Petani Dari Sewon-Bantul “Bp. Sudiman” Meraih Panghargaan Tingkat Nasional 2016

Bp. Sudiman Imam Suyuti

Bp. Sudiman Imam Suyuti

Sebuah kabar menggembirakan dari dunia pertanian di Bantul yang mana sosk petani dari desa Pendowoharjo, Sewon Bantul. Dialah Bp. Sudiman Imam Suyuti, sosk petani yang menggebrak sistem bertani konvensional dengan mengembangkan sistem tanam padi, pemupukan dan penanggulangan hama yang modern dan ramah lingkungan.

Dan beliau berhasil dengan metode baru tersebut hingga meraih penghargaan Tingkat Nasional sebagai Petani berprestasi 2016, pada tanggal 5 Agustus 2016.

Berikut berita selengkapnya yang saya kutip dari bantulkab.go.id,

Berdasarkan Surat Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian RI Nomor 6856/KP.590/I/88/2016 tanggal 5 Agustus 2016, salah satu petani dari Kab. Bantul yaitu Sudiman Imam Suyuti , menjadi salah satu Penerima Penghargaan Tingkat Nasional Tahun 2016 di Istana Negara Jakarta dalam kategori Petani Berprestasi dari DIY.

 

 

 

Dalam usahanya sebagai seorang seorang perintis petani padi sehat yang berhasil dari Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, mengelola usaha pertanian dengan luas garapan 2,5 ha yang untuk usahatani padi sehat. Beliau juga telah mencapai sejumlah keberhasilan, antara lain sukses mengembangkan tanam padi Tajarwo yang semula dari 1 Ha menjadi 4 Ha dan di kelompoktaninya sendiri sudah mencapai 100% tanam Tajarwo; produsen pupuk organik  Mikro Organisme Lokal (MOL) bonggol pisang kepok sebagai molase untuk Bio Aktivator dalam pembuatan pupuk organik untuk penunjang padi sehat; membuat pestisida nabati; melalui pendampingan petani padi sehat, mampu menaikkan pendapatan petani padi sehat/organik = 87 Kw/Ha Rp.43.500.000,- dan padi konvensional 72 Kw/Ha Rp.28.800.000,-.

 

 

 

Budidaya padi sehat merupakan cara bercocok tanam padi ramah lingkungan dengan mengurangi/tanpa menggunakan bahan-bahan kimia buatan seperti pestisida atau herbisida dan diganti dengan pestisida nabati atau agensi hayati. Penggunaan pupuk kimia juga dikurangi sebanyak mungkin dan diganti dengan kompos jerami atau pupuk organik. Untuk menjaga kualitas produk padi sehat, Bp. Sudiman membuat sumur-sumur untuk memenuhi kebutuhan air irigasi. Varietas yang dibudidayakan, diantaranya Mentik wangi, Pandan wangi, Sintanur, dan Mapan.  Padi yang dihasilkan lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi, kualitas nasinya juga lebih enak serta tidak cepat basi.

 

 

 

Bp. Sudiman pun telah menjalin kemitraan usaha, antara lain : padi sehat dengan Green House Yogyakarta, Gapoktan Gemah Ripah, dan memasok beras sehat ke komplek perumahan di Desa Pendowoharjo; untuk pupuk organik dengan Bumi Lestari Desa Pendowoharjo; usaha ayam goreng dengan Wiyono Dusun Ngimbang.

 

 

 

Beliau juga berperan aktif di organisasi, sebagai Sekretaris di Kelompok Tani Sedyo Mukti, sebagai Pengawas PUAP di Gapoktan Gemah Ripah, anggota LPDM, Petani pemandu Desa Pendowoharjo, Pengurus GP3A Mardiko Kanan, serta Ketua ranting NU Pendowoharjo.

 

 

 

Dengan terpilihnya para penerima penghargaan diharapkan dapat menjadi motivasi untuk senantiasa setia dan penuh dedikasi dalam memberikan kontribusi terhadap keberhasilan pembangunan pertanian.

Para penerima penghargaan dari seluruh Indonesia diundang untuk mengikuti Rangkaian Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71, dengan beragam acara yaitu selain pemberian Penghargaan oleh Menteri Pertanian RI, juga menghadiri Rapat Paripurna DPR-RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI, renungan suci di TMP Kalibata, upacara Bendera di Istana Negara dan silaturahi dengan Presiden RI di Istana Bogor. (PM/berbagai sumber)

Sumber: bantulkab.go.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s