Kisah Nyata : Bertemu Sosok Penipu Ulung-Penipu ‘Super’

Ilustrasi penipuan- www.w-eko.blogspot.com

Ilustrasi penipuan- http://www.w-eko.blogspot.com

Minggu ini saya mengalami satu hal yang sangat luar biasa. Baru kali ini bertemu/menemui sosok seorang yang amat sangat ulung menggiring saya pada opini & skenario-nya, dan akhirnya tanpa terasa masuk dalam perangkapnya, yang ujung-ujungnya ingin menipu.

Dia ini boleh saya sebut sebagai sosok penipu ulung atau ‘super’. Dengan kelembutan tutur katanya, dari sosok yang pantas disebut ayah/bapak yang katanya umur 60an. Penjelasannya yang begitu masuk akal, motivasi-motivasinya mampu menghipnotis saya untuk larut dalam skenario-nya’.

Tawaran mitra kerja yang begitu nyata dan menggiurkan  hingga membawa pikiran, perasaan, &angan-angan-ku terbang melayang.

Kenapa itu bisa terjadi menimpa saya??? Mungkin, ini satu resiko (maaf buka maksud sombong atau membanggakan diri)…dari seseorang yang dikenal oleh orang banyak, yakni melalui media blog. Yang mana sering menulis tentang sesuai dan juga menulis akan jati-diri si penulis.

Nah mungkin inilah sisi-sisi yang dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung-jawab.

∆∆∆∆

Mari silahkan disimak kisah nyata saya (tapi maaf agak paaanjaang ) beberapa hari yang lalu….

Kisah dimulai pada suatu malam takala hp ada sms masuk; Sebuah nomor baru ( +6285230724351)  ; pada 1 Agustus 2016 pukul; 19.14:

“Malam pak kusnanto..apakah benar bapak produksi cangkul?”

Sebenarnya Pertanyaan-pertanyaan seperti ini(mengenai hal yang menyangkut tulisan memang sudah biasa bagi para penulis/blogger.)

Lalu saya jawab; 19.38

“Selamat malam, bukan, saya hanya pembawa berita saja. “

Lalu sms berikut nya dari nomor tadi; 20.31

“Ini data dari kami Ir.Burhanudin kahar,kabag purchasing .PT ARUTMIN COAL MINING Jl.A Yani km 123.Asam-asam, Jorong Tanah laut ,Kalsel Ph branch offc 0511 4325007  email  burhankahar.arutmin@gmail.com”

Belum sempat membalasnya,  datang lagi sms- dari nomor tadi ; 20.31

Kami bermaksud memesan beberapa kodi cangkul dan garpu 3 mata..untuk operasional manual pengambilan batu bara yang tdk bisa dilakukan alat berat..

Kembali saya menjawab dengan nada yang masih sama: 20.48

“Baik bapak,sms anda sudah saya terima. Tapi maaf pak saya bukan pembuat cangkul, saya hanya seorang penulis, salah satunya pembuatan cangkul diwilayah sekitar saya.”

Sayapun menambahnya karena dia sempat menuliskan alamat email, dengan mengatakan; 20.52

“Biar lebih jelas bisa saya jelaskan via email pak?”

Tapi bapak yang mengaku Ir. Burhanudin kahar tadi menyela; 21.02

“Begini saja bapak,bisakah bapak membantu kami kepada pembuat cangkul ? Karena ini sifatnya mendesak.atau adakah contak person beliau”

Saya jawab , 21.04

“Baiklah pak, besok saya coba carikan contact person-nya. Atau sekiranya ada pembuat cangkul yang bisa dikirim ke Kalimantan.”

Ir Burhan… langsung membalas, 21.09

“Maksudnya pembuat cangkul yang dikirim? Kami memesan saja pada beliau, atau mudahnya bila bapak bisa menangani pesanan..jadi bapak atur semuanya atau bagaimana baiknya.”

Saya pun meralat sms yang memang salah, 21.12

“Eh iya betul, maksud saya gitu pak. Tapi apakah karakter cangkul dari Jogja cocok untuk pekerjaan tambang Pak”

Ir. Burhanudin pun menjawab , 21.15

“Justru cangkul pertanian yang kuat … ata sebentar kami telepon bapak dengan X*.. jadi kami ke kantor …karena penguat sinyal ada..”

Ir. Burhanudin, 21.16

“Mohon di tunggu 15menit”

Saya; 21.17

“Ow gitu ya..mungkin besuk pagi saja pak. Lha terus sistem jual-beli nya/ pembayaran bagaimana Pak?”

Tapi sepertiny Ir, Burhanudin telah beranjak menuju kantornya, 21.18

“Bentar Pak, lewat telepon saja.”

**

Beberapa saat kemudian Ir. burhanudin menelepon dengan nomor +6285932204642 pada 21.9 selama 8 menit 33 detik, menjelaskan misi untuk meminta saya mencarikan cangkul, garpu mata 3, & linggis untuk keperluan penambangan batu bara yang dilakukan secara manual/oleh manusia. Karena katanya alat berat tidak diperbolehkan masuk area yang dimaksud, dan hanya menggunakan alat ringan dan bertenaga manusia saja yang diperbolehkan. Konon jika menggunakan alat berat akan cepat merusak lingkungan. Dan Ir. Burhanudin secara menyeluruh menjelaskan akan kekuatan dari cangkul hasil pengrajin pande besi dibandingkan cangkul buatan pabrik.

Sayapun  telah tanggap akan pembicaraan, tapi sepertinya Ir. Burhanudin belum ingin mengakhiri pembicaraan, sedangkan waktu pulang kerja hampir tiba. Karena saya  pulang kerja pada pukul 22.00, sayapun menjanjikan untuk disambung lagi sekitar 30 menit lagi.

Sesuai janji saya, setiba dirumah karena ada rasa tidak enak, hanya beberes badan sebentar lalu sayapun sms ke +6285932204642 Ir. Burhanudin, 22.29

“Monggo silahkan dilanjutkan pak.”

Tidak ada respon sayapun sms ke nomor satunya +6285230724351; 22.27

“Monggo silahkan dilanjutkan pak.”

Lalu kembali melalui nomor +6285230724351 menelepon (pada 22.43, selama 11 menit 15 detik) masih suara yang sama Ir. Burhanudin suara yang enak didengar suara sosok orang yang sebaya dengan seorang ayah bagi saya, berumur sekitar 60-an, kembali menjelaskan akan pemesanan cangkul lewat saya. dan menjelaskan  akan sebuah pemberian proyek kepada saya untuk menjadi sebagai partner kerja perusahaan sebagai pemasok cangkul. Kaget bukan kepayang bagi saya, kaget/shock, seakan  tak percaya apa yang sedang ditawarkan, tapi saya masih bisa mengotrol diri. Karena masih bingung harus bagaimana. saya mengerucutkan pemikiran dan tidak memikirkan terlalu jauh akan sebuah proyek spektakuler ini.

