Sempat tipis-tipis dengar kalo ada perbincangan mengenai kantong Plastik, ada apa dengan kantong plastik?

foto

Ow ini ternyata ada sebuah wacana yang malah sudah menjadi kebijakan dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam surat edaran Nomor S.1230/PSLB3-PS /2016 tentang Harga dan Mekanisme Penerapan Kantong Plastik Berbayar. Dimana mulai 21 Februari 2016 ada sebuah pengaturan penggunaan Kantong Plastik. Maksudnya setiap orang yang berbelanja dan meminta Kantong Plastik dari penjualnya maka harus membayar nya.

Di sinyalir hal ini ditujukan guna mengurangi kantong plastik yang begitu leluasa penggunaannya hingga membuat semakin menambah sampah/limbah plastik semakin menggunung.

Maka mulai tanggal 21 Februri 2016 kemarin yang bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, Pemerintah dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRI) sepakat memberlakukan penggunaan kantong plastik seharga Rp 200/lembar sudah termasuk PPN.

Tidak hanya nominal, spesifikasi kantong plastik yang digunakan ritel modern juga telah ditentukan, yakni menggunakan plastik jenis “oxo biodegradable” yang lebih mudah terurai, jadi ramah lingkungan, yang menimbulkan dampak lingkungan paling minimal serta memenuhi standar nasional yang ditetapkan pemerintah.

Nantinya dana yang terkumpul dari pembayaran kantong plastik ini, dialokasikan untuk bertanggung jawab sosial perusahaan di bidang perbaikan dan pengelolaan lingkungan.

So, jangan kaget ya kalo besuk belanja di minimarket, supermarket atau toserba kamu disuruh bayar kantong plastik, hmmm atau kamu bisa bawa kantong plastik sendiri dari rumah…

 

 

 

Advertisements