_MG_9909

Jum’at sore di bulan Ramadhan tahun ini (1437H/2016M) menjadi agenda rutin bagi aksi sosial anak muda jogja dalam kegiatan “Berbagi Nasi”.

Sungguh mulianya mereka menyisihkan waktu nya guna menjadi peraantara para donatur untuk mengantarkan /memberikan nasi bungkus kepada sebagian warga Jogja yang dipandang pantas menerimanya.

Kemarin sore (Jum’at, 24/6) saya mencoba mengikuti  Aksi sosial ini, mereka berkumpul dihalaman balai Pamungkas, biasanya kata mereka bwrumpul atau istilah mereka titik point di pintu timur Stadion Kridosono, berhubung cuaca hujan maka beralih ke balai tersebut yang ada  tempat berteduhnya.

Selepas ‘Asr, para donatur/pemberi nasi,  silih berganti datang mengantar nasi bungkus  dan langsung diterima oleh anak-anak muda “Berbagi Nasi”. Oiya domisili para pejuang berbagi nasi & nutrisi ini berasal dari berbagai wilayah di Jogja, ada dari Bantul,  Condong Catur, yang sebenarnya lumayanlumayan jauh dari ‘titik point’ sekitar 15-20km, namun antusiasnlme mereka sungguh besar.

Selepas jam 5/sore mereka mulai melakukan aksinya dengan megendarai sepeda motor, setelah membagi rute. Sekitar 20 muda-mudi yang beraksi sore itu. Dan Sore kemarin menurut bro Rudy terkumpul setidaknya 400 nasi bungkus. Saya mencoba mengikuti mereka (denga ijin mereka tentunya), langsung deh mereka menghampiri tukang ojek diseputaran stadion Kridosono. Lalu menujunke japan Abu Balar Ali, sembari begitu melihat rukang becak maupun pemulung mereka menghentikan laju motor mereka lalu memberikan nasi bungkus. Sedikit kesulitan saya yang mencoba mengabadikan aksi mereka, karena begitu cepat dan spontan, jadi kebanyakan hasil jepretan kamera saya banyak yang nge-blur/kabur.

Lalu mereka terus ke selatan menuju jl. Mataram, terus ke jl. Mayor Suryotomo, dan belok Kanan/ke arah Barat menuju jl. Panembahan Senopati, lalu nalik arah lagi menuju Timur Taman Pintar-Taman Budaya, lalu ke seputaran pasar Beringharjo, masuk jalan Malioboro dan lurus ke selatan finish di Alun-alun Utara Yogyakarta sayap timur. Waktu sudah adzan maghrib saat di alun-alun tersebut, saat nya berbuka puasa dengan mereka, dan sepertinya rekan-rekan mereka yang lain sudah tiba lebih dulu.

Dan inilah aksi mereka hasil jepretan saya:

Di titik point/titik kumpul, di balai Pamungkas timur stadion Kridosono
Di titik point/titik kumpul, di balai Pamungkas timur stadion Kridosono

_MG_9860

Saatnya beraksi
Saatnya beraksi
Pasukan "Berbagi Nasi"
Sebagian Pasukan “Berbagi Nasi”
'Target Operasi' Berbagi Nasi
‘Target Operasi’ Berbagi Nasi

_MG_9867

IMG_9872

IMG_9882

IMG_9885

IMG_9888

_MG_9901

_MG_9903

_MG_9905

_MG_9908

 

 

….

Catatan : aksi dokumentasi saya ini bukan bermaksud me-riya’ kan aksi mereka, para donatur, hanya semata mata menjadi bukti dan saksi atas aksi mereka, dan dengan mata dan kepala saya sendiri bahwa aksi mereka benar-benar terjadi. Aksi mereka yang tanpa pamrih, tanpa tumpangan organisasi apapun, maupun partai apapun, murni aksi sosial. Jadi bagi para pen-Shodaqoh atau donatur, silahkan teruskan memberi sebagian rizqi anda karena telah tersampaikan dengan baik, bagi yang belum pernah, jangan ragu lagi untuk menitipkan shodaqoh anda. Dan bagi yang ingin bergabung dengan aksi berbagi nasi & nutrisi silahkan datang dan jangan ragu lagi, hanya sekedar bantuan tenaga saja, sangat membantu mereka sebagai pejuang aksi berbagi mereka. Monggo cari pahala sebanyak-banyaknya bersama mereka…!!!!
Advertisements