Menikmati Pantai Parangtritis Dari Ketinggian Bukit Paralayang

Icon pantai Parangtritis

Icon pantai Parangtritis

Sebenarnya ini kunjungan (eh kayak pejabat) …kedatangan(eh kayak pesawat)…mmm kali kedua saya menginjakkan kaki ditempat ini, di sebuah tempat tinggi dari perbukitan sekitar timur pantai Parangtritis, yang dinamai dengan ……

Bukit Paralayang.

Dari sinilah para pecinta olahraga angkasa yakni olah raga paralayang dalam mengawali aksinya. Iya dengan kata lain Bukit Paralayang ini sebagai landasan pacu olah raga terbang bebas menggunakan kain(parasut).

Tidak ada ubahan pada tempat parkiran area ini, hanya saja cat dan keadaan yang tak terawat, warungnya, ibu penjualnya juga masih sama saat kali pertama main ketempat ini sekitar 11-12 tahun lalu.

Area parkir Bukit Paralayang

Area parkir Bukit Paralayang

Hmmm sembari mengingat-ingat lewat mana untuk sampai dititik puncak Bukit Paralayang. Oiya masih ingat juga dulu itu saya bersama teman-teman pernah main tali/climbing di sebelah Utara dari lokasi parkir Bukit Paralayang. Jadi lokasi ini bisa juga untuk tujuan bagi para pecinta panjat tebing/climbing.

Saat nya mendaki, eh ada jalur alternatif baru ke titik puncak baru…ow tapi koq begitu menjulang dengan kemiringan sekitar 60-70°. Si ibu penjual menyarankan lewat sisi Barat atau jalur lama saja, biar enggak begitu menanjak. Baru beberapa kaki melangkah sudah menemukan hal baru yakni sebuah rest-area layaknya cafe, setelah dilihat-lihat berlabel nama Jogja Sunset Park, berada di sisi kanan jalur pendakian ke puncak. Melihat namanya pastilah kita bisa menerka dan menebaknya,  spot untuk menikmati matahari terbenam. Hmmm nice destinasi tuh bwt yang berselera romantis.

Jalur baru ke puncak Bukit Paralayang

Jalur baru ke puncak Bukit ParalayangParalayang

Jogja Sunset Park

Jogja Sunset Park

Well lanjut mendaki, setegah perjalanan kita bisa break untuk ambil napas dulu, karena memang tanjakan 100 meter yang menguras detak jantung dan nafas. Di midle ini kita telah disuguhkan landscape view Pantai Parangtritis dari ketinggian dari sisi Timur-Laut..I think we just want to say wow amazing..menakjubkan, deburan ombak yang putih, birunya laut, dan coklat keabuan pasir pantai, serta hijaunya pepohonan dari ketinggian memberi taste tersendiri.

Panorama dari setengah jalan menuju puncak Bukit Paralayang

Panorama dari setengah jalan menuju puncak Bukit ParalayangParalayang

 

Jalan berundak menuju puncak Bukit Paralayang

Jalan berundak menuju puncak Bukit Paralayang

Oke lanjut menapak tanjakan yang semakin menjulang searah Selatan…dan sampailah dipuncak Bukit Paralayang, hamparan bebatuan kapur putih seakan tertata rata seluas lapangan bola. Tidak begitu flat sih, agak sedikit miring/ menurun di ujung Barat, dan meninggi di ujung Timur selepas itu jurang semua Man, selatan-barat-utara-timur semua jurang .  so kita kudu waspada dan ati-ati saat di lokasi ini.

Jadi jujur saja, bahwa saat di atas  sedikit ada rasa ngeri, ngeri akan takut ketinggian. But behind that...tapu dibalik itu semua ada hamparan panorama menghipnotis mata kita, ads rasa takjub akan alam ciptaan Tuhan. Disaat kita memandang lurus kedepan atau ke arah Barat, maka kita disuguhi landscape Pantai Parangtritis, pantai no satu di Jogja. jika kita menghadap ke kiri atau selatan, maka kita memandang lautan luas Samudera Hindia yang seakan menyatu dengan langit karena warna biru yang seirama. Bila kita membalikkan badan, atau menghadap ke Timur maka area perbukitan lembah pepohonan wilayah Gunung Kidul menjamu kita.  Begitu pula disisi kanan atau bila kita menghadap ke Utara, maka perbukitan perbatasan Bantul dan Gunungkidul menyapa kita.

Hamparan kerikil bebatuan kapur di puncak Bukit Paralayang

Hamparan kerikil bebatuan kapur di puncak Bukit ParalayangParalayang

View pantai Parangtritis dari ketinggian Bukit Paralayang

View pantai Parangtritis dari ketinggian Bukit ParalayangParalayang

_MG_9837

_MG_9836

_MG_9835

Ya disamping khusus untuk area boarding olahraga paralayang/ olah raga dirgantara non mesin, boleh koq kita kesana, asal kudu hati-hati, untuk anak2 kecil sebaiknya jangan dulu, atau musti diawasi orang tuanya. Waktu yang tepat dan enak ya pagi atsu sore hari, kalo siang panas 100%, karena tidak ada pohon atau atap bangunan. Yang terbaik ya sore hari sekalian melihat sunset.

Ow-iya baru tau juga kalo Bukit Paralayang ternyata masuk wilayah Gunungkidul, aku kira masih Bantul. Yakni berada di wilayah dusun Watugupit, desa Girijati, kecamatan Purwosani.

Untuk ke lokasi ini sangatlah mudah, jika dari Parangtritis terus saja ke arah Timur naik terus lalu ambil kanan/ada petunjuk arahnya. Tapi harus di butuhkan kendaraan yang fit untuk ke lokasi Bukit Paralayang, karena banyak tanjakan yang tajam.

Menikmati Pantai Parangtritis dari ketinggian? Kenapa tidak, Bukit Paralayang dsn Jogja Sunset Park menanti anda…..

Di puncak ada sebuah prasasti perintis Paralayang

Di puncak ada sebuah prasasti perintis Paralayang

Ini bunyi prasasti Bukit Paralayang

Ini bunyi prasasti Bukit Paralayang

_MG_9828 _MG_9826

…..

Advertisements

2 thoughts on “Menikmati Pantai Parangtritis Dari Ketinggian Bukit Paralayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s