Secara bergantian Ir. Burhanudin juga menggunakan nomor +6285932204642 menelepon saya (22.56, selama 22 menit 0 detik, juga pada 23.21, selama 5 menit 59 detik) yang secara terus menerus menjelaskan akan proyeknya, point pertama saya mencari harga pasti per batang cangkul dan mengukur kemampuan untuk bisa mencapai target membeli cangkul yang jumlahnya banyak sekali, kisaran 500-1000 cangkul, wow banyak sekali bukan??.

Sayapun tetap menjawab dan menegaskan untuk mencari tau harga dulu dan mengukur kemampuan pengrajin pande besi, apakah mampu memenuhi target. Saya juga belum mengiyakan untuk menerima proyek besar ini, tapi Ir Burhanudin antusias dan memberi motivasi kepada saya untuk mampu dan mau menerima order dari perusahaannya. yang-mana hal ini bagi saya dinilai suatu langkah awal untuk menambah penghasilan.

Lalu pembicaraan larut malam itu kami tutup dan ditutup dengan sms Ir. Burhanudin +6285932204642 , 23.31

“Ok besok saya lanjut..minimal 500-1000 cangkul.harga 200ribu..jam 9 pagi saya telepon. Dan tolong kirim nama, alamat, no KTP saya tunggu mas”

Sayapun membalas mengiyakan, 23.31

“Baik Pak”

Eeee….ada sms susulan dari +6285932204642 , 23.34

“Data nama saya tunggu sekarang ya mas. dan nama saksi yang menyaksikan MoU dan pemberian down-payment atau uang muka”

Tapi saya tetap kekeh untuk mengirim data besuk pagi saja setelah saya dapat info akan harga dan menghitung kemampuan saya untuk bisa menerima order, 23.39

“Kalau data saya kirim besuk bagaimana Pak, sehabis saya cari info. Jadi saya ukur kemampuan pengrajin cangkulnya dulu Pak.”

Ir Burhanudin cepat membalas 23.45

“Oke…tapi mungkin bisa saja mas kus borong dari toko-toko alat pertanian atau di pasar..biasanya juga cangkul pande besi.”

Saya, 23.51

“Ow bisa gitu juga ya. lha saksi harus siapa Pak?”

Ir, Burhanudin , 23.51

Karena dulu kami titip dari orang transmigrasi yang pulang dari Jateng, dapat dari pasar hewan, jadi bisa saja pesan dan lainnya borong dari pasar,,untuk saksi bisa istri,keluarga atau teman pabrik yang tau mas kus..”

Saya, 23.53

“Oke sudah jelas, mudahnya saya dapat kiriman uang-saya belanja, tapi sebelumnya harus penandatanganan MoU dulu, gitu nggih Pak?”

Ir. Burhan..23.59

“Iya harus tanda tangan MoU dulu mas..mas kus kami panggil ke perusahaan kami…untuk biaya tiket pesawat kami menyediakan 3 juta per-orang..jadi meski tiket pesawat Garuda dari Jogja 1 juta misalnya, kami tetap memberi 3 juta.”

∆∆∆∆

Saat itu saya tidak jauh untuk memikirkan terbang ke Kalimantan untuk tanda tangan Mou, pikiran saya hanya terfokus pada besuk pagi saya harus segera mencari info harga cangkul…itu saja, tapi saya menjawab,

Saya 00.00, 2 Agustus 2016

“O gitu baik Pak”

Ir Burhan…00.05

“Ya udah besok lagi di lanjut ya mas..jadi mas kus harus bisa jadi pengusaha…dan sukses..mudah-mudahan bisa menambah modal ya”

Saya, 00.06

“Baik pak, amiin. Terimakasih doanya.”

Ir. Burhan..00.07

“Ya mas..

********

Selepas itu, sayapun tidak bisa tertidur memikirkan apa yang tejadi dan apa yang harus saya lakukan, Istri saya-pun yang sedari tadi ikut bangun dan mendengar percakapan kami, terlihat kaget mendengar apa yang telah di telepon oleh seorang nun jauh di Kalimantan sana….sayapun mencoba menjelaskannya. beberapa saat sayapun tertidur hingga pagi …yang ternyata

Ir Burhan kirim sms pada 02.16:

“Mas kus..nanti jam 6 pagi tolong kirim data..nama,alamat, no KTP dan nama saksi dikirim ya..karena mau dibuat data untuk MoU”

Tapi saya diamkan saja sebelum saya dapat data, hingga pada pukul 07.42

Ir. Burhan kembali sms;

“Pagi pak kus..kami minta data dkirimkan untuk disiapkan draft contrak..”

Dan masih tetap saya diamkan , setelah saya dapat data

sayapun kirim sms , 08.19

“Pagi pak Burhan, maaf ini lagi di jalan, cari info harga. Maaf data harus segera dikirim nggih pak?”

08.53

“Saya sudah dapat info pak, untuk dapat kualitas cangkul terbaik memang harus beli di pengrajin. InsyaALLAH jika sabar 1 bulan bisa target 1.000 dari beberapa (4-5) pengrajin”

09.18

“Eh maaf hitungan target saya salah”

Ir Burhan…09.26

“Maksudnya hitungan salah gimana? Jadi target bisa ndak? Mas datanya mana?”

Saya, 09.30

“Ya perkiraan target bisa tercapai 1 bulan. Tapi 3 bulan, saya akan berusaha pak.”

09.32;

“Ini Data saya. nama ********, alamat ******************************, No KTP *********************.(maaf saya sensor)”.

Ir. Burhan…09.32

“Oh bagus dong, jadi bulan Januari bisa untuk 1500 cangkul ya mas?”

Mmm saya pikir bisa lah, tapi saya juga memikirkan hal selanjutnya,

09.35

“Kondisi kirim cangkul bagaimana pak, siap pakai atau dirangkai di Kalimantan.”

Tapi sepertinya Ir. Burhan tidak menanggapi pertanyaan saya ini, dan dijawab pada kesempatan lain/ nanti. Ow iya, ingat juga sempat juga dijelaskan oleh Ir Buhan bahwa ekpedisi atau pengiriman cangkul menjadi tanggungan dai perusahaan, yang katanya menggunakan kontainer.

 

Ir Burhan…09.36

“Oke data untuk saksi mana?Ini sudah dimulai penjadwalan waktu MoU, sebentar kami menelepon”

Saya, 09.37

“Sebentar untuk saksi pak, lagi di jalan nih”

Ir. Burhan…09.45

“Saya telepon lagi sekitar 1 jam..tolong kirim nama saksi trimakasih mas”

Saya, 09.52

“Baik pak.”

Ir. Burhan…09.53

“Mas kus…mungkin mulai hari ini mas kus akan berubah..tetapi sebagai orang yang sukses, mas kus harus berani dan mungkin harus disiplin, tanggung jawab dan harus berani berkorban waktu, modal dan sebagainya..karena menjadi seorang yang sukses juga tidak mudah..harus ada tekad dan usaha..bapak bangga!! Semoga modal yang kami berikan nanti bermanfaat.amien”

Saya, 10.02

“Amiin, Pak.”

10.19

“ini pak data saksi : nama *********, alamat: ***********************************, No KTP: ********************.” (maaf saya sensor lagi ya).

