Proses Balik Nama BPKB+STNK Motor Di Bantul

Gambar ilustrasi balik nama

Gambar ilustrasi balik nama

Agar lebih mantab kita memiliki kendaran kita bilamana kita telah lama memilikinya, adalah dengan merubah/ mengganti nama kepemilikan kendaraan tersebut je nama kita. Ini juga akan mempermudah saat kita membayar pajak kendaraan. Ini tentunya awal kepemilikan kendaran dengan membelinya kondisi bekas pakai/ istilahnya second yang mana atas nama orang lain.

Dan Waktu yang tepat untuk balik-nama kendaraan kita adalah saat proses pembayaran pajak 5 tahunan atau saat ganti STNK. Prosesnya memanglah tergolong rumit, akan tetapi bilamana kita telaten maka niscaya akan berhasil juga.

Berikut saya ceritakan sebuah proses pergantian kepemilikan atau lazim disebut balik-nama kendaraan sebuah sepeda-motor di Bantul dengan alasan/ akad jual-beli, dari teman saya sebut saja Cah Pandaxx, bagi teman-teman, bapak-bapak, ibu-ibu yang berdomisili di Bantul bilamana ingin juga melakukan hal ini, anda bisa menyimaknya, ini terbaru loh (22/07/2016), monggo cekibrot ;:

Pertama-tama : persiapkan persyaratanya, foto copy : KTP kita; foto copy STNK&BPKB, juga kwitansi pembelian bermeterai 6.000.

Kedua : Go to Kantor Polres Bantul, dan menujunl sisi Selatan Kantor untuk proses cek fisik(ada papan namanya), tapi sebelumnya mintalah formulir cek fisik terlebih dahulu di loket, masuk ke utara dari lokasi cek fisik tadi, loket  menghadap ke Selatan, sebaris dengan (pengambilan formulir SIM), setelah di lakukan cek fisik (gesek nomor rangka-& nomor mesin) kembali ke pengambilan formulir serta menyerahkan syarat-syaratnya tadi(foto copy BPKB+STNK,KTP kita) dan menyerahkan BPKB asli, dan membayar sebesar 120 ribu rupiah. Dari sini kita akan diberikan resi/ secarik kertas warna kuning, sebagai bukti pengambilan BPKB asli dikemudian hari. Iya BPKB asli ditinggal untuk diproses, dan akan jadi sekitar 20 hari kerja kedepan (tertulis tanggal jadi pada resi/ kertas kuning), resi tadi di foto copy yach…! jadikan satu foto copy resi dengan berkas. Yang asli disimpan yach buat ambil BPKB nanti.

 

Ketiga : meluncur ke Kantor samsat dan menuju ke loket 1 / loket Cek Fisik , sisi Timur kantor Induk sisi luar. Registrasi cek fisik sama halnya pajak 5  tahunan) bayar 10 ribu, lalu ke loket 2 / loket Pelayanan Formulir sebelah utaranya, beli formulir seharga total 80 ribu(biaya penerbitan STNK=50 ribu, + biaya penerbitan TNKB/plat nomor = 30 ribu), lalu mengisinya. Setelah formulir diisi kemudian dimasukkan kembali ke loket 2 tersebut, tunggu sebentar setelah selesai diverifikasi,  lalu masuk ke dalam kantor samsat dan menuju ke loket 1, dan masukkan berkas dari loket 2 tadi, ditunggu sebentar, nanti ada panggilan dan kembali kita akan di beri resi untuk mengambil STNK, setidaknya akan selesai dalam 10 hari kerja.

