Air Terjun Sewu Watu Imogiri Bantul
Air Terjun Sewu Watu Imogiri Bantul

Imogiri menawarkan banyak tempat/ destinasi wisata, dengan ragam struktur tanah yang meliputi semua unsur,yakni lembah, ngarai dan bukit. Ketiganya ada di wilayah Imogiri.

Dengan adanya perbukitan, otomatis ada unsur air mengalir ke bawah ke bagian ngarai dan lembah yang lazim di sebut grojogan atau air terjun,  Ialah salah satu nya air terjun Sewu Watu yang ada di sebelah timur kompleks makam Giriloyo. Berada di dusun Cengkehan RT: 02, RW: 23, Wukirsari, Imogiri Bantul.  Biar lebih menarik dan menantang anda bisa hunting tempat ini(Air Terjun Sewu Watu) sendiri saja yach…yang penting anda tau wilayah Wukirsari serta makam Giriloyo pasti ketemu dengan air terjun ini. Karena memanglah cocok untuk destinasi tracking/ bersepeda.

Air terjun dengan nama Sewu Watu , ‘Sewu’ merupakan bahasa Jawa yang sama makna ‘seribu’ ke bahasa Indonesia, sedangkan Watu = batu, jadi jika boleh diartinya air terjun Sewu Watu adalah air terjun dengan banyak bebatuan. Ya memang begitulah keadaan di air terjun ini, banyak bongkahan batu yang ada dan tidak tanggung-tanggung, batu besar besar ada di sepanjang aliran air menuju air terjun. Batu yang begitu besar terpampang disana.

Oiya jangan kaget juga akan keadaan air terjun yang memanglah tidak begitu tinggi, mungkin sekitar 2-3 meter saja.

Tidak mudah menuju ke air terjun ini. Karena minimal jarak 500meter anda harus berjalan menyusuri jalan setapak dan menanjak. Merah tanah liat dan tanah padas yang berlumut yang pasti licin sehabis terkena air hujan, juga hanya setapak saja. Oiya sepertinya air terjun ini akan terlihat bilamana di musim penghujan saja, disaat air melimpah tentunya.

Ada dua tempat untuk memarkir kendaraan anda, jika anda menggunakan roda empat, anda bisa parkir di tempat parkir komplek makam Giriloyo. Karena sehabis itu kendaraan roda empat sudah tidak bisa naik lagi. Jika anda menggunakan roda dua /motor anda bisa naik lagi sekitar 100meter untuk memarkir motor anda. Jika anda menggunakan sepeda maka anda bahkan bisa mencapai ke air terjun. Ya walaupun banyak zona dimana anda harus turun dari sepeda/menuntun sepeda anda. Karena sebenarnya dari parkiran ke dua memang direkomendasikan untuk jalan kaki saja.

“Petunjuk arah ke titik air terjun”

Air terjun Sewu Watu letaknya sekitar 600 meter arah ke Timur/Tenggara dari makam Giriloyo. Dari parkiran makam Giriloyo  ke arah Kanan/Timur dengan  jalan menanjak sudut kemiringan sekitar 45-50° , menyusuri jalan cor, lewat di samping rumah penduduk, menanjak ke arah sedikit ke Utara dan Timur Laut, menyusuri jalan setapak, menajak, ke arah Tenggara hingga menemukan pipa besi ukuran 1 Inchi dan ikuti saja pipa tersebut ke arah Kanan atau Tenggara, dari sini sudah terdengar gemuruh suara air terjun, sekitar 100 meter didepan maka anda akan sampai di air terjun Sewu Watu.

Ini nich foto-fotonya ;

Ujung jalan kompleks makam Giriloyo. Ke arah kanan menuju air terjun Sewu Watu.
Ujung jalan kompleks makam Giriloyo. Ke arah kanan menuju air terjun Sewu Watu.
Jalan setapak tanah liat dan batu padas.
Jalan setapak tanah liat dan batu padas.
Jalan setapak disamping pipa besi
Jalan setapak disamping pipa besi
Sebentar lagi sampai di air terjun Sewu Watu
Sebentar lagi sampai di air terjun Sewu Watu
Air Terjun Sewu Watu Imogiri Bantul
Air Terjun Sewu Watu Imogiri Bantul

……

 

 

 

 

Advertisements