Contoh sebuah SIM C
Contoh sebuah SIM C

Hmmm…..saat ini lagi santer-santernya kabar kalo tidak ada lagi waktu toleransi perpanjangan SIM (Surat Ijin Mengemudi), meskipun satu (1) hari..

Begitulah kabar yang berhembus di dunia maya/ media online, media sosial…teman-teman blogger juga mem-publis kabar ini.

Dan blog saya ini (yang juga bisa disebut dengan media online independent plus individu), karena kebetulan artikel di blog saya ini ada bahasan atau tulisan mengenai  Batas toleransi perpanjangan SIM yang sepertinya banyak di hampiri oleh banyak pembaca di tanah air. Secara pribadi saya sempat gusar mengingat di dalam artikel saya tersebut menyebutkan toleransi perpanjangan SIM waktunya adalah 3 bulan. Sebagai pribadi yang bertanggung jawab moral akan media (penerbit berita) blog, (yach walaupun kehadiran nya belum diakui legitimasi nya sih oleh pihak terkait) saya berusaha mencari tau dan bertanya ke pihak-pihak terkait (dalam hal ini pihak kepolisian tentunya) pada tingkat nasional. Namun sepertinya tidak menemukan kepastian akan peraturan terbaru mengenai batas waktu perpanjangn SIM ini. Yang akhirnya saya mengecilkan ruang lingkup ‘tanya’ ke tingkat kabupaten saja.

Maka saya melayangkan surat elektronik ke humas Polres Bantul dan mendapatkan jawaban seperti ini; …

“Waktu tolerasi perpanjangan SIM di Polres Bantul maksimal 3 bulan. jadi apabila SIM anda sudah terlambat maksimal 3 bulan masih bisa diperpanjang di polres bantul. apabila lebih tiga bulan maka harus buat baru lagi.”

Surel/email dari humas Polres Bantul
Surel/email dari humas Polres Bantul

Juga ada info dari salah satu teman di Jogja yang sempat memperpanjang SIM nya si layanan SIM Corner Joga ( Ramai Mall) , bahwa saat pelaksanaan perpanjagan ada pengumuman dari Dilantas Polda DIY bahwa batas toleransi perpanjangan SIM masih 3 bulan. Ini percakapan asli nya…

Capture percakapan saya dan teman di facebook
Capture percakapan saya dan teman di facebook

Baiklah teman-teman, demikianlah seputar info terbaru mengenai perpanjangan SIM, tapi maaf info ini sementara untuk Bantul Yogyakarta, untuk wilayah lain nyusul, atau ada yang ingin nambahi info dari wilayah luar Jogja, monggo silahkan..!!!!

Advertisements