152493_polisi-bolos-seminggu-dihukum-propam--pakai-baju-pink-jaga-kantor_663_382

Polisi atau pihak Kepolisian bertugas mengayomi dan memberikan rasa aman di tengah masyarakat.

Bilamana kita mengalamu tindakann ketidakadilan semisal uatu tindak pidana, maka kita berhak melapor kepada Kepolisian setempat untuk kemudian akan dicari pelaku kejahatannya. Sebagaimana tertuang dalam UU No 2/2002 tentang Kepolisian Negara RI, ‘bahwa pemeliharaan keamanan dalam negeri melalui upaya penyelenggaraan fungsi kepolisian yang meliputi pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat negara yang dibantu oleh masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.’

Tapi bagaimana bila ada oknum Polisi yang malah bertindak melanggar hukum? Semisal melenceng dari fungsi dan tugasnya sebagaimana tertuang dalam UU dan Tribrata sebagai nilai dasar dan pedoman moral Polri.

Sebagai contohPolisi memakai narkoba, polisi ikut terlibat dalam sebuah komplotan penjahat kerap mewarnai dunia kriminal tanah air.

Jika kita peduli dan tidak ingin tinggal diam ketika hal itu terjadi maka kita bisa melaporkan oknum Polisi yang ‘nakal’ tadi ke Bidang Propam atau menghubungi Div Propam Polri melalui No Telp (021-7218615).

Ini juga nerupakan himbauan dari Mabes Polri ,agar masyarakat melaporkan jika melihat ada anggota polisi nakal, masyarakat diminta untuk mencatat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut dan melaporkanke nomor telepon tasi atau bisa melalui email ke Website Div Propam Polri: http://www.propam.polri.go.id/ menu=pengaduan. Bisa klik di sini

Polri menjamin akan menjaga identitas warga yang melapor. “Jangan biarkan ada oknum masyarakat menyuap, jangan biarkan ada oknum Polri menerima suap.” demikian imbauan Mabes Polri. (Bag Humas Polres Bantul)

Namun, hal itu tidak serta merta memukul rata personalitas seorang anggota kepolisian. Masih banyak juga polisi baik dan jujur. Don’t think bad yach…!!!

(Sumber : Bag Humas Polres Bantul)

Advertisements