Pintu masuk pasar Hewan Pandak
Pintu masuk pasar Hewan Pandak

Waktu pagi saatnya menjemput rizqi Illahi, pagi ini Selasa 26/04/2016, dikalender jawa bertepatan dengaan pasaran Legi, dimana di pasar Pandak tepatnya pasar Hewan Pandak menjadi harinya, pukul 8 pagi aktifitas warga baik sebagai penjual hewan ternak yakni kambing maupun domba, juga penjual sepeda mulai berdatangan. Juga para calon pembeli dari sepeda maupun calon pembeli kambing/domba. Yach mereka para penjemput rizqi Illahi lewat aktifitas jual-beli.

Keadaan pasar yang terlihat  (maaf ) usang tidak menyurutkan mereka bertransaksi di pasar ini.

Pada tahun berapa pasar Hewan Pandak ini dibangun dan didirikan, saya belum menemukan data validnya, yang jelas dari bangunan Los-nya merupakan bangunan kuno peninggalan Belanda(ada stample tulisan  Belanda/Holand). Seperti los-los yang ada dikebanyakan pasar tradisional lainnya, seperti pasar Jodog, Turi, Pundong, Gathak dan Grogol.

Apa apa saja aktifitas jual-beli di pasar hewan Pandak?

Di pasar ini Ada aktifitas jual-beli hewan, namu tidak semua hewan sih hanya kambing dan domba, [konon dulu sempat juga untuk jual-beli sapi] dan jual-beli sepeda onthel dan onderdilnya. Disamping juga ada penjual tembakau, nasi sayur, tongseng kambing bu Jariyah.  Di sisi luar ada penjual makanan kethoprak, alat-pertanian, alat rumah tangga, warung koboi, sevice jam, dan beberapa tukang cukur rambut.

Di pasar Hewan Pandak layaknya pasar tradisonal yang menghadirkan kesahajaan dan kesederhanaan. Pasar merupakan roda kehidupan, menjadi mata pencaharian, semisal simbah Tugiyem yang merupakan pedagang tetap di pasar Hewan Pandak, yang menjual sparepart/onderdil sepeda yang selalu ada di setiap dua hari pasaran pasar Hewan Pandak yakni pasaran Pon dan Legi. Mbah Tugiyem berdagang sudah lebih dari 20 tahun meneruskan usaha mbah kakung – suaminya. Menjajakan aneka onderdil sepeda, ada sadle, pedal, rantai dan lainnya,  terlebih stample sepeda klasik, seperti Gazelle, Simplexs, Batavus, Teha dan merk lainnya. Menurut mbah Tugiyem Stample tersebut memanglah tidak asli hanya produk tiruan dari Kota Gede Yogyakarta, walau begitu namun benar-benar mirip dengan aslinya.

Sementara di belakang mbah Tugiyem, ada Ibu Jariyah yang melayani logistik yakni menjajakan masakan tongseng kambing, boleh jadi memberikan tenaga bagi para blantik(penjual hewan) juga para pengunjung pasar Hewan Pandak. 

Menurut keterangan petugas pasar Hewan Pandak akan ada rencana renovasi pasar di tahun 2016 ini, wah ini merupakan kabar gembira bagi aktifis pasar Hewan Pandak ini tentunya.

Pasar ini merupakan bagian satu kepengurusan dari empat pasar lainnya yakni pasar Jodog, pasar Pijenan dan pasar Gathak, yang mana pasar Jodog menjadi pasar induk dari keempat pasar tadi.

Letak pasar Hewan Pandak begitu strategis karena berada di pinggir jalan raya Yogyakarta – Srandakan Km 16,5. Berada di sebelah barat kantor Kecamatan Pandak. Untuk kewilayahan masuk dusun Pandak, desa Wijirejo, kecamatan Pandak Bantul.

Ada petugas pasar di pasar ini, yang mengawasi aktifitas jual-beli serta menerima retribusi dari pedagang dikenakan sebesar 500 rupiah , juga menerima retribusi dari penjual yang laku akan dagangannya baik sepeda maupun kambing/domba sebesar 1000 rupiah per 1 dagangannya.

Pasar yang luasnya seluas separo dari lapangan sepak bola ini akan menjadi lebih menarik tentunya bilamana mendapat sentuhan pembaruan. Karena saat ini seperti yang saya utarakan di atas bahwa pasar ini telah terlihat usang, tembok  pagar depan retak-tetak, tiang-tiang pancang hewan mulai rusak.

Yach kita tunggu saja yang konon bulan Juni 2016 akan dimulai pemugaran pasar…

Dan untuk lebih mengenal akan pasar hewan Pandak, silahkan menikmatinya lewat bidikan kamera saya berikut ;

Terlihat transaksi antara pedagang dan pembeli
Terlihat transaksi antara pedagang dan pembeli

Sepeda gazelle asli
Sepeda gazelle asli

_MG_8329

_MG_8332

Pedagang klithikan/onderdil sepeda
Pedagang klithikan/onderdil sepeda

_MG_8334

_MG_8336

_MG_8339

Pedagang tembakau
Pedagang tembakau

_MG_8345

Simbah Tugiyem penjual stample sepeda klasik
Simbah Tugiyem penjual stample sepeda klasik
Tukang cukur/potong rambut tradisonal
Tukang cukur/potong rambut tradisonal

_MG_8355

 

Service jam pasar Hewan Pandak
Service jam pasar Hewan Pandak

 

Petugas pasar Pasar Hewan Pandak
Petugas pasar Pasar Hewan Pandak

 

Advertisements