Ir. Burhan…10.30

“Baik mas kus, draft contrak  sudah disiapkan..untuk waktu ini order cangkul sejumlah 1500×200.000 senilai 300 juta…nanti tanda tangan MoU menerima 50%” atau 150 juta dan 6 juta untuk pengganti tiket PP. 2 orang”

Saya, 10.36

“Baik pak, ini nilai yang amat sangat  besar sekali bagi saya, tapi bagaimanapun juga saya akan berusaha semaksimal mungkin tenaga, waktu dan pikiran saya. Lalu tempat tanda tangan kalau di Jogja saja bagaimana Pak.”

10.43

“MoU nya bisa saya pelajari dulu khan Pak.”

Ir. Burhan…10.51

” Untuk tanda tangan harus dilaksanakan di kantor tambang..mas kus, bapak suka sama kamu, jadi bapak ajari untuk kamu, biar siap menjadi orang sukses.. nanti kami atur berangkatnya..mulai naik pesawat dari bandara Jogja, penjemputan dari bandara samsudin nur, penempatan mess tamu bermalam, pengaturan MoU, penerimaan uang muka, pengantaran kembali ke bandara,,,yang penting mau belajar”

∆∆∆∆

Saat itu hati mulai gundah gulana, perasaan kacau-balau, bagaimana tidak!? dalam waktu kurang dari 24 jam dihadapkan dengan semua itu, mulai dari tawaran order cangkul, disuruh berangkat ke Kalimantan naik pesawat lagi, padahal seumur-umur belum pernah naik pesawat terbang…duh si istri juga kalang kabut, bingung tidak karuan.

Sayapun mencoba menawarkan realita kehidupan saya, dan saya kirim sms ,

10.56

” Bagaimana dengan pekerjaan saya ya, membutuhkan waktu berapa lama Pak untuk semua itu. Maaf sepertinya kemarin bapak sempat ada kemungkinan penandatanganan MoU dilakukan di Jogja”

Ir. Burhan menjawab , 10.59

“Semalamm..jadi misal sore datang, malam meeting, pagi tanda-tangan, langsung pulang”

11.03

“Tolong cari kartu simpat* atau *s, saya mau telepon..mas kus harus siap menjadi orang sukses…bapak bisa bangga mencetak kader sukses…2 tahun lagi bapak pensiun, jadi untuk kenang-kenangan kamu”

Saya, 11.03

“Kalau boleh jujur sebenarnya sampai saat ini saya masih Shock dengan apa yang anda tawarkan Pak, sebenarnya ini juga butuh waktu pemikiran saya. Sekali lagi ini hal yang sangat besar pak, saya butuh banyak waktu pemikiran lagi.”

11.49

“Kendala untuk bepergian saat ini, terlebih saksi yang ekebetulanbetulan istri saya tersebut ada anak saya yang kecil baru berusia 2,5 tahun yang harus diajak.”

Ir Burhan…11.57

“Diajak saja mas…khan hanya sehari..kendala bepergian apa yang membuat kamu terhalang?Seseorang yang mau sukses harus niat dan tekad…bapak dulu juga seperti kamu…ada keyakinan untuk sukses jadi waktu itu ongkos kapal laut bapak cari-carikan dan sekarang cerita itu untuk anak cucu bapak..kamu sukses tanpa niat tidak akan berhasil..kamu sekarang ada kesempatan, Ambil dan raih masa depanmu..”

11.58

“Cari kartu simpati atau As..bapak telepon pakai X*..sinyal lemah.sekarang mas!”

Perasaan masih galau…dan untung, ada nomor as,

Saya, 12.15 “Ini pak, +62851*********”

12.19

“Pak adakah alamat website dari pt arutmin cooling mine, atau tolong kirim foto-foto perusahaan, foto bapak, ya agar saya lebih yakin di email saya **********@gmail.com”

Ir Burhan via nomor +6285230724351

“Kamu buka web pt.arutmin ind kalsel..asam-asam…itu kantor tambang di kalsel di mana bapak berada.”

Tapi saat saya buka website tersebut tidak bisa dibuka/kosong. Sesaat kemudian hp yang satu(milik istri)  berbunyi dan langsunglah saya angkat. Saatnya membahas tentang keberangkatan ke Kalimantan, dan seperti terhipnotis jika lewat telepon, saya serasa terhanyut akan kata-kata dan motivasi dari Ir. Burhanudin Kahar, yang begitu meyakinkan akan semua ini. Disisi lain saya setengah percaya dan tidak percaya akan kesungguhan ini, dimana saya inginkan bukti-bukti akan pengiriman foto perusahaan, foto diri Ir. Burhan, tapi tidak ada tanggapan. Disisi lain kegundahan hati semakin menjadi, bukan cuma saya tapi juga istri saya. Sedangkan saya mesti juga harus kerja masuk siang, sembari bersiap-siap  mengenakan seragam sambil menerima telepon dari Ir Burhan…dibantu istri saya, memakai seragam kerja. Tadi Ir. Burhan…juga mengatakan bahwa saya disuruh fokus saja ke pemberangkatan, jangan pikirkan pekerjaan dulu.

Hadew….pusing…bingung.

Sementara suara motivasi-suara meyakinkan masih masuk di telinga kanan dan kiri bergantian seiring memakai baju seragam kerja, yang juga masih dibantu mengenakan oleh istri saya. Waktu semakin mepet, akhirnya saya memutuskan untuk tidak beragkat kerja siang itu, sesuai anjuran Ir. Burhan…

Intinya saya harus fokus pada pemberangkatan Ke kalimantan, tapi sebenarnya ada simbok/Ibu saya  yang sedari tadi memperhatiakan tingkah-laku saya setengah hari ini, dan juga sedikit saya beritahu akan apa yang sedang saya alami. Ir Burhan meminta saya untuk mencari tahu harga tiket pesawat terbang Jogja-Kalimantan, untuk pemberangkatan hari Kamis tanggal 4 Agustus pukul 13.30.

Disuruh tanya di agen atau mana saja , hanya buat perbandingan katanya. Karena buru-buru ya memang tidak ketemu dalam mencari info tarif pesawat. Yang mana cuma untuk perbandingan saja, yang akhirnya Ir. Burhan yang memesan dari sana.

Dibalik itu, kekalang kabutan hati saya dan istri semakin memuncak. Bayangkan dalam waktu 2(dua hari harus ke Kalimantan, naik pesawat …ohhh no…

Tapi…Atas saran dan kemauan simbok, beliau melarang keras kami untuk pergi ke Kalimantan.

Kebimbangan melanda saya, harus pilih yang mana? Aku bingung, aku tidak tau harus pilih yang mana.

%&$#@$&%%∆¶÷π√~£€¥^

Setelah mencoba berfikir dalam kebingungan, Akhirnya, saya memutuskan untuk ikuti saran simbok, naluri simbok saya pakai. Istri juga menyarankan begitu, tanpa pikir panjang lagi saya mengetik pesan dan kirim ke +6285932204642 , 14.22:

” Pak, maaf Pak, sepertinya saya tidak bisa melanjutkan proyek ini, jika harus ke kalimantan Pak. Karena dibalik saya ada keluarga, terlebih Ibu saya, yang tidak mengijinkan saya pergi ke sana. Jika bisa dirubah MoU di tempat saya/ di Jogja, Insya ALLAH saya sanggup dengan proyek ini.”

