Logo-PLN
Logo PLN – http://www.pln.co.id

Listrik merupakan penunjang kegiatan kita sehari-hari, baik diluar terlebih  didalam ruangan/rumah. Untuk keperluan sehari -hari dirumah kita semisal lampu/penerangan di malam hari, menonton televisi, memompa air, menyetrika, mencuci pakaian, mengisi daya gadget(alat elektronikdari hp hingga komputer) dan masih banyak lagi kegunaan dari sumber tenaga listrik.

Seiring dengan perkembangan zaman dan kemampuan taraf hidup masyarakat, yang mana dulunya listrik hanya untuk penerangan dan sedikit hiburan(sumber daya televisi), maka saat ini warga mempergunakan listrik untuk mempermudah pekerjaan harian mereka, semisal menetrika, mencuci, menanak nasi, memompa air dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Dulu untuk rumahan daya listrik hanya butuh/cukup sekitar 450 Volt Amphere(VA) saja, tapi kini dengan hadirnya alat-alat rumah tangga semisal mesin cuci, kulkas, setrika, rice cooker maka tidak lah cukup hanya dengan mengandalkan daya sebesar 450 VA saja. Jika dipaksakan pastinya listrik akan mengalami mati mendadak karena daya berlebih/over-load sedangkan sumber dayanya terbatas.

Dengan begitu dan untuk mengatasi hal itu, maka kita perlu menaikkan atau melakukan perubahan/ penambahan daya. Yang mana tersedia 900 VA ke atas. ya untuk rumahan cukup lah sekitar 900-1300VA saja. Namun yang jadi persoalan adalah untuk besaran 900VA diperuntukkan untuk warga golongan tidak mampu, jadi salah satu persyaratannya menyebutkan disertakannya foto copy dari Kartu Keluarga Sejahtera(KKS), atau Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera(KSKS) atau Kartu Indonesia Pintar(KIP) ataupun Kartu Perlindungan Sosial(KPS) yang mana keseluruhan pkepemilikan dari kartu-kartu tersebut merupakan bukti dari warga miskin/kurang/tidak mampu.

Agar lebih jelas berikut persyaratan untuk Pasang Daya 450 VA/ 900 VA baru :

  1. Surat Permohonan Pasang Baru
  2. Foto copy KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), atau KSKS (Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera), atau KIP (Kartu Indonesia Pintar) , ataupun KPS (Kartu Perlindungan Sosial) yang berlaku sejak tahun 2015
  3. Foto copy Kartu Identitas Pemohon/KTP
  4. Fotocopy bukti pembayaran listrik atau nomor meter terdekat dengan lokasi
  5. Pelanggan bersedia menggunakan listrik Prabayar/pulsa

Dan berikut Persyaratan Perubahan Daya menjadi 450 VA* atau 900 VA*:

  1. Foto copy bukti pelunasan pembayaran rekening listrik bulan terakhir (menyesuaikan waktu permohonan) atau foto copy nomor meter jika menggunakan listrik Prabayar
  2. Menyertakan Surat permohonan perubahan daya
  3. Foto copy KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), atau KSKS (Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera), atau KIP (Kartu Indonesia Pintar) , ataupun KPS (Kartu Perlindungan Sosial) yang berlaku sejak tahun 2015
  4. Foto copy KTP pemohon sesuai nama pada rekening listrik
  5. Menyertakan surat kuasa jika nama pemilik pada rekening berbeda dengan pemohon
  6. Menyertakan surat kematian atau akta kematian jika pemilik rekening listrik sudah meninggal
  7. Jika nama pemohon dan nama pemilik rekening listrik berbeda karena jual-beli, maka pemohon menyertakan foto copy akta jual-beli/ sertifikat tanah atas nama pemilik yang baru/pemohon.
  8. Pelanggan bersedia menggunakan listrik Prabayar/sistem pulsa.

Dan untuk penambahan daya 1300 VA pemohon hanya menyertakan foto copy KTP sesuai nama pada rekening listrik serta struk pembayaran listrik bulan terakhir.

Untuk warga Bantul, anda bisa berkunjung langsung ke gerai Kantor PLN yang berada di Jl Dr Wahidin Sudirohusodo 16 Trirenggo Bantul (sebelah Barat RSUD P. Senopati Bantul) nomor telp. 0274 367693. Atau anda bisa melakukan dengan cara/ sistem online, dengan telepon ke 0274 123, atau SMS; ketik INFO kirim ke 08388888123, juga bisa di twitter @pln_123, facebook PLN123, email pln123@pln.co.id

 

 

*= penurunan daya

** =peningkatan/penambahan daya

Demikian seputar perubahan daya listrik, semoga bermanfaat.

Advertisements