Cangkul jawa
Cangkul jawa

Cangkul adalah alat tradisional tangan yang digunakan untuk menggali, membalikkan & mengeruk tanah. Alat ini lazim berentuk seperti huruf L atau tepatnya angka 7(tujuh) terbaik, karena bentuknya mempunyai sudut kemiringan tertentu dan memang seperti angka 7 yang dibalik. Cangkul terbuat dari dua bahan material yang berbeda, dari kayu pada pegangan dan dari besi di bagian mata pisau cangkul.

Cangkul identik dengan pak yani karena cangkul merupakan alat utama pak tani untuk bercocok tanam. Ya meskipun cangkul juga merupakan alat pertukangan guna mengaduk/ mencampur bahan bangunan(pasir semen &air) secara konvensional.

Disetiap daerah bentuk cangkul sedikit berbeda, semisal di wilayah saya bentuknya seperti yang saya sebutkan diatas, yakni seperti angka (7) tujuh yang dibalik atau mempunyai sudut kemiringan sekitar 50-70°. Dengan sangat sesuai  dan memberikan kemudahan guna pak tani dalam membalikkan tanah.

Cangkul mempunyai 3 bagian. ( tapi ada juga yang hanya terdiri dari 2 bagian , gagang dan mata pisau) , 3 bagian tersebut meliputi:

1. Gagang

2. Penyambung 

3. Mata-pisau

 

Gagang cangkul (Doran)
Gagang cangkul (Doran)

(Gagang/Doran*)

Dibuat dari kayu, kayu apa saja, bahkan ada juga  yang dibuat dari batang pohon kelapa. Batang dibuat sedemikian rupa hingga nyaman dalam genggaman tangan, lazimnya dibuat bulat dengan  diameter sekitar 3Cm. Panjang gagang sekitar 80cm. Lebih jelasnya silahkan Lihat gambar di atas.

 

Besi Penyambung (Bawak)
Besi Penyambung (Bawak)

Penyambung (Bawak*)

Terbuat dari besi, bentuk penyambung seperti anakan cangkul, ada lubang dan pipih di depan, fungsinya menyambung antara gagang dan mata-pisau. Untuk daya tahan san kekuatan cangkul terletak di sini, jika bahannya bagus maka cangkul akan kuat dan tahan akan daya cungkit. Dan pembuatan penyambung yang terbaik memang melalui proses pengecoran.

 

Mata pisau cangkul
Mata pisau cangkul

Mata-pisau (cangkul/ pacul*)

Ini terbuat dari besi yang ditempa. Proses pembuatan nya bisa anda baca, klik disini. Dalam proses pembuatannya diujung mata pisau disisipkan besi baja agar cangkul bisa tajam membelah tanah. Bentuk dari mata-pisau cangkul hanya lah persegi panjang diujung belakang ada cekungan bentuk hutuf U untuk dipasangkan dengan penyambung.

Itulah seputar cangkul dari daerah sekitar saya, bagaimana bentuk cangkul dari daerah kamu?

 

*= bahasa jawa

 

……

Advertisements