Dan selesai sudah proses balik nama sepeda motor di Bantul, cukup mudah bukan??? Ayo urus sendiri saja hindari Jasa perantara atau calo, nih himbauan dari pak Polisi :

Himbauan menghondari jasa perantara / calo, saat urus pajak

Himbauan menghindari jasa perantara / calo, saat urus pajak

 

Advertisements

33 thoughts on “Proses Balik Nama BPKB+STNK Motor Di Bantul

  1. wah kebetulan bgd nih mas.. kalo misalnya baliknama tapi masih dalam satu keluarga butuh kuitansi juga ya? rencana mau baliknama motor ke adek saya soalnya saya udah beda ktp.. biar bisa tetap lanjut ini motor pake plat nomor + alamat yang sama

    Liked by 1 person

  2. Wah sip mas info yg menarik…nah ini saya pnya kasus gni mas…sy ada motor suzuki bebek plat A th 2004 komplit stnk bpkb.. pjk telat 2013…rencana mau sy balik nama masuk ke Bantul. Apakah prosesnya sesimpel ini juga? Trus kira2 perhitungan dendanya brapa y mas… Nuwun

    Liked by 1 person

    • Iya terimakasih Fiandamdin, intinys jika pajak telat selama berapa tahun tinggal mengkalikannya penjumlahan antara (PKB+SW) ditambah denda -denda(denda PKB, denda SW). Nah jika seperti kasus mu di atas yakni telat dari th 2013 atau telat selama 3 tahun, maka estimasi perhitungannya sbb ; 3 x (PKB+SW) + 3 x 48%(PKB) + 3 x 32.000. Untuk balik nama lain daerah (Kabupaten) memang sedikit berbeda, prosesnya cek fisik di Polres s asal dimana BPKB diterbitkan lalu, melakukan pengabutan berkas di samsat asal STNK di terbitkan, setelah proses itu selesai baru memasukkan berkas ke samsat di wilayah baru/yang diinginkan.

      Like

  3. Mas kan saya kredit motor atas nama tante saya,skrg motor itu udah lunas dan saya mw balik nama atas nama saya.dan satu lg itu pajak ny gk dibayar selama 3 tahun.jadi kira2 gmna caranya?

    Liked by 1 person

    • Untuk pajak telat selama 3 tahun maka rumusannya sbb: 3 x(PKB+SW) + 47%(3xPKB) + (3×32.000), iya bisa balik nama, baik nya pas pajak 5 tahunan/ganti plat-stnk biaya dekitar 410 ribu.

      Like

  4. pak mau tanya, kli misalkan di bpkb penulisannya kliru untuk nomor mesin satu huruf di belakangnya, contoh xxxxx 195 tp nulisnya xxxxx196, di stnk dan di cap mesin nomornya sama,, untuk ngurusnya gimana ya? soalnya sekalian mau pajak 5 tahunan dan mau tak balik nama sekalian, dari Bantul ke Bantul jg, mksh sblmnya

    Liked by 1 person

  5. Pak, trs itu nanti di kenai biaya2 tambahan gak untuk membetulkannya? misalkan ada biaya tambahan sekitar brp untk total keseluruhan ya untuk administrasinya di kantor polres, sebelum masuk ke samsatnya

    Liked by 1 person

      • urutanya balik nama dari yg pertama hrs kmn dulu? misalkan untuk motor roda dua,, kepolres dulu apa ke samsat dulu? sekali lg makasih bgt kepada beliau,,info ini saat berguna bgt dan bermanfaat bgt buat saya

        Liked by 1 person

  6. motor saya telat 2x plus ganti plat 5thunan
    dan ada rencana balik nama,mending skalian atau bagaimana bisa lebih irit ngga?itunganya telat 15 bulan
    perhitungan ya bagaimana?

    Liked by 1 person

  7. Mas maaf mohon infonya kalau motor saya vario 2008 telat pajak+ganti plat kira kira dibutuhkan dana berapa ya?dan sekalian saya mau mutasi dan balik nama dari bantul ke jogja?itu total biaya semuanya berapa ya mas?biar ada ancang2 dananya?makasih atas informasinya mas

    Like

    • Baiklah meskipun rumusan bersifat estimasi , ganti plat biaya sebesar 185ribu. Untuk bea balik nama sekitar 500 ribu, pajak tahunan hitungannya PKB+ SW-JR + 25.000, denda pertahunnya 48%xPKB + 32.000

      Like

  8. Pak motor Saya honda scoopy thn 2013,, mau balik nama dari bantul ke bantul,,, skalian ganti plat 5 tahunan..
    Kira2 biayanya brp ya pak???

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s