Sementara Ir. Burhan juga mengirim pesan diwaktu yang sama, 14.22

“Ditunggu mas kus..ini menunggu kode booking nya…”

Tapi tunggu…. jika saya dapat simpulkan, sepertinya saya disuruh membayar dulu biaya pemberangkatan Jogja-Kalimantan yang mana nantinya akan di tukar bila telah menerima down-payment setelah penandatanganan MoU.

Tapi  saya tidak memperhatikan hal itu dan hanya terfokus untuk membatalkan pergi ke Kalimatan.

Ir. Burhan..14.29

“Kalau di tandatangani di Jogja biaya dari perusahaan terlampau besar..bapak,direksi, notaris, staf admin, biaya bisa 5-6 kali lipat dari kalau mas kus ke Kalimantan..juga waktu tidak lama, tanggal 4 Agustus sore sampai-tanggal 5 Agustus jam 12 siang selesai..jadi pulang ke Jogja jam 4 sore sudah sampai dan tinggal bekerja”

Sebuah penjelasan yang sangat logis/masuk akal, sayapun mengamininya  tapi juga menolaknya lewat sms, 14.35

“Begitu nggih Pak, saya kira cuma Baapak+Notaris saja yang datang. Tapi bagaimana ya, Ibu saya sepertinya tidak mau tau pak.”

Ir Burhan, 14.39

“Minta restu Ibu paling utama..tetapi demi masa depan yang lebih baik..kamu harus punya niat,”

saya, 14.45

“Iya pak, saya tau panjenengan memberi peluang emas bagi saya, untuk masa depan saya. Iya saya juga punya niat untuk merubah, mencari peluang agar ada tambahan penghasilan pak. pekerjaan untuk mencari cangkul itu InsyaALLAH mudah, tapi kendala saya harus pergi ke Kalmantan.”

Ir. Burhan sms, 14.45

“Mas tolong diangkat bapak mau telepon”

Saya, 14.45

“Nggih Pak.”

Kembali telepon menjadi komunikasi , dan lagi kembali Ir. Burhan mengimla saya untuk tetap pada skenarionya.

Tapi pada pukul 15.19 saya ambil keputusan,

“Maaf beribu maaf pak, kembali saya menyampaikan untuk membatalkan ke Kalimantan. Mungkin ini bukan jodoh/rezeki saya. Saya menghargai pak Burhan atas penawaran yang super spektakuler kepada saya, memberi motivasi saya, saya ucapkan terimakasih banyak. Sekali lagi saya mohon maaf.”

∆∆∆∆

Setelah saya mengirim sms tadi semua kegundahan, kegelisahan, kebimbangan, semua yang mengganjal di hati, perasaan dan pikiran mulai berkurang dan hilang, terasa plong lega…lega sekali. Seakan batu besar yang ada diatas kepala,saya turunkan dan saya buang.

Tapi Ir Burhan sms, 15.30

“Booking berhasil GA 54 tgl 4 Agustus rute jam 13.30 jogjakarta(JOG)-(BDJ)banjarmasin. Kode booking ZWY7B9 1class depart. An. 1) KUSNANTO/KUSNANTO Mr. 2) RINAWANTI/RINAWANTI Mrs. 3) FAJRIANI/NAURA NADIFA Ms. harga Rp 871.000/pax total payment Rp2.603.000 via tranfer BCA Ridha Amalia Putri SE. Rek 8935078624 MOHON BILA SUDAH MELAKUKAN PEMBAYARAN,SEGERA KONFIRMASI,UNTUK PENCETAKAN E-TICKET,By divisi trans arutmin,Andra”

15.57

“Kalau mas kus tidak siap, tolong cari wakil yang mau bertanda tangan,tetapi yang mengerjakan proyek tetap kamu, karena dana dari pusat sudah cair., jadi mas kus memberi kuasa pada orang yang mau kerja dengan mas kus, untuk tanda tangan MoU.”

Tapi Saya tidak peduli semua itu, saya 16.10

“Maaf Pak, itu  juga tidak bisa saya lakukan. Setelah saya cari, tidak ada sodara atau teman yang mampu.”

Ir Burhan mulai emosi, 16.20

“Jujur bapak baru bangga terhadap kusnanto..tetapi saat ini tidak! Aku kecewa kus,kamu tau uang dari pusat sudah masuk ke rek.div kami,maaf kus, aku tidak minta apa-apa, hanya ingin melihat kamu berhasil, tetapi kamu hanya pasrah…”

Tapi sepuluh menit kemudin, 16.32

“Bila notaris mau ke Jogja, kami memberikan kuasa pada beliau..apakah mas kus sanggup menerima order?”

Saya 16.32

“Iya pak, jika ada perwakilan dari perusahaan/notaris, ya saya sanggup.”

Ir. Burhan,16.51

“081235617613 KTP mas kus dan rinawanti dikirim ke WA no di atas.”

Saya, 16.53

“Maksudnya fotocopynya atau gimana pak”

Ir Burhan, 16.55

“KTP kamu foto..lalu kirimkan ke WA nomor tadi”

Loh tapi koq nomor WAnya tidak ads fotonya…????!!!

Saya, 16.55

“Ow gitu, baik pak”

17.11

“Sudah saya kirim Pak.”

Ir Burhan, via +6285932204642, 17.13

“Bapak telepon ke simpat*”

saya, 17.17

“Baik pak”

Ada telepon pada 17.21 selama 7 menit 10 detik dari +6285230724351, menjelaskan bahwa MoU jadi diadakan di Jogja, di hotel Ambarukmo, pada Senin pagi 8 Agustus, dan akan menggunakan notaris dari Jogja, dekat Keraton katanya.

Ini membuat angan saya muncul kembali, mengatur akan pembelian cangkul, menghitung-hitung keuntungan,…hmmm…. duh rejeki nomplok nih, jika saja mengambil keuntungan 10% saja , maka jika sebanyak 1500 cangkul akan terkumpul uang sebanyak 30 juta. Pikiran melayang …menggapai angan-angan untuk bisa beli motor laki nih..ah atau sembari memperbaiki kamar simbok…

∆∆∆∆∆

Ir. Burhan, 17.48

“Mas kus..bila ada telpon atau pertanyan dari Jakarta mengenai NPWP, SIUP, TDP bilang saja kalau ada..jadi semua biar diurus bapak.”

Saya, 17.50

“Maaf maksudnya bagaimana bilang ADA gitu khan pak.”

Ir Burhan, 17.54

“Ya bilang saja kalau punya..ini bapak minta tolong pada teman ngurus, jadi nanti kamu NPWP, SIUP, TDP punya..dan asli, jadi untuk kedepan kamu sudah gak susah..makanya dari semua ini, jangan kecewakan bapak.”

