Odong-odong 2016
Odong-odong 2016

Bagi yang ingin mencari rezki secara mandiri atau berwirausaha, mungkin usaha ini bisa menginspirasi anda.

Bukan muluk-muluk sih, tapi menurut saya usaha ini ibarat peribahasa “sekali dayung dua pulau terlampaui”, atau “sambil menyelam minum air”. Maksudnya Disamping bekerja untuk mendapatkan uang, usaha ini juga bisa menyenangkan hati anak-anak. Itu lah profesi operator odong-odong.

Bagaimana tertarik masbro?

Wirausaha ini bisa dibilang cukup mudah, hanya mencari tempat mangkal yang strategis untuk menaruh odong-odong, atau di pinggir jalan yang stretegis (dekat keramaian), dan mencari waktu yang tepat. Dan waktu yang terbaik /tepat ya memang diwaktu sore hingga malam hari. Tapi tidak menutup kemungkinan di waktu pagi , toh pelanggan odong-odong belum lah anak-anak usia sekolah. Karena kisaran umur anak-anak yang naik odong-odong ya antara usia 1-3 tahun. Bisa juga mendatangi jika ada event-event tertentu yang melibatkan anak-anak. Atau bisa keliling kampung.

Untuk modal awal memanglah agak lumayan, satu unit odong-odong dengan 6 tunggangan berharga antara 10-19 juta.

Untuk buatan pabrik yang dari Surakarta, juga Madiun. cat halus/air brush 6 tunggangan terbuat dari fiber seharga sekitar 19 juta. Untuk buatan lokal Bantul dihargai sekitar 10 juta.

Menurut operator odong-odong yang sempat saya tanyai, mereka dalam semalam bisa mengantongi uang sekitar 50-100 ribu. Untuk tarif naik odong-odong sebesar 4000-5000 rupiah/anak dengan waktu tak terbatas/ sebosannya si anak (kalo dulu 1-2 kali bayar 2 ribu)

Kinipun tenaga gerak dari odong-odong didapat dari arus listrik AC-DC atau dari daya baterai/aki, ya cukuplah untuk sekali tampil/ semalam atau sekitar 4 jam, jikadaya bateraiaki habis tinggal diisi ulang. Jadi operator odong-odong saat ini lebih enak, tinggal menunggui saja, tidak seperti dulu yang harus dikayuh untuk mengasilkan tenaga gerak.

Gimana tertarik masbro ? Buruan geh sebelum keduluan yang lain…..!!!!

Notice: Jika anda warga Bantul, nanti bisa saya bantu pesankan odong-odong nya buatan wilayah Bantul.

Seorang anak batita sedang naik odong-odong
Seorang anak batita sedang naik odong-odong
Advertisements