Ilustrasi
Ilustrasi

Di Saat menjelang dan sesudah lebaran jalanan dimanapun pasti padat akan kendaraan, tidak terkecuali untuk wilayah Bantul. Nah jika anda hanya ingin melintas saja kotaBantul, anda bisa menggunakan 7 jalur alternatif ini.

Ketujuh jalur alternatif ini dibagi menjadi dua jalur yakni untuk ke kota/Daerah Istimewa Yogyakarta, dan alternatif menuju Wonosari-Gunungkidul.

Yang mana ketujuh jalur alternatif ini bisa menjadi solusi dikala jalan utama di Bantul mengalamai kepadatan hingga kemacetan.

Berikut pembagiannya :

  1. Jalur ke Kota Yogyakarta :
  • Bagi kendaraan pemudik yang datang dari arah barat, yaitu melewati simpang Toyan (Kulonprogo) melewati Srandakan (Bantul)-Cengkiran-Wijirejo-Gua Selarong-Bangunjiwo-ring road Selatan.
  • Dari arah Barat : simpang Sedayu/ Jalan Wates- Pajangan-Wijirejo-Gua Selarong kemudian masuk kawasan jalan lingkar selatan.
  • Masih dari arah  barat ; Simpang Toyan-Srandakan-simpang tiga Kadirojo-ring road barat Bantul-Klodran-jalan Bantul-menuju ring road Selatan.
  • Dari arah barat ; Jalan Wates-masuk Sedayu, pemudik bisa melalui Pajangan-Wijirejo-simpang tiga Kadirojo-Klodran-jalan Bantul-masuk ring road selatan.

2. Jalur alternatif menuju ke Wonosari atau wilayah di Gunungkidul, terdiri dari tiga jalur : (dari arah barat) :

  • Dari simpang Toyan maupun Sedayu-Srandakan-Palbapang-Imogiri-Pleret (Banyakan)- Piyungan.
  • Toyan/Sedayu-Srandakan-Palbapang-Imogiri- Mangunan-Dlingo-Dodogan-Gunungkidul.
  • Toyan-Srandakan-Palpabang-Imogiri-Panggang.

WEll demikianlah 7 jalur alternatif untuk arus mudik maupun balik, jika dai arah Timur, tinggal dibalik saja urutannya.

Selalu waspada dijalan…utamakan keselamatan… Redam emosi, & hormati pengguna jalan yang lainnya…!!!! Selamat berlibur & berlebaran….!!!!!

 

Sumber ; tribunjogja.com (ada gubahan sana-sini)

Advertisements