Saya, 18.12

“Baik pak, terimakasih banyak Pak. Iya saya akan bekerja sungguh-sungguh untuk proyek ini.”

Ir. Burhan, via +6281615404659, 19.27

“Kus, bapak pake no ini,karena untuk hubungi contack person Jakarta”

Saya, 19.27

“Iya pak Burhan.”

Ir. Burhan, 19.30

“Ada bapak mau bicara dengan Jakarta, nanti bapak mau telepon setelah selesai. Kamu masuk pabrik gak?”

Saya, 19.33

“Tidak Pak, saya meliburkan diri, baik saya tunggu Pak.”

Ir Burhan, 19.46

“Kus, jangan buat bapak kecewa ya…ini data sudah dipersiapkan, tunggu kabar”

Saya, 19.49

“IYa pak Burhan, InsyaALLAH saya akan bekerja sekuat tenaga Pak”

Ir. Burhan…23.55

“Kus Sudah tidur! Ada bapak mau telepon”

,~~~~,

3 Agustus 

Saya, 05.53

“Iya pak, maaf semalam dah tidur”

Ir. Burhan, 08.18

“Kus simpatimu diaktifkan ya”

Saya, 08.18

“Nggih pak”

Lalu Ir. Burhan menelepon saya, menjelaskan tentang NPWP dan lainnya.

Ir. Burhan…08.30

“Untuk NPWP ini diurus dengan 2 bendel untuk laporan pajak 2013-2014, 2014-2015. Jadi NPWP mu dibuat sudah 3 tahun ini…SIUP,SIP,TDP dibuat atas naa KUSNANTO, berdasar nama KTP, untuk semuanya langsung dibuatkan oleh teman bapak pejabat pajak provinsi..tembusan Dirjen pajak, Menperindag.”

Wow hebat bener nih, hanya beberapa jam saja bisa jadi semua itu, tapi aku tidak mempermasalahkan itu semua yang penting beres, yang penting tugas saya membeli cangkul sebanyaksebanyak-banyaknya, itu saja, urusan tetek-bengek SIUP, NPWP masa bodohlah.

Dan saya hanya mengiyakan saja, 08.31

“Baik Pak, terimakasih banbanyakak Pak. Ini luar biasa.”

Ir. Burhan…08.32

“15 menit lagi bapak telepon kamu pelajari dahulu sms barusan”

Saya, 08.33

“Iya Pak”

Ir. Burhan, 08.34

“Jangan senang dulu, tugasmu belum selesai,,,ini bapak lakukan demi perubahan seorang biasa berubah cara pandang, pikiran dan masa depan”

Saya, 08.38

“Iya pak, saya tau tugas berat menanti saya, dan saya berjanji untuk tidak mengecewakan pak Burhan.”

Ir. Burhan, 08.49

“Oke saya pegang janjimu..bapak telepon kantor pusat dahulu…kus untuk pembayaran administrasi pembuatan dokumenmu…nanti kamu siapkan ya, untuk pengganti uang lelah dan bendel laporan pajak 2 tahun..tapi gak banyak , biar ditanyakan staf bapak..kita minta tolong ya ga ada salahnya memberi jasa…juga kalau kamu urus sendiri malah ga bisa selesaii hari ini…ha ha ha”

Loh koq?? ada tanda tanya dibenak saya, berarti saya harus mengeluarkan uang dulu nih, kecurigaan saya muncul kembali..apa lagi setelah baca akhir kalimat ha ha ha...nih kayaknya enggak beres nih..tapi lagi-lagi saya seperti terhipnotis

Sayapun menjawab, 08.52

“Iya pak, saya ikut Njenengan saja, lha terus memberi jasa’ nya kapan pak?

Ir. Burhan, 09.08

“Tunggu laporan staf karena kalau bapak yang minta rek, jelas gak enak karena kita minta tolong..tunggu dulu..kus MoU dilaksanakan pada hari Senin, dan bapak tetap datang untuk saksi perusahaan dan gak tega nglepas kamu sendiri,,jadi minggu malam bapak sampai Jogja..”

Saya, 09.12

“Baik pak, Alhamdulillah saya jadi lebih tenang dengan kehadiran pak Burhan dalam MoU.”

Ir. Burhan, 09.14

“Ha ha ha…antar bapak makan gudeg Jogja.”

Saya, 09.14

“He he he iya pak siap…”

Ir. Burhan, 09.31

“Bapak mau telepon ke simpat*”

Saya, 09.32

“Nggih pak, sudah siap”

Kemudian terjadilah percakapan membahas untuk memberi jasa’ kepada teman Ir. Burhan yang membuatkan surat -surat perijinan tadi, dan dengan nada yang enak didengar ditelinga , hingga terputuskan 500 ribu per surat karena terdiri 4 surat maka 2juta harus segera dikirim…duh duit dari mana? Jujur saya memang tidak punya duit, baik kontan apalagi di simpanan, ini kekurangan atau kelemahan saya tapi ternyata ini menjadi senjata bagi saya… Percakapan ditutup dengan harga jadi 2 juta dikirim ke sebuah rekening, segera pak Burhan akan sms

Sms Ir Burhan, 09.47

“BNI 045018068 An. Drs. Aan Subekti Msi.”

Ir. Burhan…10.04

“Ini bukan perusahaan yang mengurus..tetapi bapak minta tolong pada pejabat direktorat pajak propinsi, jadi ini semata-mata untuk kepentingan kelengkapan yang diminta pihak perusahaan pusat..kus bapak sendiri turun tangan karena kamu belum berpenglaman menghadapi kontrak resmi dengan sebuah perusahaan…”

Saya, 10.10

“Iya saya tau pak, ini lepas dari perusahaan. Tapi keadaan keuangan saya minim Pak, jika pak Burhan berkenan tolong pinjami saya, dan setelah saya menerima uang/selepas MoU langsung saya ganti. Mohon pahami saya.”

Ir Burhan , 10.17

“Waduh kus kus..tahu gitu bapak ga ngomong sama kamu…ha..ha..ha…kamu ada berapa:Kirim ke rekening staf bapak saja..jadi nanti waktu ambil data-datamu di banjarbaru…biar diamplop tunai saja,,kamu juga harus mikir dong! Masak bapak semua yang mikir?”

Greg…hati saya seakan bergeser…Selepas sms itu saya mulai tambah curiga, lha ini sepertinya saya akan kena’ 2 juta, andai saja saya punya pasti telah saya transfer. Berhubung saya tidak punya, benar-benar tidak punya, dan berusaha meminjam ke pak Burhan, tapi tidak ada respon.

Ini ada indikasi penipuan……. Stop-Stop….!!!!!  lalu saya mematikan kedua hp saya sambil saya charge,  sembari berfikir jernih dan mencoba meyakinkan diri bahwa ini cuma aksi tipu-tipu…istripun sependapat dengan saya, beberapa saat kemudian menjelang saya masuk kerja hp mulai saya hidupkan kembali tapi nomor yang akan masuk ke nomor A* saya blokir, biar hanya menghubungi nomor saya saja, akan saya hadapi, akan saya tantang kirim bukti-bukti, keseriusan dari Ir Burhan.

