Domba
Domba

…..Blantik (bahasa Jawa) merupakan penyebutan untuk orang penjual hewan, sapi domba/kambing.

Ialah Pak Agus Sulaimanto, atau yang lebih bangga dipanggil pak Kumis.

Kumis- Agu;Pak 20160429_203144
Pak Agus Sulaimanto atau lebih dikenal dengan Pak Kumis

lha kenapa begitu ya? Iya karena seperti foto diatas dia berkumis hehe…exactly tepat sekali Pak Agus bertampang dengan kumis, dia seorang blantik yang cukup dikenal di wilayah Bantul. Menekuni berwirausaha menjadi blantik kambing juga domba sudah hampir 20 tahun yang lalu. Dan bukan hanya jual-beli kambing saja yang Pak Kumis geluti, namun juga melayani pemotongan hewan hingga mengolahnya. Mau dimasak apa? Gulai? Tongseng? Sate? Atau bahkan kambing guling? Pak Kumis siap sedia.

Banyak opsi yang diberikan sebagai bentuk pelayanan, memotong atau menyembelih saja boleh, juga jika kita percaya ke beliau, disaat kita ada hajatan Aqiqah misalnya, jika kita tsk ingin repot-repot, kita tinggal menerima masakan matang (gulai, tongseng,sate) juga bisa. Ingin menyembelih dirumah kita, pak Kumis juga disiap panggil, dijamin tinggal masak saja, bahkan kepala dan kaki hewan yang dipotong telah bersih dipisahkan daging dari tulangnya. Jadi kita tidak perlu susah-susah. Tinggal duduk-manis, melihat pemotongan hewan, pengeletan/ pemisahan kulit hingga daging dipotong-potong kecil telah dikerjakan oleh Pak Kumis dan asistennya. Dan proses penyembelihannya pun sesuai dengan tuntunan agama, jadi kita bisa tenang dan aman.

Beragam kambing dan domba ready stock di rumahnya yang beralamatkan  di Polosiyo, Poncosari, Srandakan, Bantul, tinggal kita menginginkan harga yang antara berapa. Pak Kumis siap

Ini beberapa foto-foto cuplikan daInipak Kumis saat melakukan pemotongan domba;

Saat penyembelihan
Saat penyembelihan
Pengulitan
Pengulitan

DSC02347

 

Pembersihan bulu kepala domba
Pembersihan bulu kepala domba

DSC02349

DSC02350

……

Advertisements