Salah satu sis view Kebun Buah Mangunan - foto: agungsigitz twitter @jogja24jam
Salah satu sis view Kebun Buah Mangunan – foto: agungsigitz twitter @jogja24jam

Saat ini segala info dengan mudah dan cepat tersebar berkat adanya internet yang didalamnya peran  media-sosial sangatlah dominan sebagai media penyebarnya. Hanya dalam hitungan detik saja, segala info bisa langsung terbaca oleh siapa saja pengguna media sosial.

Tidak terkecuali tempat-tempat yang eksotik, jika diketahui oleh satu orang saja, dan dia unggah melalui media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan yang lainnya, langsung deh menjadi viral (diketahui bersamaan) bagi para netizen/pengguna internet yang lain, dengan begitu dalam sekejap tempat tersebut akan mendadak rame.

Seperti di Bantul, satu tempat yang dulunya sepi-sepi saja, namun berkat efek viral dari media sosial, tempat-tempat tersebut menjadi rame dan banyak dikunjungi (populer & tren) walaupun memanglah bukan suatu tempat wisata. Akan tetapi lama-kelamaan dengan banyaknya yang berkunjung ke tempat tersebut maka pastinya tempat tersebut didaulat menjadi obyek wisata baru.

Menjadi tempat yang nge-tren/ populer di suatu daerah, maka kita bisa dikata tidak atau kurang afdol jika belum kita mengunjunginya jijs kita berada di daerah tersebut.  So, bagi teman-teman luar kota yang sedang dan akan berkunjung di Bantul, stay tune tulisan ini yach…biar ga ketinggalan…..

Well, Menurut pengamatan saya dalam kurun waktu satu-dua tahun terakhir, tempat-tempat di Bantul ini banyak diunggah melalui facebook, dijadikan background foto-foto selfie & tempat narsis bagi para netizen untuk berfotoria, karens tempatnya begitu mempesona, begitu eksotis, pantaslah semua orang penasaran dan ingin mengunjunginya.

Dan ini nih 4 tempat terpopuler berdasar banyak pengunjungnya:

 

    1. Hutan Pinus

Panggung teater di kawasan wisata Hutan Pinus
Panggung teater di kawasan wisata Hutan Pinus

Awalnya memang lah sebuah kawasan hutan pohon pinus, saya masih ingat sekitar 5 tahun terakhir tempat ini masihlah sunyi dan sepi. Bahkan bisa dibilang sedikit menakutkan bila melewati kawasan ini. Berada di perbukitan/ pegunungan wilayah Bantul sisi Timur, tepatnya wilayah dusun Gunung Cilik, Munthuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau merupakan Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo.

Pohon-pohon Pinus tumbuh berjajar rapi di kanan dan kiri jalan, ini yang menjadi identitas tempat ini serta ke-eksotisan kawasan ini, desiran suara angin diantara pepohonan pun menambah cita rasa tersendiri.

Saat ini telah dan sedang dibangun sebuah panggung/ pertunjukan yang terbuat dari kayu. Untuk yang ingin mencari tau lebih akan hutan pinus telah banyak yang menulisnya, ketik saja di google hutan pinus imogiri, lokasi juga telah ada di googlemap. Atau sedikit foto dan tulisan saya berikut, klik disini.

 

    2. Puncak Becici

Panorama di Puncak Becici
Panorama di Puncak Becici

Kalo menurut namanya sih puncak=tempat tertinggi, Becici=sejenis variaan dari pisang. Mungkin bisa jadi awapnya adapohon pisang becici di area puncak, hingga diberi nama itu. Tempat ini sepertinya baru saja dibangun dijadikan obyek wisata baru, melihat fasilitas nya masih baru…menawarkan view yang indah dari ke tinggi an, selengkapnya baca saja disini

 

3. Kebun Buah Mangunan

Salah satu spot Kebun Buah Mangunan
Salah satu spot di Kebun Buah Mangunan

Tempat ini memanglah dari awal tetapkan sebagai obyek wisata, jadi memanglah ditata sedemikian rupa menjadi tempat berlibur. Kelebihan di lokasi wisata kebun buah Mangunan adalah di kala musim buah pastilah melimpah, dan disana ada satu titik spot foto terbaik dimana ada back ground jembatan gantung Imogiri yang terlihat jauh dibawah dari obyek utama yang berada di ujung selatan.

 

   4. Jembatan Gantung Imogiri

 

Jembatan Kuning Imogiri
Jembatan Kuning Imogiri

Memang lah sebuah jembatan, namun menarik nya jembatan ini tanpa adanya tiang ditengah-tengah nya, jadi menggantung. Dengan cat warna kuning menjadi ikon jembatan ini. Dengan eksotisme sungai Oya dibawahnya, bukit-bukit menjadikan background yang elok untuk berfoto ria.

 

Ketiga tempat tersebut menawarkan landscape nan elok, panorama keindahan alam perbukitan. Namun begitu bukan hanya di spot tersebut kita bisa menikmati pesona nya, tapi juga sebelum menuju ke tempat ketiganya perjalanan kesana menawarkan begitu banyak keindahan alam. Jalanan berkelok, dan naik-turun.

Penasaran??? Yes, mumpung ini akhir pekan, jadikan saja keempat nya mejadi destinasi liburan kalian minggu ini…

Selamat berlibur di Bantul, selamat berburu ke tempat tersebut, Jangan lupa bahagia, jangan lupa menikmati perjalanannya….

 

 

 

 

Advertisements