∆∆∆∆∆

Sayapun telah tiba di pabrik, tempat saya bekerja, sesaat telepon bergetar&berbunyi tanda panggilan masuk, dan pastinya dari Ir. Burhan, tapi sengaja saya diamkan.

Ir. Burhan, 14.43

“Kus ada apa dengan kamu? Kalau kiranya ada masalah harusnya kamu berani bilang..bagaimana akan sukses, bapak hanya melancarkan pelaksanaan acara, dan ini juga untuk kamu”

Saya, 14,45

“Maaf Pak, untuk lebih yakin tolong kirimi saya draft MoU, dan SIUP ke email saya ************@gmail.com”

Ir Burhan, 15.54

“Maksudnya gimana? MoU dan SIUP? Untuk MoU sudah bapak jelaskan Minggu saya bawa…untuk SIUP itu siup perusahaan atau SIUP kamu?

Pak Burhn mulai gusar begitupun dengan saya

Saya langsung sms, 16.02

“Kan pastinya kantor bapak ada draft MoU nya, lah tinggal kirim ke email saya pak, SIUP saya ditangan bapak khan? tinggal foto dan kirim ke email saya juga, undangan resmi MoU pastinya ada juga khan? Dikirim ke email juga sekalian, buktikan pak akan kebenaran ini semua.”

Ir Burhan, 16.08

“Kamu tolong angkat teleponnya.”

Saya, 16.12

“Maaf pak saya lagi di pabrik, tidak bisa dengar, bising. Sudah bapak kirimi saja bukti yang saya minta.”

Ir Burhan, 16.15

“Kamu buat bapak kecewa…MoU yang membuat pihak Jakarta, dan Jakarta meminta NPWP, SIUP, SIP, TDP. Kau tidak ada semua. sekarang undangan keluar bila kamu sudah lengkap data..kalau ada orang yang sekiranya merasa pintar dan mempengaruhi kamu, tolong suruh menjelaskan sms ini…dan kalau kamu curiga…apa yang bapak dapat dari kamu?”

Ir Burhan, 16.20

“Kalau kamu merasa tahu dan paham,..dan tetap tidak ada keputusan menerima atau menolak…sampai kami dari Jakarta datang dan bapak datang, ternyata kamu tidak datang, ada masalah tentunya…tolong kalau ada yang mempengaruhi, suruh menghadapi kami…kamu buat pikiranku negatif…”

Saya, 16.22

“Tidak ada yang mempengaruhi saya pak, maaf pak, saya sudah mengirimkan data diri saya, sekarang giliran bapak kirimi saya tentang bapak, biar saya percaya pak. Maaf mulai siang ini saya curiga.”

Ir. Burhan, 16.23

” Saya tunggu jawabanmu…ini apa tak limpahkan Jakarta saja…jadi kalau kamu menolak ya telepon pada kantor pusat dan kalau menerima ya kamu lapor kantor pusat…tak kasih telepon kantor, jadi ada tanggung jawab kamu…”

Saya, 16.28

“Tidak perlu pak, tolong kirimi saja, saya hanya perlu bukti kebenaran semua ini. Setidaknya undangan resmi untuk MoU saya minta dikirim ke email saya.”

∆∆∆∆

Mulai sms di atas ternyata…berakhir sudah semua nya, tidak ada lagi Burhan menghubungi saya, begitupun dengan saya. dan paginya saya kembali kirim sms

**”””

4 Agustus 2016

Saya, 07.03

“Selamat pagi pak Burhan atau siapalah anda, jika anda tida bisa mengirimkan saya bukti, berati anda memang seorang penipu yang hebat&super, tak apa, saya juga tidak menyesal, ini malah menjadi pengalaman dan pelajaran yang berharga bagi saya. Dan akan menjadi sebuah cerita yang layak untuk saya bagikan ke masyarakat yang lain. Terimakasih.”

Semua nomor Ir Burhan yang telah menghubungi saya baik sms maupun telepon saya kirimi sms sms seperti diatas.

Saya tantang Ir Burhan atau siapalah dia untuk membuktikan kebenaran akan semua ini. Kalau dia benar, tentunya hal itu sepele tentunya.

