di Valencia
Maverick Vinales di atas Suzuki GSX-RR saat pengujian di Valencia

Wuih sebuah tontonan balap yang menakjubkan di seri 12 balap motogp 2016 di sirkuit Silverstone – Inggris Raya yang dihelat tadi malam pukul 21.30 WIB.

Maverick Viñales (Team Suzuki Ecstar) pembalap muda usia 21 tahun ini mampu mengalahkan para jawara, dan memimpin di depan dari awal lap hingga bendera finish dikibarkan.

Dengan kemenangan Viñales ini mampu mengembalikan kepercayaan publik akan Suzuki yang selama 9 tahun tidak mampu juara semenjak ditunggangi oleh Cris Vermuelen disaat memenangi balap ‘basah’ sirkuit Le Mans Perancis 2007. Dan sekaligus menunjukka kedigdayaan Suzuki di ajang balap MotoGP.

Berikut jalannya balapan….

Viñales menyentuh garis finish 3 detik lebih didepan Cal Crutchlow (LCR Honda) and Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP).

Ada drama di lap pertama di mana gelar yang bertajuk Octo British Grand Prix, sempat diguyur hujan membasahi lintasan pada saat sesi ‘warm up’ di pagi hari. Namun cuaca berubah kering selama balapan. Begitu lapu merah padam/tanda balap dimulai, Maverick Viñales langsung didepan, sebelum insiden antara Loris Baz dan Pol E spargaro yang keduanyamegalai kecelakaan yang begit berari juga menjadikan sirkuit sedikit berantakan hingga akhirnya bendera merah dikibarkan, kedua pembalap dilarikan kenpusat medikal.

Lalu balapan diulang, restart dalam baris depan ada Crutchlow, Rossi dan Viñales mereka berebut osis terdepan. , Crutchlow sempat berada didepan sebelum akhirnya Viñales merebutnyasa memimpin.

BeradBerada didepan jauh (setidaknya selisih 3 detik)_ Marquez memimpin deretan lima motor dari Rossi, Crutchlow, Andrea Iannone dan Pedrosa. Jorge Lorenzo mwngalami kesulitan balap dimana dia berada di posisi 8, meskipun dia mempesona di sesi sebelum nya.

Iannone mampu menyusul.di barisan grup depan, menambah ketegangan antara Crutchlow Rossi dan Marquez. Dengan karakter balapan yang keras dan beberapa gerakan salip-menyalip yang hebat. Marquez sempat memotong jalur saat duel dengan Rossi, tapi akhirnya Marquez melebar dan malah turn posisi dibelakang rekan satu teamnya Pedrosa. Sempat beberapa saat terjadi duel apik antara duo honda repsol ini yang seakan menunjukkan akan kekuatan motor yang sama, namun akhirnya dimenangkan oleh Marquez. 

Andrea Dovizioso finish ke-6, dan mejasi pembalap yang kuat meskipun mengalai dua kali lukavlututnya saat sesi di awal even. Aleix Espargaro pebalap kedua dari team Suzuki Ecstar finish posisi 7, Lorenzo meyentuh garis finish ke 8_ disusul Danilo Petrucci dannAlvaro Bautista…keduaya melengkapi 10 besar.

Pembalap tua rumah Scot Redding yang terakhor menyentuh garis finish, dan pembalap pengganti yakni Alex Lowes finish di posisi 13 diatas motor Monster Yamaha Tech3, pertama kali tampil di MotoGP.

 

 

….

Advertisements