99-lorenzo__gp_9213.topcontent

Wow hebatnya Jorge Lorenzo memenangi gelar balap perdana motogp 2016, dibawah tekanan para jawara motogp. Balap yang di gelar di sirkuit Qatar merupakan balap malam dibawah sorot lampu menjadi pemandangan yang berbeda.

Dengan ban baru Michelin dan rangkaian elektronik  balap di Comercial Bank Of Qatar ini tidak hanya sebagai partai pembuka balapan saj, namun juga merupakan sebuah awal ‘era baru’.

Saat  uji coba pra musim sebenarnya juga telah banyak memperlihatkan siapa yang tercepat dan motor apa yang bekerja dengan baik, tapi  tak ada yang bisa menebak yang terjadi saat balapan berlangsung.

Sesi kualifikasi menunjukkan 12 pebalap teratas ada dalam detik yang sama, hanya terpaut sepersepuluh detik saja. Hingga Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha MotoGP) yang tercepat dan meraih posisi start pertama/pole yang menjadi kan pole ke 62 sepanjang karir balapnya yang mengantarkannnya menyentuh garis finish pertama di balap perdana setelah aksi salip menyalip.

Dibelakang Lorenzo ada Marc Marquez (Repsol Honda Team) yang begitu ngotot dengan motor Honda yang sedang terlihat ada beberapa masalah, namun dia menerapkan/ mengakalinya dengan gaya balap yang liarnya.

Melengkapi podium ada bintang muda Maverick Viñales (Team Suzuki Ecstar), pembalap muda asal Spanyol ini mengantarkan Suzuki kembali ke podium untuk pertama kalinya semenjak tahun 2008. Sementara Valentino Rossi (Movistar Yamaha MotoGP) yang start  di posisi 4, yang mana dia dan Lorenzo sempat bersitegang  di saat konferensi pers setelah insiden di FP4. Ini menjadi awal musim yang panas di keduanya.

Berikut jalannya balapan, disaat lampu merah padam tanda dimulainya balapan, Lorenzo langsung menyodok kedepan hingga tikungan pertama di depan Andrea Iannone (Ducati Team) dan Dani Pedrosa (Repsol Honda Team). Start yang buruk bagi Marquez, hingga mundur dari deretan lima terdepan. Setelah melebar di tikungan Lorenzo memimpin Iannone and Andrea Dovizioso (Ducati Team), mesin Desmosedici GP punya awalan yang bagus Qatar. Sementara Rossi terkunci di posisi empat.

Kecepatan tinggi dari Ducati terbukti menjadi sebuah kekuatan yang patut diperhitungkan bersama Iannone dan Dovizioso, keduanya dengan mudah melesat melewati Lorenzo di trek lurus, melemparkan sang Juara Dunia diposisi tiga hingga lap pertama berakhir. Dibelakang ketiga nya ada Rossi berada didepan Marquez, mereka semua menempati  empat di baris depan secara beriringan.

Iannone didepan melintas garis, dia dan Dovizioso membuka jarak sepersekian detik diikuti pasangan Yamaha. Sementara Pedrosa and Viñales diposisi enam dan tujuh, mereka mencoba menutup jarak. Di tikungan 6 lap ketiga Marquez mengambil dari sisi dalam dari Rossi untuk merebut posisi empat, Rossi 0.3 detik dibelakang Marquez.

Lap-lap tercepat tercapai padalims terdepan, ban Michelin terlihat meningkat pada setiap lap nya. Di lap keenam ‘Desmo Dovi’ mencoba mengambil alih posisi depan tapi dengan cepat terlempar kebelakang secara agresif dari rekan satu team nya yang akrab disapa ‘The Maniac’, tapi Dovizioso tidak gentat san takut mencoba kembali menyalip dinlap tersebut.

Melaju dengan kencang dan kencang, sayang akhirnya Iannone terjatuh dengan cepat di rikungan 13 dimanasia dan rekan satu teamnya saling menekan. Walaupun tidak terluka, tidak mampu finish sepertie menelan pil pahit. Terjatuhnya Iannone segera disusul oleh jatuhnya Cal Crutchlow (LCR Honda) yang keluar lintasan dan teejatuh di tikungan empat.

Dengan  jatuhnya Iannone, Lorenzo   berkurang saingan dan lalu menekan Dovizioso dengan keras didepan. Dovizioso yang tyap pada setidaknya 5 km/jam lebih cepat dari Lorenzo di trek lurus. Tapi pada lap sembilan jarak makin tipis.

Renteran lap tercepat ada di awal tengah balap, Lorenzo dan Dovizioso bergantian meeaih lap tercepat. Di tengah balapan Lorenzo menambah kecepatan 0.3 detik san melesat didepan. Yang lain yakni Marquez maupun Rossi membayangi dibelapang baris depan. Rossi terlihat berkurang kecepatannya tapi sempat tercatat waktu 1’55.281 di lap ke 14.

Masuk pada lima lap akhir. Marquez mendekat Dovizioso sqn lorenzo didepan bertahan sepanjang setengah detik memimpin. Di empat lap tersisa Marquez dengan kesusahan menyalip dari sisi dalam Dovizioso.

Marquez mencoba mendekati Lorenzo, tapi kembali segera bertemu Dovizioso dan Rossi. Di lap akhir Dovizioso menyalip mengambil alih posisi dua hingga tikungan 1.

LotenLorenzo akhirnya melintas garis finish dengam 2.019 detik didepan dari kedua, Dovizioso menyusul menempati posisi kedua setelah Marquez mencoba menyalipnya di tikunga akhir. Marquez menempati posisi tiga, dan Valentino Rossi 0,1 detik dibelakang nya si posisi keempat. Dani Pedrosa melenkapi lima terdepan tapi terpaut 13 detik dari posisi pertama.

Viñales, Pol Espargaro (Monster Yamaha Tech 3), Bradley Smith (Monster Yamaha Tech 3), Hector Barbera (Avintia Racing) and Scott Redding (Octo Pramac Yakhnich) Melengkapi deretan sepuluh besar.

Ada yang lain terjatuh yakni Loris Baz (Avintia Racing) and Stefan Bradl (Aprilia Racing Team Gresini) keduanya tidak terluka.

Lorenzo memimpin klasemen sementara dengan 25 poin, balapan akan kembali berlangsung pada awal April untuk FP1 di Gran Premio Motul de la Republica Argentina.

Berikut hasil balap selengkapnya :

 

1Jorge LORENZO

2Andrea DOVIZIOSO +2.019

3Marc MARQUEZ +2.287

4Valentino ROSSI +2.387

5Dani PEDROSA +14.083

6Maverick VIÑALES +15.423

7Pol ESPARGARO +18.629

8Bradley SMITH +18.652

9Hector BARBERA +21.160

10Scott REDDING +24.435

11Aleix ESPARGARO +35.847

12Eugene LAVERTY +41.756

13Alvaro BAUTISTA +41.932

14Jack MILLER +41.982

15Tito RABAT +54.953

-Stefan BRADL +11 laps

-Loris BAZ +14 laps

-Cal CRUTCHLOW +16 laps

-Andrea IANNONE +17 laps

-Yonny HERNANDEZ +21 laps

Advertisements