Saya tunggu-tunggu tidak membalasnya, sejam ,dua jam, 24 jam hingga melewati hari yang dijanjikan untuk pertemuan MoU yakni hari Minggu dan Senin, 7 & 8 Agustus, tetap tidak ada balasan.

~~~~π÷~~~

Dan akhirnya.   saya anggap case is closed ,  kasus telah berakhir…..selesai…’game is over’

~~©®~~

Yang jelas saya sudah mengirimkan data diri saya sebenarnya, jika dicari, alamat rumah, saya pasti ketemu.

Apakah benar beliau merupakan pegawai kabag dari perusahaan pertambangan batu-bara arutmin cooling mine?????……… Hmmmm I think just liar.…MODUS (MOdal DUSta)

Banyak kejanggalan yang ada, mulai menelepon di luar jam kerja, menggunakan banyak nomor telepon (dengan 4 nomor berbeda), meminta membayar biaya penerbangan, nomor WA yang katanya pihak/staf atau apalah yang katanya di Jakarta yang saya kirimi foto KTP, WAnya tidak ada foto nya. Meminta men-tranfer uang terlebih dahulu tanpa kenal terlebih dulu, pasti indikasi penipuan , membuat NPWP, DIUP dalam beberapa jam/ menit saja. It’s joke man..!!!!

¥€¢¢=π÷

Dan inilah nomor-nomor yang digunakan oleh bapak yang mengaku nama Ir. Burhanudin Kahar:

+6285230724351

+6285932204642

+6285214027528

+6281615404659

Siapa tau nomor-nomor tersebut digunakan kembali untuk aksi penipuan lagi, WASPADALAH…!!!

IMG_20160803_215048

Advertisements

55 thoughts on “Kisah Nyata : Bertemu Sosok Penipu Ulung-Penipu ‘Super’

  1. Duh kaya baca novel nih bacanya, keren nih mas jago banget nulisnya… ehmm soal kasusnya, seperti kasus seperti ini sering menimpa saya, bnyk nomor asing atau email yg nawarin bisnis, tp karena sy orgnya cuek jdi sy gk anggap semuanya hehe, ya soalnya sy juga bukan nya gk tertarik dgn bisnis atau tantangan baru, tpi ya takutnya hal seperti itu terjadi. Terlebih lgi sy gk tertarik dapet rezeki yg datangnya “gk normal” sperti biasanya dlm kehidupan saya hehe, jadi ya cukup saja jalan rezeki saya mengalir sesuai jalan yg diberikan tuhan sekarang ini, biar pun kecil asal barokah dan bikin hati tentram hehe…

    Liked by 1 person

    • Hehe… Iya je kang hampir 5000 kata tuh, utu juga transkip dari SMS. Oh gitu ya kang, mungkin sampean dh lama jam terbangnya dah duluan terkenal, jadi dah banyak alami kasus modus. Kalo saya baru jadi blm.pnys pengalaman, ya sempat percaya gitu, tapi Alhamdulillah selamat dr modus. Iya ya Kang, betul begitu, biarpun kecil asal barokah & bikin tentram…suwun Kang.

      Like

  2. Alhamdulillah bisa buat pembelajaran,makasih sharenya Mas Kus,
    memang harus curiga seperti yg dibilang kang asep.
    dulu ortu pernah ketipu waktu buat warung pertama dan ada org ngaku distributor.
    cape bacanya mas kus;he,,he,,

    Liked by 1 person

  3. weh data KTP wis kekirim.. lain kali ati-ati mas kui data penting banget soale..

    yen aku wis curiga dengan caranya memperkenalkan diri mas, kok menyebut namanya sendiri beserta dengan gelarnya.. kecuali merujuk ke orang lain dengan gelar iku isih wajar..

    Liked by 1 person

  4. Makasih gan.. kemaren itu orang juga telp ane. Dengan nama berbeda. Tapi saya langsung curiga.. tapi saya ga kirim itu KTP dsb… soale dah krasa… sipp makasih sudah brrbagi…

    Liked by 1 person

  5. Hati-hati temen semua.ada modus baru lagi. Penipuan mengatasnamakan pt.arutmin kalsel. Ngakunya ir.alief amri,jabatan kasi purchasing pt.arutmin hp.082233452863.modusnya: order barang ke kita senilai di atas 150jt.misalkan pengadaan kayu untuk perumahan karyawan arutmin,pengadaan pakaian. Lalu kita di suruh ambil uang muka pembayaran 70% langsung ke kantor di kalimantan.mereka yang siapkan pesawat dll,termasuk kode boking. Ujung2nya kita di suruh transfr uang tiket,dan akan di ganti setelah sampai sana. Setelah kita transfer,uang melayang,mereka beralasan gagal booking,bahkan mereka minta transfer lg untuk alasan yg aneh aneh. .sampai kita benar2 terkuras habis.hati2. . .

    Liked by 1 person

  6. betul itu saya baru saja mengalami,alhamdulillah gak kena.

    Hati-hati temen semua. . .
    ada modus baru lagi. ….
    Penipuan dengan mengatasnamakan pt.arutmin kalsel. . .
    Ngakunya ir.alief amri,…
    jabatan kasi purchasing pt.arutmin …
    hp.082233452863….
    modusnya:
    order barang ke kita senilai di atas 150jt.
    misalkan pengadaan kayu untuk perumahan karyawan arutmin,pengadaan pakaian,dll. …
    Lalu kita di suruh ambil uang muka pembayaran 70% langsung ke kantor di kalimantan. …
    mereka yang siapkan pesawat dll,termasuk kode boking…. Ujung2nya kita di suruh transfr uang tiket,dan akan di ganti setelah sampai sana….
    Setelah kita transfer,uang melayang,mereka beralasan gagal booking,bahkan mereka minta transfer lg untuk alasan yg aneh aneh. .sampai kita benar2 terkuras habis.hati2. . .
    dari ciri2 suaranya seperti bapak-bapak umur 60tahuan . .intinya jangan langsung percaya…

    Liked by 1 person

  7. Terima kasih pak Kus atas ceritanya yang panjang.

    Per hari ini tim saya dikontak salah satu nomor diatas (081235617613 / yuke.arutmin@gmail.com) mengaku bernama Yuke Desrianto dari PT Arutmin, mereka bermaksud mencari interior designer untuk kantor mereka di tanah laut kalsel dan menyebutkan nominal biaya design. Tim marketing saya yang begitu antusias sampai beberapa kali menelpon penipu tersebut.

    Setelah kami menyetujui angka nominal yang ditawarkan pastinya kami harus mengecek lokasi di kalsel tsb, dan modusnya sama yaitu nanti reimburse akan dibayarkan disana senilai 8 juta, jadi apabila pengeluaran tiket dll habis hanya 6jt tetap Arutmin keluarkan 8jt. Setelah itu penipu meminta tim saya untuk transfer biaya tiket ke nomor rekening BNI 0453295996 A/N Bpk Elyas Cat.

    Saat tim saya mengajukan biaya tersebut ke saya, saya mencoba untuk cari tahu lebih lanjut tentang info tersebut karena sejujurnya it’s “too good to be true” dan saya memutuskan untuk menelpon kantor pusat PT Arutmin untuk melakukan klarifikasi. Adapun informasi mengenai renovasi kantor arutmin kalsel benar adanya akan tetapi nama karyawan tersebut tidak terdaftar disana dan pihak PT Arutmin mengatakan itu adalah penipuan. Kami juga mendapat info dari pihak PT Arutmin bahwa banyak kasus penipuan serupa yang terjadi dengan mengatasnamakan PT Arutmin.

    Per komentar ini saya tulis pun penipu masih berkomunikasi dengan tim saya, dimana kondisinya tim saya sudah mengetahui bahwa dia penipu. Dan setelah saya search google dengan nomor hp penipu saya mendarat di blog pak kus.

    Alhamdulillah sekali Allah masih memberikan kesempatan saya dan tim lolos dari penipuan ini, saya doakan juga agar kita semua terhindar dari penipuan semacam ini dan semoga penipu mendapat hidayah untuk kembali ke jalan yang benar.

    Liked by 1 person

    • Alhamdulillah turut senang jika anda terhindar dari modus penipuan yg ‘smart’ tersebut, iya tujuan saya membagi pengalaman ini agar yang lain seperti anda bisa tau dan terhindar, untunglah nomor-nomor yang mereka gunakan dan saya jadikan kata kunci dan terbaca oleh google, dan anda bisa menemukannya. betul semoga mereka mendapat hidayah dan kembali ke jalan yang benar.

      Like

  8. Terima kasih pak Kus atas ceritanya yang panjang.

