Update : Goa Selarong, Wisata Sejarah Di Bantul

_MG_6847

‘Long weekend’ memang cocok untuk berlibur, libur panjang Jum’at Sabtu Minggu, menjadikan waktu yang leluasa untuk berlibur ke tempat tempat wisata.

Hari ini Jum’at (25/03) dikalender berewarrna merah..jadilah libur panjang. Dan hari ini saya pun menyempatkan  untuk mengunjungi salah satu obyek wisata terkenal dan bersejarah di Bantul, yakni Goa Selarong.

Seperti yang kita ketahui bersama Goa selarong merupakan tempat bersejarah bagi awal perjuangan bangsa Indonesia, yakni salah satu Pahlawan Nasional yakni Pangeran Diponegoro dalam melawan kolonial Belanda.

Menurut literatur yang ada disana,  menyatakan bahwa Goa Selarong merupakan markas gerilya dari Pangeran Diponegoro dalam perjuangan melawan Penjajahan Belanda pada tahun 1825-1830, yakni sebagai tempat menyusun strategi peperangan. Pangeran Diponegoro tinggal di Goa Selarong setelah rumah yang ada di Tegalrejo diserang dan di  bakar habis oleh Belanda.

Di Goa Selarong terdapat dua goa utama, yakni Goa Kakung dan Goa Puteri. Goa Kakung ditempati untuk Pangeran Diponegoro serta pengikutnya yang laki-laki, dan Goa Puteri ditempati oleh selir Pangeran Diponegoro yang bernama Raden Ayu Retnoningsih, yang merupakan selir yang paling setia setelah wafatnya kedua istri Pangeran Diponegoro. Dibawah kepemimpinan Pangeran Diponegoro rakyat pribuni bersatu-padu dalam melawan Belanda, hingga semangat berkobar dalam balutan semboyan ” sadumuk bathuk – saknyari bumi, di tohi kathi pati ” ( se titik jari di kening sejengkal tanah, di bela sampai mati).

Itu lah sedikit sejarah mengenai Goa Selarong sebagai saksi bisu dari perjuangan Pangeran Diponegoro, nah bagaimana keadaan terkininya? Yuuk saya ajak anda berkeliling kesana….

Goa Selarong, berada didusun Kembang Putihan, Guwosari Pajangan Bantul, selain bernilai sejarah juga bisa kita jadikan destinasi wisata yang begitu nyaman untuk melepas kepenatan.

Dengan rimbunnya pepohonan di lokasi sekitar Goa, menjadikan kita betah berlama-lama di tempat ini. Sering juga di jadikan  lokasi perkemahan anak-anak sekolahan.  Tempat parkir yang luas, banyak nya arena permainan anak ; ayunan perosotan dan lainnya, pastinya anak-anak betah seharian disana.

Dari tempat parkir kita berjalan menyusuri jalan aspal sedikit menanjak menuju area obyek wisata goa Selarong, disana kita disambut area tempat bermain anak, dan jalan utama berundak guna menuju Goa. Disisi kiri jalan berundak, jika capek menanjak kita bisa berhenti diarea bermain anak yang memang terdapat di beberapa tempat, ada juga beberapa gazebo untuk duduk-duduk santai. Sekitar dua ratus undakan yang harus kita naiki guna kita mencapai goa utama. Lumayan sedikit menguras tenaga. Karena tingkat kemiringan juga relatif tinggi yakni sekitar 45°.

Nah sampailah kita di pelataran Goa, di samping Kiri kita akan mencapai ke Goa Kakung dan bila ke Kanan maka akan ke goa Puteri.

Namun jangan kaget goa selarong bukanlah goa kebanyakan yang mana kita bisa masuk ataupun menyusurinya. Karena Goa Kakung Maupun Goa Puteri hanya merupakan  cekungan saja. Kita hanya melihat di balik pagar saja sudah cukup melihat seluruh gua. Di ujung Goa Kakung terdapat air terjun, bilamana dimusim penghujan akan menjadi keelokan tersendiri. Yang menjadi buah khas dari goa Selarong adalah buah jambu biji, dan bengkoang, juga sawo, jadi anda bisa membelinya dari pedagang kecil yang ada dan relatif murah untuk oleh-oleh.

Nah untuk memperjelas tulisan saya silahkan lihat foto-foto berikut :

Harga Tiket Masuk Obyek Waisata Goa Selarong

Harga Tiket Masuk Obyek Waisata Goa Selarong

_MG_6858

_MG_6862

Jalan berundak menuju Goa

Jalan berundak menuju Goa

_MG_6865

_MG_6872

_MG_6866

_MG_6878

_MG_6907

Suasana di seputar goa utama

Suasana di seputar goa utama

_MG_6881

Goa Kakung

Goa Kakung

_MG_6885

_MG_6888

Goa Puteri

Goa Puteri

_MG_6899

Air terjun

Air terjun

_MG_6913

Oleh-oleh khas Goa Selarong 'Jambu Biji'

Oleh-oleh khas Goa Selarong ‘Jambu Biji’

 

_MG_6869Oiya untuk Harga tiket masuk ke wisata Goa Selarong relatif murah saja, hanya sebesar empat ribu rupiah saja. Parkir motor dua ribu rupiah.

Selamat berlibur ke Goa Selarong….!!!!

Advertisements

2 thoughts on “Update : Goa Selarong, Wisata Sejarah Di Bantul

  1. suwe banget aku ra ndono.. keri dewe jaman sd cycling po yo.. po sempet sak bar e dolan.. pernah juga meh ndono kesoren.. :mrgreen:
    nek musim udan air terjune apik yo mas?

    oya nek oleh ngenei masukan mas, nek akeh foto resolusi gedhe sampeyan ganti tema ne mas soale nek regulus ki terlalu sempit.. yen arep tetep regulus solusine yo nggon artikel disetting nek resolusi foto rodo dicilikke.. 🙄

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s