3 Hari Kedepan Hujan Lebat Masih Mengguyur Seluruh Wilayah Indonesia

Sabtu (18/6)sore langit Bantul terlihat mendung, kemudian gerimis lalu hujan lebat disertai angin hingga jam 10malam.

Ternyata hujan lebat juga turun disebagian besar wilayah Indonesia, dari Sumatera hingga Papua. Bahkan di Pureworejo, Kebumen dan Banjarnegara terjadi tanah longsor.

Menurut Deputi Bidang  Meterologi Klimatologi dan Geofisika pusat, Dr Yunus S Swatinoyo memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem. Prakiraan cuaca ekstrem tersebut diprediksi terjadi hingga tiga hari ke depan, yakni selama rentang 17 – 20 Juni 2016.

Pak Yunus menambahkan dari tinjauan kondisi atmosfer terlihat beberapa indikasi yang menunjukkan munculnya potensi hujan lebat di wilayah Indonesia.

“Kondisi masih hangatnya suhu muka laut di atas normal perairan Indonesia barat, masuknya aliran massa udara basah dari samudera India di maritim kontinen Indonesia serta lemahnya aliran masa udara dingin Autralia di wilayah Indonesia,

diperkirakan memberikan kontribusi pada peningkatan curah hujan,” tulisnya.

Selain itu dengan adanya daerah perlambatan, pertemuan dan belokan angin di wilayah Sumatera dan Kalimantan mengakibatkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil sehingga meningkatkan potensi petir dan angin kencang.

Dari kondisi tersebut beberapa wilayah di Indonesia diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas lebat. Sejumlah daerah itu antara lain meliputi  Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung.

Sementara untuk di wilayah pulau Jawa yakni di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur.

Selain itu potensi cuaca ektrem juga bisa terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku dan Papua.

“Untuk itu masyarakat dihimbau agar meningkatkan kewaspadaan pada potensi bencana yang dapat ditimbulkan, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, genangan dan pohon tumbang. Serta bagi operator jasa transportasi laut juga dapat mewaspadai potensi hujan lebat dan gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan selatan Sumatera, Jawa hingga Bali-NTT,” katanya.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui call center 0216546315/18. Juga dapat mengakses informasi melalui http://web.meteo.bmkg.go.id, twitter @infobmkg, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Sumber : http://www.tribunjogja.com

Advertisements

6 thoughts on “3 Hari Kedepan Hujan Lebat Masih Mengguyur Seluruh Wilayah Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s