    Per hari ini tim saya dikontak salah satu nomor diatas (081235617613 / yuke.arutmin@gmail.com) mengaku bernama Yuke Desrianto dari PT Arutmin, mereka bermaksud mencari interior designer untuk kantor mereka di tanah laut kalsel dan menyebutkan nominal biaya design. Tim marketing saya yang begitu antusias sampai beberapa kali menelpon penipu tersebut.

    Setelah kami menyetujui angka nominal yang ditawarkan pastinya kami harus mengecek lokasi di kalsel tsb, dan modusnya sama yaitu nanti reimburse akan dibayarkan disana senilai 8 juta, jadi apabila pengeluaran tiket dll habis hanya 6jt tetap Arutmin keluarkan 8jt. Setelah itu penipu meminta tim saya untuk transfer biaya tiket ke nomor rekening BNI 0453295996 A/N Bpk Elyas Cat.

    Saat tim saya mengajukan biaya tersebut ke saya, saya mencoba untuk cari tahu lebih lanjut tentang info tersebut karena sejujurnya it’s “too good to be true” dan saya memutuskan untuk menelpon kantor pusat PT Arutmin untuk melakukan klarifikasi. Adapun informasi mengenai renovasi kantor arutmin kalsel benar adanya akan tetapi nama karyawan tersebut tidak terdaftar disana dan pihak PT Arutmin mengatakan itu adalah penipuan. Kami juga mendapat info dari pihak PT Arutmin bahwa banyak kasus penipuan serupa yang terjadi dengan mengatasnamakan PT Arutmin.

    Per komentar ini saya tulis pun penipu masih berkomunikasi dengan tim saya, dimana kondisinya tim saya sudah mengetahui bahwa dia penipu. Dan setelah saya search google dengan nomor hp penipu saya mendarat di blog pak kus.

    Alhamdulillah sekali Allah masih memberikan kesempatan saya dan tim lolos dari penipuan ini, saya doakan juga agar kita semua terhindar dari penipuan semacam ini dan semoga penipu mendapat hidayah untuk kembali ke jalan yang benar.

    Liked by 1 person

    • Alhamdulillah wa syukurillah, turut senang jika anda terhindar dari modus penipuan yangg ‘smart’ tersebut, iya tujuan saya membagi pengalaman ini agar yang lain seperti anda bisa tau dan terhindar, untunglah nomor-nomor yang mereka gunakan dan saya jadikan kata kunci di medin pencari dan terbaca oleh google, dan anda bisa menemukannya. betul semoga mereka(para penipu) mendapat hidayah dan kembali ke jalan yang benar.

      Like

  9. eehh.. makasiiih loh pakk postingannya,,, hampir ajaaa kenaaa saya. untung saya cari thread nya, iya namanya Yuke. no telf sekarang di 081235617613. atau 081332072718.

    mau saya check posisi dimana. udah bikin org kepalang seneng terima order. berengsek bener.

    Liked by 1 person

  10. Wah, saya sudah transfer 2,3 juta baru saja , tak apalah, semoga menjadi pembelajaran bagi saya, untuk tidak percaya sama orang lagi, soalnya bikin mabuk kepalang, logika saya mulai muncul, ketika seharusnya kalau proyek besar pasti akan tarik ulur harga, ternyata di tentukan sekarang juga, seharusnya juga kalau ada proyek pasti yang datang itu pembeli bukan penjual, dan satu lagi kalau pembeli niat membeli seharusnya datang langsung ke tempat penjualnya,
    Semoga Allah melindungi kita
    Terimakasih infonya

    Like

  11. saya jg korban untung cuma 20rb…kronologi hbs pasang iklan koran kehilangan stnk…kok tiba2 masuk nomer itu bahwa dia yg menemukan….hati2 dulur penipu super mi goreng kayaknya orang tersebut

    Liked by 1 person

  12. Modus yang sama mas kus, ini sedang giat giatnya penipu namanya Yuke Desrianto menyerang para perajin furniture jepara. Saya sendiri hampir kena, untungnya saya sadar di akhirnya setelah saya disuruh transfer biaya akomodasi tiket pesawat. Harap hati hati semoga komentar saya ini dapat di index google supaya semakin banyak literatur penipu yang mengatasnamakan nama PT Arutmin.

    ini no hp yuke desrianto penipu 081231911107 081332072718

    Sekali lagi terima kasih atas artikel mas kus yang panjangnya minta ampun. heeeeee

    Liked by 1 person

    • Hehe…iya panjang ya? biar akurat mas. Sepertinya artikel ini sudah nangkring di google search page 1 kq mas. Iya banyak yang sudah tertipu nih. Jika sampeyan tertarik untuk melaporkan, sudah ada grup WA korban penipuan ini mas, silahkan kontak no WA saya, nanti saya add’. jika bareng2 bisa langsung di laporkan ke MABES POLRI Jakarta.

      Like

  13. innalillahi setelah saya membaca artikel ini sepertinya perusahaan saya sudah kena tipu mengatas namakan pt kaltim prima coal 081231911107 ini nomor telp mengatas namakan bp hermawan windhi hartono. awalnya dia mengajak kerja sama proyek pembangunan kolam . kemudian dia mengajak ketemuan di kalimantan dgn memesankan tiket pesawat dan anehnya saat kode bookinh sya terima. atasan saya harus transfer ke rek bni a/n aris cahyono. setelah mentransfer, kemudian dia mengirimkan berkas undangan dgn kop surat pt kaltim prima coal. tapi anehnya di kop surat tersebut tdk tertera alamat no tlp bahkan cap perusahaan. dari semua itu saya sdh curiga. tapi atasan saya blm menyadarinya. selepas itu hri sbtu kmrin tgl 17 dia menelp bos saya. dia minta tolong di isikan pulsa ke 70nomor dgn nominal 100rb /nomor. dan hrga pulsa dihrgai 140rb. dgn alesan proviser telkomsel di kaltim sedang trouble. dan akhirnya atasan saya mau menolonginya. sblmnya saya sdh blg ke atasan sy ” pak, seperinya org ini mau nipu”. atasan saya blg “tdk nipu, kan dia yg kasih krjaan di kalimantan”. dan bodohnya saya menuruti tugas dari atasan saya untuk isi 70nomor trsebut. dan yg membuat saya kaget, setelah atasan saya kiirm bukti pembayaran dari org tersebut. terlihat bukti transfer dari struk bca trsebut asli. saya lngsung menanyakan ke org tersebut, agar mengirim ulang bukti transfernya. tapi selalu alasan krna efek cahaya jd blurr. dari situ saya blg ke atasan saya lg klo dia sdh kena tipu. dan saya cek nomor dia di google, alhasil nomor tersebut tadi adalah nomor penipu. semoga dgn kejadian ini. kita semua jd lebih waspada. dan untuk atasan saya, agar bisa benar2 lebih hati2 dalam melakukan perjanjian kerja.
    apa bisa nomor tersebut yg sdh menipu habis2an di selidiki. semoga allah membalas semua kelakuan buruknya.

    Liked by 1 person

    • alhamdulillah malam ini saya lolos dari aksi penipuan ini, kronologisnya sama hanya modusnya aja yg ganti2, kali ini si penipu ulung menghub sy minta dibikinkan taman utk gedung pertemuan arutmin asam-asam dg nilai kontrak 500jt yg harus selesai 3 bulan. alurnya sama bgt sama mas kus, untung ketika td jam 21.30 sy disuruh tt utk bayar tiket saya tolak dg alasan bagian keuangan perush sy tdk bs melakukan transaksi diluar jam kerja, ternyata bag.purchasingnya dia ngotot minta di bayar krn sdh dibooking, ya sy bilang aja kl si bos mu kan bilang kl akan dpt rembues per org 3jt, ya udh situ talangi aja dulu tiketnya ntar rembuesnya ambil aja, eh dia msh ngotot katanya utk bikin berita acara….ya akhirnya saya tolak ordernya dan sy minta alamat lengkap + company profile kok nggak dikasi2….ciri2 persis sama, nomor yg masih aktif per hari ini adalah sbb : mohon pihak berwajib (cyber crime) segera mengusut tuntas n meringkus jaringan mafia penipuan ini. mumpung nomor hp nya msh aktif.

      082244022948
      085251951987
      081336438573

      salam, joe

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s